PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI BROTHER DAN SISTER HOUSE SURABAYA

Penulis

  • Murdi Lasriyanti Nggi Universitas Negeri Surabaya
  • Saino Saino Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1314-1320

Kata Kunci:

kualitas pelayanan, kepuasan, loyalitas pelanggan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel mediasi di Brother dan Sister House Surabaya. Jenis penelitian adalah kuantitatif dan menggunakan sampel jenuh dengan jumlah responden sebanyak 114 yang tinggal di Brother dan Sister House. Pengumpulan data digunakan angket online dengan pengukuran skala likert. Teknik analisis menggunakan Path analys dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa Brother dan Sister House. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna jasa Brother dan Sister House. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifian kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa Brother dan Sister House. (4) Hasil uji sobel test menunjukkan bahwa kepuasan dapat memediasi kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pengguna jas Brother dan Sister House.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-05-23

Cara Mengutip

Nggi, M. L., & Saino, S. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI BROTHER DAN SISTER HOUSE SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1314–1320. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1314-1320

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 197 , PDF Downloads: 159