PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SOP PENATAAN PRODUK MATA PELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANG PADA PESERTA DIDIK KELAS XI PEMASARAN SMK KETINTANG SURABAYA
Abstract
Penelitian pengembangan berikut bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran buku saku pada kompetensi dasar mengidentifikasi SOP penataan produk mata pelajaran penataan barang dagang. Pengembangan media pembelajaran tersebut menggunakan model ADDIE yang ada sejak tahun 1990-an dan dikembangkan oleh Robert A. Raiser dan Michael Molenda. Terdapat lima tahapan pada model tersebut, yakni analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tetapi, di dalam penelitian ini terbatas pada tiga tahapan. Instrumen penelitian pengembangan yang dipergunakan adalah lembar penilaian telaah dan validasi oleh ahli materi dan media. Hasil penilaian validasi menunjukkan bahwa persentase kelayakan materi sebesar 76,3% dengan keterangan layak dan persentase kelayakan media sebesar 76% dengan keterangan layak. Maka dari itu, dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran buku saku ini dapat dipergunakan pada proses belajar mengajar mata pelajaran penataan barang dagang (KD 3.4) pada kelas XI pemasaran di SMK Ketintang Surabaya.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Buku Saku, SOP Penataan Produk, Model ADDIE
References
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Badan StandarNasional Pendidikan. (2014). http://bsnp-indonesia.org/2014/05/28/instrumen-penilaian-buku-teks-pelajaran-tahun-2014/(diakses 2 Januari 2019)
Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia
Mona, Deli & Azalea, Femy Witrihezly. (2018). Leaflet and Pocket Book as an Education Tool to Change Level of Dental Health Knowledge. Bali Medical Journal (Bali Med J), 7 (3), 760-763. https://pdfs.semanticscholar.org/39c8/8e3da6bba1c01945d7a3e57f9d2b8101fdf6.pdf(diakses pada 28 Januari 2020)
Mulyatiningsih, Endang. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta : UNY Press
Primesstianissa, Shinta. (2016). Pengembangan Buku Saku Ekonomi sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Banguntapan. Skripsi tidak diterbitkan. https://eprints.uny.ac.id/32247/1/SKRIPSI_SHINTA%20PRIMESSTIANISSA_12804244031.pdf
Putri, Vela Chinkita & Listiyadi, Agung. (2014). Pengembangan Buku Saku sebagai Media Pembelajaran pada Materi Jurnal Khusus Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang di SMK KetintangSurabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2 (2), 1-9. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9213/9152(diakses pada 27 Januari 2020)
Rahmawati,Nurul Laili. (2013). Pengembangan Buku Saku IPA Terpadu Bilingual dengan Tema Bahan Kimia dalam Kehidupan sebagai Bahan Ajar di MTs. Skripsi tidak diterbitkan. https://pdfs.semanticscholar.org/f78f/54309dcce8fcee39668b791f3f10dd63f649.pdf?_ga=2.229979615.2134273388.1598347193-1897077286.1598347193(diakses pada 25 Agustus 2020)
Reza, M. Fahrudin Ali. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Ajar Gerak dan Gaya di SMK 1 Kedugwuni. Skripsi tidak diterbitkan.
Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta
Sajiman, Supardi Uki, dkk. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 2 (1), 71-81. https://www.researchgate.net/publication/323572017_Pengaruh_Media_Pembelajaran_dan_Minat_Belajar_Terhadap_Hasil_Belajar_Fisika(diakses pada 25 Agustus 2020)
Saputra, M., dkk. (2018). The Feasibility of an Android-Based Pocket Book as Mathematics Learning Media In Senior High School. Journal of Physics, 1088, 1-6. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1088/1/012056(diakses pada 28 Januari 2020)
Setyono, Yulian A., Sukarmin, & Wahyuningsih, Daru. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau dari Minat Baca Siswa.Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1), 118-126. https://eprints.uns.ac.id/14476/1/1788-3990-1-SM.pdf(diakses pada 24 Agustus 2020)
Sholihah, Nurul Mar’atus. (2015). Pengembangan Buku Saku Akuntansi sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi bagi Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. https://eprints.uny.ac.id/15865/1/SKRIPSI%20RnD%20NURUL%20MS.pdf
Triwiyanto, Teguh. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Zaim, Masyra’atul. (2018). KeterbacaanTeks Non-Sastra pada Buku Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 dengan Formula Fry. Jurnal Pendidikan dan Sastra, 11 (1), 66-78. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/article/view/1933/1475(diakses pada 25 Agustus 2020)
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 701