ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PADA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN  KELAS XI SMK NEGERI 4 SURABAYA

  • FIRMANSYAH ADITYA

Abstract

ABSTRAK

Praktek kerja industri (Prakerin) merupakan salah satu bagian dari kegiatan yang diadakan di SMK Negeri 4 Surabaya dan praktek kerja industri memang wajib dilakukan oleh SMK Negeri maupun SMK Swasta. Praktek kerja industri sangat baik untuk mendukung atau menyalurkan bakat yang dimiliki siswa dan sebagai tempat belajar sebelum mereka terjun langsung ke dunia usaha atau dunia industri setelah lulus dari SMK. Praktek kerja industri (Prakerin) diikuti oleh semua program keahlian yang berada di SMK Negeri 4 Surabaya yang terdiri dari program keahlian administrasi perkantoran, akuntansi, pemasaran, pariwisata dan multimedia. Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan yang diikuti oleh siswa kelas XI pada akhir semester genap. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di dunia usaha dan industri yang sudah menjalin kerjasama dengan sekolah yang bersangkutan. Masalah pelaksanaan praktek kerja industri dalam bidang penempatan praktek kerja yang kurang sesuai dengan keahlian program studi siswa saat di DU/DI masih perlu dianalisis dan ditemukan solusinya. 

Penelitian ini berupaya mengembangkan konsep dan fakta secara mendalam untuk menjawab bagaimanakah pelaksanaan praktek kerja industri yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi untuk mencari informasi secara faktual dan mendetail. 

Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa siswa mayoritas senang melaksanakan prakerin karena pengalaman baru yang tidak mereka dapat saat dibangku sekolah serta pengurangan jam belajar mereka disekolah. Kemudian saat pelaksanaan prakerin siswa juga sedikit mengalami kondisi yang tidak diharapkan pada saat melaksanakan prakerin. Hal ini terjadi karena siswa masih baru mengenal dunia kerja dan baru mengetahui bagaimana cara beradaptasinya. Penempatan siswa yang kurang sesuai dengan keahlianya disebabkan karena siswa kurang bisa memilih tempat prakerin dan juga disebabkan oleh institusi pasangan yang menempatkan siswa hanya berdasarkan kuota pekerjaan yang membutuhkan personel bantuan.

 

ABSTRACT

Industry work practices (Prakerin) is one part of the activities held at SMK Negeri 4 Surabaya and industry practices is required to be done by the state or private vocational school. Industry practice is very good practice to support the industry or talents of the students and as a place to learn before they plunge into the world of business or industry after graduating from vocational school. Industry work practices (Prakerin) followed by all skills program that was in SMK Negeri 4 Surabaya which consists of 4 courses office administration skills, accounting, marketing, tourism and multimedia. The event was held for approximately 2 months, followed by the students of class XI at the end of the semester. Implementation of these activities are done in the world of business and industry have formed a partnership with the school. Implementation issues in the field of industrial practice placement less work practices in accordance with current students skills courses in business / industry still need to be analyzed and a solution found. 

This research seeks to develop concepts and facts in depth to answer how the implementation of industry practices undertaken by the state  vocational school 4 of surabaya. This research is a qualitative descriptive study. This study uses interviews and documentation to look for in a factual and detailed information. 

The results of this study states that the majority of students perform prakerin happy because a new experience that they can not bench as well as the reduction of school hours learning them at school. Then when the implementation prakerin students also have fewer undesirable conditions when implementing prakerin. This happens because students are still new to the world of work and learned how to beradaptasinya. Placement students are not in accordance with keahlianya because students are less able to choose where prakerin and also due to the partner institution that puts students based solely on job quotas requiring personnel assistance.

Keyword:  Prakerin

Published
2014-09-10
Section
Articles
Abstract Views: 304
PDF Downloads: 293