PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU PERENCANAAN BISNIS PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN UNTUK KELAS X BDP SMKN 2 KEDIRI

Penulis

  • Ummi Zahrotissa’adah Universitas Negeri Surabaya
  • Raya Sulistyowati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1223-1229

Kata Kunci:

bahan ajar, buku saku, lingkungan pemasaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar buku saku perencanaan bisnis, kelayakan buku saku dan respons siswa terhadap buku saku perencanaan bisnis pada kompetensi dasar menganalisis lingkungan pemasaran kelas X BDP SMKN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan prosedur model pengembangan 4D terdiri dari define, design, develop, dan disseminate dengan diadaptasi menjadi 3D yaitu hanya sampai tahap develop. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar telaah dan lembar validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli kegrafikan, serta lembar respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media diperoleh nilai dari validasi ahli materi sebesar 77% (layak), nilai validasi ahli kegrafikan sebesar 78% (layak), dan nilai validasi ahli bahasa sebesar 70% (layak), kemudian nilai respons siswa uji kelompok kecil sebesar 88% (sangat layak) dan uji lapangan memperoleh persentase 89% (sangat layak). Dengan demikian bahan ajar buku saku perencanaan bisnis pada kompetensi dasar menganalisis lingkungan pemasaran kelas X BDP SMKN 2 Kediri layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Buku Saku, Lingkungan Pemasaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-08-22

Cara Mengutip

Zahrotissa’adah, U., & Sulistyowati, R. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU PERENCANAAN BISNIS PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN UNTUK KELAS X BDP SMKN 2 KEDIRI. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1223–1229. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1223-1229

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 643 , PDF Downloads: 464