PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN FITUR GO-FOOD (STUDI PADA PENGGUNA GOJEK DI SURABAYA)
Abstract
Tujuan dari adanya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan sales promotion terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food pada aplikasi Gojek. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni non-probability sampling, dengan metode purposive sampling. Karakteristik yang digunakan pada penelitian ini adalah pengguna fitur Go-Food pada aplikasi Gojek di Surabaya. Sampel yang diambil sebanyak 210 responden. Teknik analisis dari penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25. Dari hasil analisis variabel e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food pada aplikasi Gojek dengan koefisien 0,396. Sales Promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food pada aplikasi Gojek dengan koefisien 0,409. Dan secara simultan e-service quality dan sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food pada aplikasi Gojek dengan koefisien 0,005.
Kata Kunci : E-Service Quality, Sales Promotion, Keputusan Menggunakan
References
Family, D., dkk. (2015). Analyzing the Influence of Sales Promotion on Customer Purchasing Behavior. International Journal of Economics & Management Science, 4 (4). 1-6. ISSN 2162-6359. Online. https://www.researchgate.net/publication/277967846_Analyzing_the_Influence_of_Sales_Promotion_on_Customer_Purchasing_Behavior.
Firdausya, C.P., dkk. (2019). Pengaruh E-Service Quality terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Go-Jek di Bandung). Jurnal Prosiding Manajemen, 5, (1), 2460-6545. Diperoleh pada 29 Oktober 2020, dari http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/16189.
Ihsan, M., dkk. (2019). Pengaruh E-Service Quality terhadap Keputusan Pengguna Jasa Ojek Online Go-Ride dalam Aplikasi Go-Jek melalui Kepercayaan Konsumen di Kota Jambi. Jurnal Manajemen dan Sains, 4, (1), 170-175. Diperoleh pada 29 Oktober 2020, dari http://jmas.unbari.ac.id/index.php/jmas/article/view/85.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, (2016), Marketing Management, 15th, Edition New Jersey : Pearson Prentice Hall, Inc.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Latifah, S. (2016). E-Procurement Service Quality in Malaysia ASEAN Marketing Journal, 8, (2), 116-127. Diperoleh pada 6 Januari 2020, dari http://journal.ui.ac.id/index.php/amj/article/view/9262/67545956.
Saputra, R.H. (2018). “Tren Penggunaan Aplikasi Go-Food dalam Pemesanan Produk Ayam Olahan di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang”. Peternakan. Universitas Brawijaya. Malang.
Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4 : Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tjiptono, Fandy& Chandra Gregorius. (2016). Service Quality dan Satisfaction. Edisi 4. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Suwondo, A., & Marjan, F.I. (2017). Analisis Pengaruh E-Kepuasan Pelanggan terhadap E-LoyalitasPelanggan Kai Acces Berdasarkan E-Servqual pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop Iv Semarang338-360.
Zemblyte, J. (2015). The Instrument for Evaluating E-Service Quality. International Scientific Conference Economics and Management Procedia-Social and Behavioral Sciences 213, 801-806.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1189