PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI BERBASIS APLIKASI TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI PRODUK UKM DM-SEAFOOD
Abstract
Hasil akhir penelitian ini berupa media promosi berbasis aplikasi TikTok yang dapat digunakan untuk melakukan promosi produk UKM DM-Seafood. Jenis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui proses pengembangan media promosi berbasis aplikasi TikTok untuk meningkatkan minat beli, dapat mengetahui kelayakan media promosi berbasis aplikasi TikTok untuk meningkatkan minat beli dan dapat mengetahui respon masyarakat terhadap media promosi berbasis aplikasi TikTok untuk meningkatkan minat beli. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, akan tetapi karena adanya keterbatasan dari peneliti maka penelitian hanya dilakukan sampai pada tahapan Implementation. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan validasi ahli media promosi diperoleh 95,8% sehingga dapat dikatakan sangat layak. Dan berdasarkan hasil uji coba kecil yang dilakukan pada 30 konsumen didapat nilai presentase 80,70% dengan kriteria layak, sedangkan pada uji coba kelas besar yang dilakukan pada 100 konsumen didapat nilai presentase 79,95% dengan kriteria layak.
Kata Kunci : Promosi; TikTok; Minat Beli
References
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial TikTokSebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTokJavafoodie). Khasanah Ilmu -Jurnal Pariwisata Dan Budaya,12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi TikTokSebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185. https://doi.org/10.31294/jkom.v9i2.4319
Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278
Kotler, P,. dan Keller, K. (2010). Manajemen Pemasaran.Jakarta:Erlangga.
Magfiroh dan Arifin. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 40(1), 132-140. https://media.neliti.com/media/publications/87520-ID-pengaruh-citra-merek-terhadap-minat-beli.pdf
Mahanani, P, A. (2015). Relasi Facebook Dengan Budaya Pop Dalam Perspektif Cultural Studies. Dialogia, 13(1), 79-88. https://doi.org/10.21154/dialogia.v13i1.286
Pamungkas, dan Zuhroh. 2016. Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi, 10(2), 145-160. https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i2.2518
Paragita, M. R. (2013). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Mengajukan The Influence of Word of Mouth to intention applying for a loan on PT . Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur , Tbk .Branch of Nganjuk. d, 1–10. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/418
Puspitarini, D. S.,& Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi ( Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House ), Jurnal Common, 3(1).https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950/1307
Ruth, D., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru TikTokterhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi, 4(2), 207. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8093
Sa’dun Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan(Research And Development).Bandung;ALFABETA.
Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41. https://doi.org/10.47201/jamin.v1i2.28
Syahbani, M. F., & Widodo, A. (2017). Food Blogger Instagram: Promotion Through Social Media. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis,1(1), 46–58. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/1426/pdf
Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran(Edisi 3). Yogyakarta:Andi.
Yang, S., Zhao, Y., & Ma, Y. (2019). Analysis of the Reasons and Development of Short Video Application——Taking Tik Tok as an Example.9th International Conference on Information and Social Science, Iciss,340–343. https://doi.org/10.25236/iciss.2019.0621438
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 5798