PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA FILING CABINET LIPAT PADA MATERI SISTEM PENYIMPANAN DAN PENEMUAN KEMBALI ARSIP SISWA KELAS XI AP SMK TARUNA JAYA GRESIK

  • SANGGA KARISMA BUANA

Abstract

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui pengembangan media pembelajaran alat peraga filing cabinet lipat, kelayakan media pembelajaran alat peraga filing cabinet lipat dan evaluasi siswa terhadap media pembelajaran alat peraga filing cabinet lipat pada materi sistem penyimpanan dan penemuan kembali arsip kelas XI AP SMK Taruna Jaya Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D), menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari Tahap Pendefinisian, Tahap Perencanaan, Tahap Pengembangan dan Tahap Penyebaran. Namun, penelitian dilakukan sampai tahap pengembangan dikarenakan keterbatasan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, validasi ahli materi memperoleh rata-rata nilai 78,46% dengan kategori layak, validasi ahli media mendapatkan nilai 98,75% dengan kategori sangat layak dan hasil uji coba terbatas yang dilakukan pada 20 siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Taruna Jaya Gresik telah menunjukkan rata-rata skor keseluruhan sebesar 93% pada kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran alat peraga filing cabinet lipat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

 Kata Kunci: Media pembelajaran, alat peraga filing cabinet lipat, pengembangan 4-D.

 

Abstract

This study aims to determine the development of the instructional media of filing cabinet prop in folding, the properness of the instructional media of filing cabinet prop in folding and evaluation of students to instructional media of filing cabinet prop in folding form on the subject of storing and rediscovering system of files of grade XI AP SMK Taruna Jaya Gresik. Type of this research is research and development by using 4-D development model consisting of phases of defining, designing, developing, and disseminating. But, this research was conducted until the developing phase because of the limitations of the researcher. Based on result of the research, validation of subject experts obtaining mean value of 78.46% with feasible category, validation of subject expert obtaining mean value of 98.75% with very feasible category and result of the limited trial conducted to 20 students of grade XI AP SMK Taruna Jaya Gresik has shown mean whole score of 93% on very feasible category. So it can be concluded that the instrutional media of the filing cabinet prop in the folding form is feasible to be use in the learning process.

Keywords: Instructional media, the prop of filing cabinet in the folding form, 4-D development.

Published
2017-08-02
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 80