PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN KOMUNIKASI KELAS X APK1 DI SMK NEGERI 2 NGANJUK

  • APRILIYA AYU ANINGRUM

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan adalah salah satu aspek yang berperan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Melalui pendidikan diharapkan akan terbentuknya generasi penerus bangsa yang cerdas, berkualitas dan mampu membangun negeri ke arah yang lebih baik. Salah satu bidang yang sangat berpengaruh adalah bidang pendidikan, karena pendidikan sangat berperan dalam maju mundurnya kehidupan suatu bangsa. Untuk itu pendidikan perlu mendapat perhatian yang lebih serius dan seksama. Penelitian di SMK Negeri 2 Nganjuk dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick karena SMK Negeri 2 Nganjuk merupakan sekolah SMK yang menggunakan kurikulum baru yaitu Kurikulum 2013. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, mengetahui hasil belajar siswa dan respon siswa dalam pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Pelaksanaan penelitian ini adalah termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai pengajar di kelas dalam Kompetensi Dasar Komunikasi yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka pembelajaran di kelas yang secara langsung diadakan penelitian terhadap kemampuan siswa dalam memahami kompetensi dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Pada kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan, maka dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dalam belajar mengajar mulai siklus I, siklus II, dan siklus III selalu mengalami peningkatan. Dimana pada siklus I hasil rata-rata pre test 59,45 post test 61,94, siklus II nilai rata-rata pre test 69,73 post test 76,11 sedangkan pada siklus III nilai rata-rata pre test 78,61 dan post test 91,11.
Kata Kunci : Komunikasi, Hasil Belajar, Talking Stick


ABSTRACT
Education is one of important aspect in developing country. Through the education, we the smart generation, qualified and beable to developing the nation to be better. One of the influence aspect is education aspect. Because of that reason, education need more serius attention. Research in SMK Negeri 2 Nganjuk using Talking Stick Model because SMK Negeri 2 Nganjuk is Vocational School that using new curriculum, Curriculum 2013. The aim of this research to know the teachers activity, Students activity, to know the result of teaching and learning and to know the students responses in teaching and learning using Talking Stick Model. This research is Classroom Action Reserch. In this research, the researcher as a teacher in this class that research the basic competence in communication. In the teaching learning activity that have been done, we can see the resuit of teaching learning activity start from cycle I, cycle II, and cycle III always increase. The average result in cycle I is pre test is 59,45 and post test 61,94 the average value of cycle II is pretest 69,73 and post test 76,11 and in cycle III the average value is pre test 78,61 and post test 91,11.
Keywords: Communication, Improve Students Score, Talking Stick

Published
2014-08-24
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 50