EVALUASI PROGRAM PRAKERIN DI SEKOLAH SMK NEGERI 2 KEDIRI

  • Metri Puspitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya
Keywords: evaluasi, CIPP, praktek kerja industri (PRAKERIN)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi program prakerin BDP Alfamart Class di SMK Negeri 2 Kediri, apakah program yang dilaksanakan sesuai dengan perencaan program yang ditetapkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluasi dengan pendekatan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel penelitian sebanyak 36 siswa dan 4 guru. Pengumpulan data dilakukan secara online melalui googleform karena masa pandemic Covid 19 Analisis data secara deskriptif menggunakan SPSS versi 16,0. Hasil penelitian menunjukkan:(1) evaluasi konteks menurut siswa program prakerin sudah sesuai kebutuhan, menurut guru pembimbing sesuai tujuan prakerin; (2) evaluasi input menurut siswa alat yang digunakan sudah sesuai kebutuhan siswa, menurut guru pembimbing alat sesuai dengan kebutuhan siswa ; (3) evaluasi proses menurut para siswa penguasaan guru sangat baik hingga mudah dipahami, sedangkan menurut guru partisipasi dan keaktifan siswa kurang; dan (4) evaluasi produk menurut siswa sudah terapai dengan adanya program prakerin.
Kata Kunci: Evaluasi, CIPP, Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)

References

Arikunto, Suharsimi dan Safruddin, Cepi. (2018). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Indonesia. (2017). PDSPK Kemendikbud Statistik Persekolahan SMK 2017/2018 Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Setjen, Kemendikbud.

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, 6(1), 118.

Mardiyah, S.U.K dan Supriyadi, E. (2012). EvaluasiPraktikKerja Industri Kompetensi KeahlianPemasaran SMK N1 Pengasih, Kulon Progo. Universitas Negeri Yogyakarta.

Peni, Sri. (2009). “Evaluasi Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) Peserta Didik SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen di Kota Yogyakarta”. Tesis. UNY

Republik Indonesia. (1997). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 323/U/1997 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Sekretariat Kabinet RI. Jakarta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sriwahyuni, T dan Dewi, P. I (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Prakerin SMK Negeri KotaPadang.Universitas Negeri Padang

Zhang, G., & Griffith, R. R. (2011). Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Framework to Guide the Planning, Implem.... (May 2017)
Published
2021-08-22
How to Cite
Puspitasari, M., & Patrikha, F. (2021). EVALUASI PROGRAM PRAKERIN DI SEKOLAH SMK NEGERI 2 KEDIRI. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1265-1271. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1265-1271
Section
Article
Abstract Views: 302
PDF Downloads: 402