PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU PERENCANAAN BISNIS PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN UNTUK KELAS X BDP SMKN 2 KEDIRI

  • Ummi Zahrotissa’adah Universitas Negeri Surabaya
  • Raya Sulistyowati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: bahan ajar, buku saku, lingkungan pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar buku saku perencanaan bisnis, kelayakan buku saku dan respons siswa terhadap buku saku perencanaan bisnis pada kompetensi dasar menganalisis lingkungan pemasaran kelas X BDP SMKN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan prosedur model pengembangan 4D terdiri dari define, design, develop, dan disseminate dengan diadaptasi menjadi 3D yaitu hanya sampai tahap develop. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar telaah dan lembar validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli kegrafikan, serta lembar respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media diperoleh nilai dari validasi ahli materi sebesar 77% (layak), nilai validasi ahli kegrafikan sebesar 78% (layak), dan nilai validasi ahli bahasa sebesar 70% (layak), kemudian nilai respons siswa uji kelompok kecil sebesar 88% (sangat layak) dan uji lapangan memperoleh persentase 89% (sangat layak). Dengan demikian bahan ajar buku saku perencanaan bisnis pada kompetensi dasar menganalisis lingkungan pemasaran kelas X BDP SMKN 2 Kediri layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Buku Saku, Lingkungan Pemasaran

References

Agustien, Alif Via, and Listiadi Agung. (2014). “Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Akuntansi Pada Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa.” jurnal Pendidikan Ekonomi2(2): 2–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9151.

Ami, M. (2012). “Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMA/MA Kelas XI.” BioEdu1(2): 10–13. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/439.

Gofur, Abdul. (2012). Desain Pembelajaran: Konsep, Model, Dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Husain, Muhammad. (2015). “Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Definisi Dan Ruang Lingkup Sarana Dan Prasarana Kantor.” Jurnal Administrasi Perkantoran3(3): 1–16. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/12524.

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Potensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustari, Mukarramah, and Yunita Sari. (2017). “Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiruNi06(1): 113–23. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/1583.

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Putri, Vela Chinkita, and Agung Listiyadi. (2014). “Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Di Smk Ketintang Surabaya.” Jurnal Pendidikan Akuntansi2(2): 1–9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9213.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Salyani, Resi, Azhar Amsal, and Riza Zulyani. (2018). “Pengembangan Buku Saku Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) Di MAN Model Banda Aceh.” Jurnal IPA & Pembelajaran IPA2(1): 7–14. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/10736.

Setyono, Y., S. Karmin, and D. Wahyuningsih. (2013). “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisikakelas Viii Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa.” Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret1(1): 120143.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Published
2021-08-22
How to Cite
Zahrotissa’adah, U., & Sulistyowati, R. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU PERENCANAAN BISNIS PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN UNTUK KELAS X BDP SMKN 2 KEDIRI. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1223-1229. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1223-1229
Section
Article
Abstract Views: 455
PDF Downloads: 453