PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DENGAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOLA ARSIP SISWA KELAS X APK 1 SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO

  • IKA NOVITASARI

Abstract

ABSTRACT
Education is needed in the life of society, nation and state to improve the quality of human resources are superior. To realize the goal of national education, it is necessary to organized education. In order for the learning process takes place with effective and conducive, then the learning process must be planned, one of them by using learning model (direct instruction) with simulation. This study aims to improve the skills of student in managing records. Researchers used classroom action research design (CAR). CAR is a scrutiny of the learning activities in the form of an action, which is deliberately raised and occur in a class together. CAR consists of four stages, namely, planning, action, observation, and reflection. Based on the results of the study, the percentage of teachers' observations to the management of learning activity by 2.95 or in the good category. Percentage of observations of students in participating in learning activities is 2.84 or better category. While the skills of student in managing records after the implementation of learning model (direct instruction) with simulation has increased. In the first cycle values obtained at 72.03, 85.18 for the second cycle and the third cycle increased to 92.47. Students' response to the implementation of the learning activities using learning model (direct instruction) to simulate as much as 50.89% agree. However, not all courses can use learning model (direct instruction) with simulation should be adapted to the material presented.
Keywords: Classroom Action Research, Direct Learning Model, Simulation, Skills Managing Archives


ABSTRAK
Pendidikan sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut, maka perlu diselenggarakan pendidikan. Agar proses pembelajaran berlangsung dengan efektif dan kondusif, maka proses pembelajaran harus direncanakan, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan simulasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengelola arsip siswa. Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). PTK merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama-sama. PTK ini terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Presentase hasil pengamatan aktivitas guru terhadap pengelolaan pembelajaran sebesar 2,95 atau dalam kategori baik. Presentase hasil pengamatan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran sebesar 2,84 atau dalam kategori baik. Sedangkan keterampilan mengelola arsip siswa setelah diterapkannya model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan simulasi mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai yang diperoleh sebesar 72,03, pada siklus II sebesar 85,18 dan pada siklus III meningkat menjadi 92,47. Respons siswa menunjukkan bahwa sebanyak 50,89% menyatakan setuju. Namun tidak semua materi pelajaran dapat menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan simulasi hendaknya disesuaikan dengan materi yang disampaikan.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran Langsung, Simulasi, Keterampilan Mengelola Arsip

Published
2014-08-24
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 66