PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU PERENCANAAN BISNIS PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN UNTUK KELAS X BDP SMKN 2 KEDIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar buku saku perencanaan bisnis, kelayakan buku saku dan respons siswa terhadap buku saku perencanaan bisnis pada kompetensi dasar menganalisis lingkungan pemasaran kelas X BDP SMKN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan prosedur model pengembangan 4D terdiri dari define, design, develop, dan disseminate dengan diadaptasi menjadi 3D yaitu hanya sampai tahap develop. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar telaah dan lembar validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli kegrafikan, serta lembar respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media diperoleh nilai dari validasi ahli materi sebesar 77% (layak), nilai validasi ahli kegrafikan sebesar 78% (layak), dan nilai validasi ahli bahasa sebesar 70% (layak), kemudian nilai respons siswa uji kelompok kecil sebesar 88% (sangat layak) dan uji lapangan memperoleh persentase 89% (sangat layak). Dengan demikian bahan ajar buku saku perencanaan bisnis pada kompetensi dasar menganalisis lingkungan pemasaran kelas X BDP SMKN 2 Kediri layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Buku Saku, Lingkungan Pemasaran
References
Ami, M. (2012). “Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMA/MA Kelas XI.” BioEdu1(2): 10–13. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/439.
Gofur, Abdul. (2012). Desain Pembelajaran: Konsep, Model, Dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Husain, Muhammad. (2015). “Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Definisi Dan Ruang Lingkup Sarana Dan Prasarana Kantor.” Jurnal Administrasi Perkantoran3(3): 1–16. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/12524.
Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Potensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustari, Mukarramah, and Yunita Sari. (2017). “Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiruNi06(1): 113–23. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/1583.
Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Putri, Vela Chinkita, and Agung Listiyadi. (2014). “Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Di Smk Ketintang Surabaya.” Jurnal Pendidikan Akuntansi2(2): 1–9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9213.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Salyani, Resi, Azhar Amsal, and Riza Zulyani. (2018). “Pengembangan Buku Saku Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) Di MAN Model Banda Aceh.” Jurnal IPA & Pembelajaran IPA2(1): 7–14. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/10736.
Setyono, Y., S. Karmin, and D. Wahyuningsih. (2013). “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisikakelas Viii Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa.” Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret1(1): 120143.
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 453