MEMBANGUN CITRA SMK MELALUI PERAN DAN STRATEGI HUMAS (STUDI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO)

  • EMHA SURYA HISTINING

Abstract

ABSTRACT
Public perception that still looked better than the high school because they thought that SMK not continue college only to prospective worker therefore only need to build a positive image SMK in order to get the trust of the community. Large is to build the image and role of public relations as a public relations strategy is an important part of educational institutions to build public trust. This study aims to determine the role and strategies of public relations in building the image of SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto.
Type of study is a descriptive study with a qualitative approach. In this study, using the techniques of data collection interviews, documentation and observation. The data obtained were analyzed using the Miles & Hubermen analysis techniques to complement the validity of this research, triangulation of data by source. Based on the results of the research show that the role of public relations in building the image of SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto is the role of public relations as a communicator, relationship, and form the image while the public relations strategy in building the image of SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto with providing infrastructure as media learning, relationships and capabilities increase academic and non-academic after it was published by a media communications strategy using direct form of socialization to the junior high school, while not directly with brochures and newspapers and using a strategic approach to community social service and community service.
Keywords: The Role of Public Relations, Public relations Strategy and Image
ABSTRAK
Anggapan masyarakat yang masih memandang SMA lebih baik dari pada SMK karena beranggapan bahwa SMK tidak dapat meneruskan perguruan tinggi hanya untuk calon seorang pekerja saja oleh karena itu SMK perlu membangun citra positif agar mendapat kepercayaan dari masyarakat. Untuk membangun citra diperluakan peran dan strategi humas karena humas merupakan bagian terpenting dari lembaga pendidikan untuk membangun kepercayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan strategi humas dalam membangun citra SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisi Miles & Hubermen untuk melengkapi keabsahan data penelitian ini dilakukan triangulasi dengan sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa peran humas dalam membangun citra SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto yaitu peran humas sebagai communicator, relationship, dan membentuk citra sedangkan strategi humas dalam membangun citra SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto dengan menyediakan sarana prasarana sebagai media pembelajaran, menjalin hubungan dan meningakatkan kemampuan akademis maupun non akademis setelah itu dipublikasikan dengan strategi komunikasi dengan menggunakan media langsung berupa sosialisasi ke SMP sedangkan tidak langsung dengan brosur dan koran dan menggunakan strategi pendekatan masyarakat dengan bakti sosial dan pengapdian masyarakat
Kata Kunci : Peran Humas, Strategi Humas dan Citra

Published
2014-08-24
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 215