PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM KEGIATAN CSR UNTUK MENINGKATKAN CITRA RUMAH SAKIT FATHMA MEDIKA GRESIK
Abstract
ABSTRAK
Setiap organisasi atau instansi membutuhkan citra yang baik di benak publiknya. Kebutuhan sebuah instansi untuk menciptakan citra yang baik di mata publik inilah yang menjadi salah satu fungsi yang dijalankan public relations melalui program- programnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran public relations dalam kegiatan CSR untuk meningkatkan citra Rumah Sakit Fathma Medika Gresik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini terdiri dari public relations, dokter yang terlibat dalam kegiatan CSR dan masyarakat yang mengikuti kegiatan CSR. Objek penelitian adalah peran public relations dalam kegiatan CSR untuk meningkatkan citra Rumah Sakit Fathma Medika Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik menurut milles & Huberman dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah peran public relations dalam kegiatan CSR yaitu sebagai penasehat ahli, fasilitator komunikasi, fasilitator pemecah masalah, dan teknisi komunikasi. Kegiatan CSR dilaksanakan berdasarkan enam prinsip pelaksanaan kegiatan sehingga menghasilkan kegiatan CSR operasi katarak gratis, pengobatan gratis, seminar perawat, ambulans gratis, keringanan biaya dan senatan masal. Ke enam kegiatan tersebut mampu meningkatkan citra organisasi Rumah Sakit Fathma Medika Gresik.
Kata Kunci: Peran public relations, CSR
Downloads

