Strategi Manajemen Humas dalam Penerimaan Siswa Baru di SMK (SMEA) PGRI Ploso Jombang Tahun Ajaran 2014/2015

  • PUJI HARIATI

Abstract

ABSTRACT
Tough competition between public and private educational institutions increasingly felt. Various methods are used by the school to attract an attention of the society. One of with maximize the role of public relations in promoting school to attract potential new students. Through a variety of a right public relations management strategies, the school will be known and in public will be interested. This research aims to describe the strategy of public relations at SMK (SMEA) PGRI Ploso Jombang in new admissions academic year 2014/2015. This type of research is descriptive research with a qualitative research approach. In this research, the researcher as research instrument and acts as executor, planner, data collector, analyze, summarize and report the results of research. Data have been obtained will be analyzed qualitatively and described in descriptive form. To obtain validity of the research data is triangulated by source. From the results of evaluation of public relations management strategy at last year, SMK (SMEA) PGRI Ploso reducing strategies are considered less effective for this year. The new strategy adopted is the manufacture and use of uniform footwear to all students and use of new building 3 floors for students laboratory practices. From the various strategy, be expected new admissions may increase over the last year.
Keywords: Strategy Management of Public Relations, New Admissions

ABSTRAK
Persaingan yang ketat antara lembaga pendidikan negeri dan swasta saat ini semakin terasa. Berbagai cara dilakukan oleh sekolah untuk dapat menarik perhatian masyarakat. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan peran humas dalam mempromosikan sekolah untuk menarik minat calon siswa baru. Melalui berbagai macam strategi dan pengelolaan humas yang tepat, maka sekolah akan dikenal dan diminati. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi manajemen humas dalam sekolah yang dilaksanakan oleh SMK (SMEA) PGRI Ploso Jombang dalam penerimaan siswa baru tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti sebagai instrumen penelitian berperan sebagai pelaksana, perencana, pengumpul data, menganalisis, menyimpulkan dan melaporkan hasil penelitian. Data yang telah diperoleh akan dianalisis secara kualitatif serta diuraikan dalam bentuk deskriptif. Untuk melengkapi keabsahan data penelitian ini dilakukan triangulasi dengan sumber. Dari hasil evaluasi strategi manajemen humas pada tahun sebelumnya, SMK (SMEA) PGRI Ploso mengurangi strategi yang dianggap kurang efektif, dan memaksimalkan strategi yang dianggap efektif untuk tahun ini. Strategi baru yang diterapkan adalah pembuatan dan penggunaan sepatu seragam untuk seluruh siswa dan pemanfaatan gedung baru 3 lantai untuk laboratorium praktek siswa. Dari berbagai strategi yang dijalankan diharapkan penerimaan siswa baru dapat meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.
Kata Kunci: Strategi Manajemen Humas, Penerimaan Siswa Baru

Published
2014-08-24
Section
Articles
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 250