SISTEM PENGELOLAAN ARSIP DI UPT BPPH-BPPT SURABAYA TAHUN 2013

  • RETNO TRIWILUJENG

Abstract

ABSTRACT
Office is the central of organization, central management, central thought, communication center, and information center. Every work and activities in office need the data and information. One source of data is the archives. Archive management basically consists of the creation archive, archive storage, maintenance of the archive, shinkage archive and destruction archives. This research purpose to find out the particular archives management system, the archives of active and inactive archives in UPT BPPH-BPPT Surabaya 2013. Type of this research is descriptive qualitative. Subject of this research is the field of employee archives of five employee in UPT BPPH-BPPT Surabaya. object of study is the implementation of the archives management system in UPT BPPH-BPPT Surabaya. Technique intake of data using interview, observation, and documentation. Data analysis techniques using technique of domain with triangulation source. The results of this study are UPT BPPH-BPPT Surabaya in managing the archive consists of the creation of the archive include the creation of archive. Archival storage system used the subject system. Maintenance records using ordner, archive shelving and filing cabinets. Depreciation and destruction of records has not been done by UPT BPPH-BPPT Surabaya.
Keyword: Archive Management System


Kantor merupakan pusat organisasi, pusat manajemen, pusat pemikiran, pusat komunikasi, dan pusat informasi. Setiap pekerjaan dan kegiatan di perkantoran memerlukan data dan informasi. Salah satu sumber data adalah arsip. Pada dasarnya pengelolaan arsip terdiri dari penciptaan arsip, penyimpanan arsip, pemeliharaan arsip, penyusutan arsip dan pemusnahan arsip. Penelitian ini bertujuan mengetahui sistem pengelolaan arsip khususnya pada arsip dinamis, yaitu arsip dinamis aktif dan arsip dinamis inaktif di UPT BPPH-BPPT Surabaya tahun 2013. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah pegawai bidang arsip yang berjumlah lima orang pegawai di kantor UPT BPPH-BPPT Surabaya. Objek penelitian adalah pelaksanaan sistem pengelolaan arsip di UPT BPPH-BPPT Surabaya.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik domain dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah UPT BPPH-BPPT Surabaya dalam melakukan pengelolaan arsip terdiri dari penciptaan arsip meliputi penciptaan arsip. Sistem penyimpanan arsip yang digunakan adalah sistem subjek. Pemeliharaan arsip dengan menggunakan ordner, rak arsip dan lemari arsip. Penyusutan dan pemusnahan arsip belum pernah dilakukan oleh UPT BPPH-BPPT Surabaya.
Kata Kunci: Sistem Pengelolaan Arsip

Published
2014-08-24
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 501