EVALUASI PROGRAM PRAKERIN DI SEKOLAH SMK NEGERI 2 KEDIRI

Penulis

  • Metri Puspitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1265-1271

Kata Kunci:

evaluasi, CIPP, praktek kerja industri (PRAKERIN)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi program prakerin BDP Alfamart Class di SMK Negeri 2 Kediri, apakah program yang dilaksanakan sesuai dengan perencaan program yang ditetapkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluasi dengan pendekatan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel penelitian sebanyak 36 siswa dan 4 guru. Pengumpulan data dilakukan secara online melalui googleform karena masa pandemic Covid 19 Analisis data secara deskriptif menggunakan SPSS versi 16,0. Hasil penelitian menunjukkan:(1) evaluasi konteks menurut siswa program prakerin sudah sesuai kebutuhan, menurut guru pembimbing sesuai tujuan prakerin; (2) evaluasi input menurut siswa alat yang digunakan sudah sesuai kebutuhan siswa, menurut guru pembimbing alat sesuai dengan kebutuhan siswa ; (3) evaluasi proses menurut para siswa penguasaan guru sangat baik hingga mudah dipahami, sedangkan menurut guru partisipasi dan keaktifan siswa kurang; dan (4) evaluasi produk menurut siswa sudah terapai dengan adanya program prakerin.
Kata Kunci: Evaluasi, CIPP, Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-08-22

Cara Mengutip

Puspitasari, M., & Patrikha, F. D. (2021). EVALUASI PROGRAM PRAKERIN DI SEKOLAH SMK NEGERI 2 KEDIRI. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1265–1271. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1265-1271

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 385 , PDF Downloads: 497