PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU PERENCANAAN BISNIS PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN UNTUK KELAS X BDP SMKN 2 KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1223-1229Keywords:
bahan ajar, buku saku, lingkungan pemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar buku saku perencanaan bisnis, kelayakan buku saku dan respons siswa terhadap buku saku perencanaan bisnis pada kompetensi dasar menganalisis lingkungan pemasaran kelas X BDP SMKN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan prosedur model pengembangan 4D terdiri dari define, design, develop, dan disseminate dengan diadaptasi menjadi 3D yaitu hanya sampai tahap develop. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar telaah dan lembar validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli kegrafikan, serta lembar respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media diperoleh nilai dari validasi ahli materi sebesar 77% (layak), nilai validasi ahli kegrafikan sebesar 78% (layak), dan nilai validasi ahli bahasa sebesar 70% (layak), kemudian nilai respons siswa uji kelompok kecil sebesar 88% (sangat layak) dan uji lapangan memperoleh persentase 89% (sangat layak). Dengan demikian bahan ajar buku saku perencanaan bisnis pada kompetensi dasar menganalisis lingkungan pemasaran kelas X BDP SMKN 2 Kediri layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Buku Saku, Lingkungan Pemasaran
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

