ANALISIS SIKAP FISHBEIN PADA KONSUMEN PENGGUNA INDIHOME PT TELKOM KEDIRI

  • Nofi Nur Amalina Universitas Negeri Surabaya
  • Harti Harti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: fishbein, tingkat kepentingan, tingkat kepercayaan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi sikap fishbein konsumen pengguna Indihome PT Telkom Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi pengguna Indihome PT Telkom Kediri. Adapun teknik pengambilan sampel memakai metode purposive sampling dengan pengambilan sampel melalui kuisioner yang disebarkan secara online kepada 100 orang responden. Teknik analisis data diolah menggunakan metode fishbein. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen bersikap sangat positif pada atribut yang dimiliki Indihome PT Telkom Kediri dengan nilai total sikap (Ao) sebesar 80,99. Peneliti memilih menggunakan empat atribut Indihome PT Telkom Kediri dalam penelitian ini yaitu kualitas produk, varian produk, harga dan kualitas layanan. Atribut dengan nilai tertinggi tingkat kepentingan (ei) adalah kualitas produk dengan nilai 4,61 yang berarti sangat penting. Atribut dengan nilai tertinggi tingkat kepercayaan (bi) adalah kualitas layanan dengan nilai 4,52 yang berarti sangat baik.
Kata kunci : fishbein, tingkat kepentingan, tingkat kepercayaan

References

Alam, syamsul. (2019). Mengukur Sikap Konsumen Produk PT Telkomsel Di Kota Makassar Dengan Model Fishbein. Journal of Management & Business, 2(2), 189–203.

Alwi, erick. (2019). Analisis Kualitas Sinyal Wifi Pada Universitas Muslim Indonesia. Informatics Journal, 4(1).

Astuti, E. P. &, Masyhuri, M. &, & Mulyo, J. H. (2019). Analisis Sikap Konsumen Pasar Swalayan terhadap Sayuran Organik. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(1), 183–194. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.01.18

Damanik, R. P., Wibowo, R. P., & Sadalia, I. (2021). Analysis o f Fishbein ’ s Multi-Attribute on Property at PT Graha Wisma Sentosa Jaya. International Journal of Research and Review, 8(January), 152–158.

Denk, S, W. (2017). Analysis of Consumer Attitudes Toward Pearl Millet Flour Using Fishbein’s Multi-Attribute Attitude Model. Amity Journal of Agribusiness.

Fatikhin, K. (2020). Indihome Menemani Masyarakat Worl From Home (WFH). Kediripedia.Com. https://kediripedia.com/indihome-menemani-masyarakat-work-from-home/

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, attitude, intention, and behaviour : An introduction to theory and research. Reading, MA: Addison-Wesley.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Prentice Hall, Englewood Cliffs, NJ.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (2005). Theory-Based Behavior Change Interventions. Journal of Healt Psychology.

Hendrarini, H., Sunarsono, R. J., Erviyanti, Y., & Soedarto, T. (2020). The identification of ready-to-eat banana’s superior attributes through the fishbein multi-attribute approach. Bulgarian Journal of Agricultural Science, 26(1), 34–42.

Jasuli. (2018). Analysis of student attitudes towards e-learning using Fishbein Multiattribute approach. I OP Conf. Series: Materials Science and Engineeriing. https://doi.org/10.1088/1757-899X/296/1/012011

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran(Edisi 13.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, kevin L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid I(Edisi ke 1).

Novrianti, D. P. (2015). Analisis sikap konsumen di kota bogor dalam memilih kartu im3 ooredoo sebagai layanan operator seluler. Jurnal Magister Manajemen, 1(2), 218–224.

Putri, S. E. (2019). Analisis Sikap Konsumen : Evaluasi dan Kepercayaan Atribut ( Multiattributes Fishbein Approach ). Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2), 159–177. https://doi.org/10.33369/insight.14.2.159-177

Qomariyah, S. N., & Yulianto, E. T. (2020). Analisis sikap konsumen dalam membeli jenang salak menggunakan pendekatan multiatribut fisbehin. Agrosaintifika : Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 2(2), 118–124.

Ribhan. (2016). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Brand Switching Penggguna SIM Card di Fakultas Ekonomi Universitas Lampung. Jurnal Ilmiah Berkala Empat Bulanan, 3(1).

Saputro, Y., Latianingsih, N., & Hadikusuma, R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Indihome Telkom Terhadap Loyalitas Pelanggan di Forum Kounitas CS:GO Indonesian Community. Epigram, 13 No. 2.

Schiffman, L., & Kanuk, leslie lazar. (2007). Perilaku Konsumen(Kedua). PT. Indeks Gramedia.

Simamora, B. (2007). Panduan riset dan perilaku konsumen. Gramedia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suworo. (2019). Analisis Sikap Multiatribut Fishbein Produk Smartphone Samsung Dan Oppo (Studi Kasus Mahasiswa S1 Unpam Kelas Reguler B). Jurnal Mandiri: Lmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi,3(1), 67–81.

Testy, rafqi. (2019). Kualitas Pelayanan Jasa Produk Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK. E-Proceedig of Applied Science, 5, No. 1.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran(III). CV. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Andi Offset.

Utami, D. (2020). Pelanggan Indihome tumbuh subur di masa pandemi. Marketbisnis.Com. https://market.bisnis.com/read/20201022/192/1308350/pelanggan-indihome-tumbuh-subur-di-masa-pandemi

Wibiosono, D. (2003). Riset Bisnis : Panduan Bagi Praktisi Dan Akademis. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Widiyanti, W. (2019). Sikap Konsumen terhadap Multiatribut Produk Domino Pizza Dengan Metode Fishbein di Depok. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(1), 107–112. https://doi.org/10.31294/jc.v19i1
Published
2021-06-12
How to Cite
Amalina, N., & Harti, H. (2021). ANALISIS SIKAP FISHBEIN PADA KONSUMEN PENGGUNA INDIHOME PT TELKOM KEDIRI. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1397-1403. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1397-1403
Section
Article
Abstract Views: 378
PDF Downloads: 468