EVALUASI PROGRAM PRAKERIN DI SEKOLAH SMK NEGERI 2 KEDIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi program prakerin BDP Alfamart Class di SMK Negeri 2 Kediri, apakah program yang dilaksanakan sesuai dengan perencaan program yang ditetapkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluasi dengan pendekatan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel penelitian sebanyak 36 siswa dan 4 guru. Pengumpulan data dilakukan secara online melalui googleform karena masa pandemic Covid 19 Analisis data secara deskriptif menggunakan SPSS versi 16,0. Hasil penelitian menunjukkan:(1) evaluasi konteks menurut siswa program prakerin sudah sesuai kebutuhan, menurut guru pembimbing sesuai tujuan prakerin; (2) evaluasi input menurut siswa alat yang digunakan sudah sesuai kebutuhan siswa, menurut guru pembimbing alat sesuai dengan kebutuhan siswa ; (3) evaluasi proses menurut para siswa penguasaan guru sangat baik hingga mudah dipahami, sedangkan menurut guru partisipasi dan keaktifan siswa kurang; dan (4) evaluasi produk menurut siswa sudah terapai dengan adanya program prakerin.
Kata Kunci: Evaluasi, CIPP, Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
References
Indonesia. (2017). PDSPK Kemendikbud Statistik Persekolahan SMK 2017/2018 Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Setjen, Kemendikbud.
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, 6(1), 118.
Mardiyah, S.U.K dan Supriyadi, E. (2012). EvaluasiPraktikKerja Industri Kompetensi KeahlianPemasaran SMK N1 Pengasih, Kulon Progo. Universitas Negeri Yogyakarta.
Peni, Sri. (2009). “Evaluasi Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) Peserta Didik SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen di Kota Yogyakarta”. Tesis. UNY
Republik Indonesia. (1997). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 323/U/1997 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Sekretariat Kabinet RI. Jakarta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sriwahyuni, T dan Dewi, P. I (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Prakerin SMK Negeri KotaPadang.Universitas Negeri Padang
Zhang, G., & Griffith, R. R. (2011). Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Framework to Guide the Planning, Implem.... (May 2017)
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 402