PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA KOMPETENSI DASAR MENGOPERASIKAN PERALATAN PERKANTORAN PADA MESIN KETIK MANUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X APK 3 DI SMK PAWIYATAN SURABAYA

  • APRILIA BUDI PARAMITA

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine (1) how teachers activities for teaching and learning activities subject to the direct instruction model on the basis of competence Office Equipment Operates on Manual Typewriter. (2) How does the student activity during the follow subjects with direct instruction model on the basis of competence Office Equipment Operates on Manual Typewriter. (3) How is student learning outcomes after following subjects by direct instruction model on the basis of competence Office Equipment Operates on Manual Typewriter. The population in this study was a class X Pawiyatan SMK Surabaya, while the sample in this study was a class X APK 3 which follow subjects manage office equipment amounted to 30 students. The results of this study indicate that the application of an effective model of direct instruction to improve student learning outcomes of class X APK SMK Pawiyatan 3. For the implementation of direct instruction model at each cycle in which the well has increased the ability of teachers to manage both direct instruction and students have been very good also in the learning process.

 

Keywords: models of direct instruction, learning outcomes

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru selama kegiatan belajar mengajar mata pelajaran dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar Mengoperasikan Peralatan Perkantoran pada Mesin Ketik Manual, bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti mata pelajaran dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar Mengoperasikan Peralatan Perkantoran pada Mesin Ketik Manual, bagaimana hasil belajar siswa setelah mengikuti mata pelajaran dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar Mengoperasikan Peralatan Perkantoran pada Mesin Ketik Manual. Sasaran dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Pawiyatan Surabaya. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian tindakan yang terdiri dari empat langkah meliputi perencanaan, tindakan, refleksi, dan revisi yang dilaksanakan dalam dua putaran. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes, dokumentar, dan pengamatan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK 3 SMK Pawiyatan. Dimana untuk penerapan model pembelajaran langsung pada tiap siklus mengalami peningkatan yang sangat baik dimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran langsung sangat baik dan siswa sudah sangat baik pula dalam proses pembelajaran.

 

Kata Kunci : Model pembelajaran langsung, hasil belajar

Published
2013-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 181