PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADAKOMPETENSI DASAR MEMPERSIAPKAN PERTEMUAN/RAPATKELAS XII APK 2 SMKN 1 SURABAYA

  • ANGGUN HADI RAKHMAWATI

Abstract

ABSTRACT
A good teaching material is the one who can push and affect the curiousity of student in knowing the learning material. That is why the module has to be arranged creatively,
innovativelly, based on the standard competence comprehensive and can affect the student’s mindset about the learning material. The subject of this research are twenty students in XII APK 2 class. The approach which is used in the research is Four D Models approach. They are define, design, develop, and dissemination. The valuation of development is done be expert validators based on four components, they are the module’s material, the presentation, the language, and grapich. The properness valuation level of module’s material is 80%. The percentage of the presentation’s properness is 84%, the persentage of the language’s properness is 74%, and the percentage of grapich’s properness is 85%. The total of valuation based on those four components is with the propercriteria. The experiment to the students also gives a good
valuation with the percentage of 81,93%. Ths research until develop so that for further research advised to dissemination.
Keyword: Module, Standard Competence Prepares The Meeting


ABSTRAK
Bahan ajar yang baik adalah bahan ajar yang mampu mendorong dan mempengaruhi keingintahuan siswa terhadap materi pembelajaran. Oleh karena itu, modul harus disusun secara kreatif, inovatif, sesuai dengan kompetensi dasar, penggunaan bahasa mudah dimengerti oleh pemahaman siswa serta dapat memengaruhi pola pikir siswa terhadap materi pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas XII APK 2 SMKN 1 Surabaya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan 4-D yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil validasi menunjukkan penilaian yang baik pada kelayakan modul yang dikembangkan. Tingkat kelayakan penilaian materi modul sebesar 80%. Kelayakan penyajian mendapatkan persentase 84%, kelayakan kebahasaan mendapatkan
persentase sebesar 74% dan kelayakan kegrafikan mencapai persentase sebesar 85%. Total penilaian pada 4 komponen penyusunan untuk modul keseluruhan mencapai skor sebesar 80,75% dengan kriteria penilaian layak. Uji coba pada siswa juga memberikan kesimpulan penilaian yang layak dengan persentase total sebesar 81,93%. Penelitian ini hingga pada tahap pengembangan sehingga untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian hingga tahap penyebaran.
Kata kunci: Modul, Kompetensi Dasar Mempersiapkan Pertemuan

Published
2014-08-24
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 1570