PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI BROTHER DAN SISTER HOUSE SURABAYA

  • Murdi Lasriyanti Nggi Universitas Negeri Surabaya
  • Saino Saino Universitas Negeri Surabaya
Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan, loyalitas pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel mediasi di Brother dan Sister House Surabaya. Jenis penelitian adalah kuantitatif dan menggunakan sampel jenuh dengan jumlah responden sebanyak 114 yang tinggal di Brother dan Sister House. Pengumpulan data digunakan angket online dengan pengukuran skala likert. Teknik analisis menggunakan Path analys dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa Brother dan Sister House. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna jasa Brother dan Sister House. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifian kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa Brother dan Sister House. (4) Hasil uji sobel test menunjukkan bahwa kepuasan dapat memediasi kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pengguna jas Brother dan Sister House.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan.

References

Basit, A., & Handayani, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Allium Tangerang Hotel.LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi.6(2).

H, Molden, E., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2014).Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan, Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan yang Menginap di Jambuluwuk Batu Resort Kota Batu ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 15(2).

Jacobis, R. (2013). Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jamkesmas Di BLU RSUP Prof.Dr. R.D. Kandou Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. 1(4),619-629.

Kadek Ngurah Astana, Made Nuridja, & Luh Indrayani. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Hotel Dan Kepuasan Tamu Terhadap Loyalitas Tamu Pada Hotel Legong Keraton Di Kabupaten Badung Tahun 2013. Manajemen Pemasaran. 4(1).

Kotler, K. (2011). Manajemen Pemasaran(13th ed.). Erlangga.

Kotler Philip, & Keller K. (2016). Marketing Management -15th Global Edition. In England: Pearson Educationn Limited.

Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado. Jurnal Emba. 4(1).

Normasari, S. (2013). Pengaruh KualitasPelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Tamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya. 6(2).

Pratiwi, K. A., Suartina, I. W., Kusyana, D. N. B., & Dewi, I. A. M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pada Ratu Hotel (Ex. Queen Hotel) Denpasar Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Intervening. Bisma: Jurnal Manajemen. 6(1).

Silitonga, F. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Bintang Dua di Kota Batam. Cafetaria. 1(2), 64–73.

Susepti, A., & dkk. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Tamu Hotel.Jurnal Administrasi Bisnis. 50(5).

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa.Yogyakarta: Andioffset.

Uttami, N. (2014). Peran Citra Hotel dan Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Hotel Melati Dikawasan Wisata Kuta.E-Jurnal Ekonomi Dan Binis. 3(1).

Winata, A.,& Fiqri, I. A. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan HotelEmersia Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Magister. 3(2).

Yulistria, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Hotel Santika Sukabumi. Akrab Juara. 5(2), 45–59.

Zainal, V. R. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik.
Published
2021-05-23
How to Cite
Nggi, M., & Saino, S. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI BROTHER DAN SISTER HOUSE SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1314-1320. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1314-1320
Section
Article
Abstract Views: 143
PDF Downloads: 128