PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SOP PENATAAN PRODUK MATA PELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANG PADA PESERTA DIDIK KELAS XI PEMASARAN SMK KETINTANG SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1230-1236Kata Kunci:
media pembelajaran, buku saku, sop penataan produk, model addieAbstrak
Penelitian pengembangan berikut bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran buku saku pada kompetensi dasar mengidentifikasi SOP penataan produk mata pelajaran penataan barang dagang. Pengembangan media pembelajaran tersebut menggunakan model ADDIE yang ada sejak tahun 1990-an dan dikembangkan oleh Robert A. Raiser dan Michael Molenda. Terdapat lima tahapan pada model tersebut, yakni analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tetapi, di dalam penelitian ini terbatas pada tiga tahapan. Instrumen penelitian pengembangan yang dipergunakan adalah lembar penilaian telaah dan validasi oleh ahli materi dan media. Hasil penilaian validasi menunjukkan bahwa persentase kelayakan materi sebesar 76,3% dengan keterangan layak dan persentase kelayakan media sebesar 76% dengan keterangan layak. Maka dari itu, dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran buku saku ini dapat dipergunakan pada proses belajar mengajar mata pelajaran penataan barang dagang (KD 3.4) pada kelas XI pemasaran di SMK Ketintang Surabaya.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Buku Saku, SOP Penataan Produk, Model ADDIE
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

