PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN FITUR GO-FOOD (STUDI PADA PENGGUNA GOJEK DI SURABAYA)

  • Winanti Widyastuti Universitas Negeri Surabaya
  • Raya Sulistyowati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: e-service quality, sales promotion, keputusan menggunakan

Abstract

Tujuan dari adanya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan sales promotion terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food pada aplikasi Gojek. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni non-probability sampling, dengan metode purposive sampling. Karakteristik yang digunakan pada penelitian ini adalah pengguna fitur Go-Food pada aplikasi Gojek di Surabaya. Sampel yang diambil sebanyak 210 responden. Teknik analisis dari penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25. Dari hasil analisis variabel e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food pada aplikasi Gojek dengan koefisien 0,396. Sales Promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food pada aplikasi Gojek dengan koefisien 0,409. Dan secara simultan e-service quality dan sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food pada aplikasi Gojek dengan koefisien 0,005.
Kata Kunci : E-Service Quality, Sales Promotion, Keputusan Menggunakan

References

Ardiansyah, D., dkk. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Interveningpada Pengguna Go-Food di Kota Bandung. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry,3, (3), 123-128. Diperoleh pada 29 Oktober 2020, dari http://jurnal.bakrie.ac.id/index.php/JEMI/article/view/2109.

Family, D., dkk. (2015). Analyzing the Influence of Sales Promotion on Customer Purchasing Behavior. International Journal of Economics & Management Science, 4 (4). 1-6. ISSN 2162-6359. Online. https://www.researchgate.net/publication/277967846_Analyzing_the_Influence_of_Sales_Promotion_on_Customer_Purchasing_Behavior.

Firdausya, C.P., dkk. (2019). Pengaruh E-Service Quality terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Go-Jek di Bandung). Jurnal Prosiding Manajemen, 5, (1), 2460-6545. Diperoleh pada 29 Oktober 2020, dari http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/16189.

Ihsan, M., dkk. (2019). Pengaruh E-Service Quality terhadap Keputusan Pengguna Jasa Ojek Online Go-Ride dalam Aplikasi Go-Jek melalui Kepercayaan Konsumen di Kota Jambi. Jurnal Manajemen dan Sains, 4, (1), 170-175. Diperoleh pada 29 Oktober 2020, dari http://jmas.unbari.ac.id/index.php/jmas/article/view/85.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, (2016), Marketing Management, 15th, Edition New Jersey : Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Latifah, S. (2016). E-Procurement Service Quality in Malaysia ASEAN Marketing Journal, 8, (2), 116-127. Diperoleh pada 6 Januari 2020, dari http://journal.ui.ac.id/index.php/amj/article/view/9262/67545956.

Saputra, R.H. (2018). “Tren Penggunaan Aplikasi Go-Food dalam Pemesanan Produk Ayam Olahan di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang”. Peternakan. Universitas Brawijaya. Malang.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4 : Yogyakarta: CV Andi Offset.

Tjiptono, Fandy& Chandra Gregorius. (2016). Service Quality dan Satisfaction. Edisi 4. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Suwondo, A., & Marjan, F.I. (2017). Analisis Pengaruh E-Kepuasan Pelanggan terhadap E-LoyalitasPelanggan Kai Acces Berdasarkan E-Servqual pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop Iv Semarang338-360.

Zemblyte, J. (2015). The Instrument for Evaluating E-Service Quality. International Scientific Conference Economics and Management Procedia-Social and Behavioral Sciences 213, 801-806.
Published
2021-06-22
How to Cite
Widyastuti, W., & Sulistyowati, R. (2021). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN FITUR GO-FOOD (STUDI PADA PENGGUNA GOJEK DI SURABAYA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1272-1278. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1272-1278
Section
Article
Abstract Views: 680
PDF Downloads: 1189