PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SUKOMORO KABUPATEN NGANJUK

  • AYU FITRIANI

Abstract

Abstract 

Service quality on patient satisfaction is a complete process, so it will be related to the overall management of health centers. Health centers are required to be a business organization that focuses on the consumer that has the ability to be a going concern. One way is to create patient satisfaction through improved quality of service. The purpose of this study was to determine the effect of service quality on patient satisfaction in health centers Nganjuk Sukomoro. Data collected by using questionnaires, documents and interviews. The sample used in this study is 114 respondents. The sampling method by incidental sampling. Data analysis method used is quantitative analysis using validity and reliability test, normality test, hesterokedastisitas and simple regression analysis. By using simple regression methods are the effect of service quality on patient satisfaction in the health center Sukomoro as much as 0,417 and in influencing patient satisfaction Sukomoro Health Center can be seen from the analysis that there is still a influenced by other variables. So there is a significant relationship between service quality on patient satisfaction in Sukomoro health center, with a coefficient of 0,417.

 

Key words: Service quality,  Patient satisfaction

 

 

Abstrak

Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien merupakan suatu proses yang komplit, sehingga akan menyangkut manajemen Puskesmas secara keseluruhan. Puskesmas dituntut untuk menjadi organisasi bisnis yang berfokus pada konsumen sehingga memiliki kemampuan untuk dapat mempertahankan kelangsungan usahanya. Salah satu cara adalah dengan menciptakan kepuasan pasien melalui peningkatan kualitas jasa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, dokumen dan wawancara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 114 responden. Adapun metode pengambilan sampel dengan cara sampling insidental. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji hesterokedastisitas dan analisis regresi sederhana. Dengan menggunakan metode regresi sederhana terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Sukomoro sebanyak 0,417 dan dalam mempengaruhi kepuasan pasien Puskesmas Sukomoro dapat dilihat dari hasil analisis masih ada yang dipengaruhi oleh variabel lain. Sehingga terdapat pengaruh yang  signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Sukomoro, dengan nilai koefisien sebesar 0,417.

 

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Published
2013-08-21
Section
Articles
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 831