PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SOP PENATAAN PRODUK MATA PELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANG PADA PESERTA DIDIK KELAS XI PEMASARAN SMK KETINTANG SURABAYA

Penulis

  • Dita Martha Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Renny Dwijayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1230-1236

Kata Kunci:

media pembelajaran, buku saku, sop penataan produk, model addie

Abstrak

Penelitian pengembangan berikut bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran buku saku pada kompetensi dasar mengidentifikasi SOP penataan produk mata pelajaran penataan barang dagang. Pengembangan media pembelajaran tersebut menggunakan model ADDIE yang ada sejak tahun 1990-an dan dikembangkan oleh Robert A. Raiser dan Michael Molenda. Terdapat lima tahapan pada model tersebut, yakni analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tetapi, di dalam penelitian ini terbatas pada tiga tahapan. Instrumen penelitian pengembangan yang dipergunakan adalah lembar penilaian telaah dan validasi oleh ahli materi dan media. Hasil penilaian validasi menunjukkan bahwa persentase kelayakan materi sebesar 76,3% dengan keterangan layak dan persentase kelayakan media sebesar 76% dengan keterangan layak. Maka dari itu, dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran buku saku ini dapat dipergunakan pada proses belajar mengajar mata pelajaran penataan barang dagang (KD 3.4) pada kelas XI pemasaran di SMK Ketintang Surabaya.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Buku Saku, SOP Penataan Produk, Model ADDIE

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-06-22

Cara Mengutip

Ningrum, D. M., & Dwijayanti, R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SOP PENATAAN PRODUK MATA PELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANG PADA PESERTA DIDIK KELAS XI PEMASARAN SMK KETINTANG SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1230–1236. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1230-1236

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 440 , PDF Downloads: 852