PENERAPAN E-LEARNING MELALUI EDMODOUNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SIMULASI DIGITAL SISWA KELAS X APK 1 SMKN 1 MAGETAN

  • DEFI SITA AYU

Abstract

ABSTRACT
SMKN 1 Magetan is a school that has implemented an e-learning through Edmodo on the subjects of digital simulation, especially in class X APK 1. Edmodo is used in the learning activities so that students can learn independently without relying on the teacher and other students. This research aims to determine the application of e-learning through Edmodo to enhance the independence of learning digital simulation for class X APK 1 SMK 1 Magetan. This research is a descriptive research that using a qualitative approach. The instruments used in the research were interviews, study documentation, observation sheets, and questionnaires. The results showed that the implementation of e-learning through Edmodo on digital simulation subjects in class X APK 1 SMK 1 Magetan less effective because many broken computers, networks Wireless Fidelity (WIFI) discontinuous, the ability of teachers is still low, and not all students have laptops. Teachers have to first analyze what are the things to consider in the application of the accuracy Edmodo media with the purpose of teaching, the content of teaching materials, access to the media, the ability of teachers, availability of time and the level of student thinking. Iimplementation of e-learning through Edmodo has been supported by several things, among others, the readiness of the teacher, the school provided computers, networks Wireless Fidelity (WIFI) in the SMK 1 Magetan and provide power Information Technology. While the implementation of e-learning through Edmodo in class X of F 1 SMK 1 Magetan there are obstacles that not all students have to have a computer, laptop, iphone and android are connected to the Internet, teacher training is still lacking, there is no training for the parents or guardians of students, network Wireless Fidelity (WIFI) is not maximized, the computer in 6 space is still a lot of damage, and the absence of an evaluation conducted by the principal.
Keywords: E-Learning, Edmodo, Learning of Independence


ABSTRAK
SMKN 1 Magetan adalah sekolah yang telah menerapkan e-learning melalui edmodo pada mata pelajaran simulasi digital khususnya di kelas X APK 1. Edmodo digunakan dalam kegiatan pembelajaran supaya siswa bisa belajar secara mandiri tanpa bergantung pada guru dan siswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan e-learning melalui edmodo untuk meningkatkan kemandirian belajar simulasi digital siswa kelas X APK 1 SMKN 1 Magetan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu daftar wawancara, studi dokumentasi, lembar observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-learning melalui edmodo pada mata pelajaran simulasi digital di kelas X APK 1 SMKN 1 Magetan kurang efektif karena komputer banyak yang rusak, jaringan Wireless Fidelity (WIFI) yang terputus-putus, kemampuan guru yang masih rendah, dan tidak semua siswa memiliki laptop. Guru telah menganalisis terlebih dahulu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam penerapan edmodo yaitu ketepatan media dengan tujuan pengajaran, isi bahan pelajaran, kemudahan memperoleh media, kemampuan guru, ketersediaan waktu dan taraf berfikir siswa. Pelaksanaan e-learning melalui edmodo telah didukung oleh beberapa hal antara lain kesiapan guru, pihak sekolah menyediakan fasilitas komputer, jaringan Wireless Fidelity (WIFI) di lingkungan SMKN 1. Penerapan E-Learning Melalui Edmodo Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Simulasi Digital Siswa Kelas X APK 1 SMKN 1 Magetan 2 Magetan dan menyediakan tenaga Information Technology. Sedangkan pelaksanaan penerapan e-learning melalui edmodo di kelas X PK 1 SMKN 1 Magetan terdapat hambatan yaitu tidak semua siswa mempunyai memiliki komputer, laptop, iphone dan android yang terhubung dengan internet, pelatihan guru masih kurang, tidak ada pelatihan untuk orang tua atau wali siswa, jaringan Wireless Fidelity (WIFI) belum maksimal, komputer di 6 ruang masih banyak yang rusak, dan tidak adanya evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah.
Kata kunci: E-Learning, Edmodo, Kemandirian Belajar

Published
2014-08-24
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 390