STUDI TENTANG EFEKTIVITAS SISTEM PELAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KOTA MOJOKERTO

  • YENTA CHOLILAH

Abstract

ABSTRACT

 

In generally is known that the circulation service is a library services that have a major influence on the image of the library, because the library circulation service is a type of service that is directly related to service users.

The purpose of this study is to determine how much the effectiveness system library circulation services at the office of the city library Mojokerto. This research is a qualitative descriptive study. The data used in this study are primary and secondary data. Primary data obtained from questionnaires, and interviews. Secondary data obtained from observational data and documentation in Mojokerto city library.

From the results of the questionnaire to library visitors who serve as research respondents, shows that the average respondent gave a good answer from any statements provided in the questionnaire. And also with direct interviews conducted by researchers at the circulation service officer. Officers provide information about the activities of the library circulation services, from interviews conclude library circulation service activities went smoothly although still apply manual system at the circulation service activities.

Results of research conducted by researcher observation, documentation, questionnaires, and interviews indicate that the effectiveness of library circulation service system in Mojokerto town library office running smoothly.

 

Keywords: library, the effectiveness of the service system, and library circulation

 

ABSTRAK

 

Secara umum diketahui bahwa pelayaan sirkulasi adalah salah satu bentuk pelayanan perpustakaan yang mempunyai pengaruh besar terhadap baik buruknya citra perpustakaan, karena pelayanan sirkulasi perpustakaan merupakan jenis pelayanan yang berhubungan langsung dengan pengguna jasa pelayanan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas sistem pelayanan sirkulasi perpustakaan di kantor perpustakaan kota Mojokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil angket, dan wawancara. Data sekunder diperoleh dari data observasi dan dokumentasi di perpustakaan kota Mojokerto.  

Dari hasil penyebaran angket kepada pengunjung perpustakaan yang dijadikan sebagai responden peneliti, terlihat bahwa rata-rata responden memberikan jawaban yang baik dari setiap pernyataan yang disediakan dalam angket. Begitu juga dengan wawancara langsung yang dilakukan peneliti kepada petugas bagian pelayanan sirkulasi. Petugas memberikan informasi tentang berlangsungnya kegiatan pelayanan sirkulasi perpustakaan, dari hasil wawancara peneliti menyimpulkan kegiatan pelayanan sirkulasi perpustakaan berjalan lancar meskipun masih menerapkan sistem manual pada kegiatan pelayanan sirkulasinya.

Hasil penelitian yang dilakukan melalui pengamatan peneliti, dokumentasi, penyebaran angket, dan wawancara langsung menunjukkan bahwa sistem pelayanan sirkulasi perpustakaan kota Mojokerto berjalan efektif. 

 

Kata kunci : perpustakaan, efektivitas sistem pelayanan, dan sirkulasi perpustakaan


Published
2013-08-14
Section
Articles
Abstract Views: 143
PDF Downloads: 608