PENGEMBANGAN MODUL KURIKULUM 2013 PADA MATA DIKLAT KEARSIPAN DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO

Authors

  • MOCH. ZAMRONI ALIFI

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model modul sebelum dikembangkan dan setelah dikembangkan, mengetahui kelayakan modul, dan respons siswa terhadap modul yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru mata diklat Kearsipan dan siswa kelas X ADM 2 yang berjumlah 20 siswa  di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan yang menggunakan pendekatan 4-D atau 4-P yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Analisis data yang digunakan untuk mengukur penilaian validasi ahli dan respons siswa adalah skala likert. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 90,8% dengan kategori sangat layak, hasil validasi ahli bahasa memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat layak, dan respons siswa memperoleh persentase sebesar 82,66% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul kearsipan kurikulum 2013 kompetensi dasar alat dan bahan kearsipan yang telah dikembangkan dinyatakan sangat layak sebagai bahan ajar di SMKN 2 Buduran Sidoarjo.

 

Kata Kunci: pengembangan modul, kearsipan, pengembangan 4D

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-07-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 47 , PDF Downloads: 112