PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK TARUNA JAYA GRESIK

  • NURUL KHOLIFATUS SYADIYAH

Abstract

ABSTRACT
The purpose of this research are to verify and to analyze: the influence industrial pratical work experience for job rediness of student office admininistration skills program in SMK Taruna Jaya Gresik. This research is descriptive quantitavie research. The populations of this research were all students of XI class which are 50 students. The samples taken were 50 students. The data collection techniques were observation, ducumentation and quetionnaire. The data analiysis techniques used to correlation and sample regresstion analysis. The result of this research indicate that the hypothesis test produsces a significant level of 5%. The value of t count industrial pratical work (X) is equal to 8,640 with significancy level aquale to 0,000. Thus t hitung greater than value of t table and significant value lower than degree of error value = 0,05 (0,000<0,05). The result show that the industrial pratical work (X) give significant effect for job rediness of student (Y) office admininistration skills program in SMK Taruna Jaya Gresik.
Keyword: Industrial Practicel Work, Job Readiness

 


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisi: pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja peserta didik program keahlian administrasi perkantoran di SMK Taruna Jaya Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 50 peserta didik. Sampel yang diambil seluruh peserta didik yang berjumlah 50. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresilinier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis menghasilkan taraf signifikan sebesar 5%. Nilai t hitung pengalaman Prakerin (X) adalah sebesar 8,640 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh ternyata lebih kecil dari nilai derajat kesalahan yaitu sebesar 0,05 (0,000<0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa pengalaman Prakerin (X) memberikan pengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja peserta didik (Y) program keahlian administrasi perkantoran di SMK Taruna Jaya Gresik.
Kata Kunci: Pengalaman Praktik Kerja Industri, Kesiapan Kerja Peserta Didik

Published
2014-08-24
Section
Articles
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 721