PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI BERBASIS APLIKASI TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI PRODUK UKM DM-SEAFOOD

  • Syeli Efa Kristia Universitas Negeri Surabaya
  • Harti Harti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: promosi, tiktok, minat beli

Abstract

Hasil akhir penelitian ini berupa media promosi berbasis aplikasi TikTok yang dapat digunakan untuk melakukan promosi produk UKM DM-Seafood. Jenis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui proses pengembangan media promosi berbasis aplikasi TikTok untuk meningkatkan minat beli, dapat mengetahui kelayakan media promosi berbasis aplikasi TikTok untuk meningkatkan minat beli dan dapat mengetahui respon masyarakat terhadap media promosi berbasis aplikasi TikTok untuk meningkatkan minat beli. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, akan tetapi karena adanya keterbatasan dari peneliti maka penelitian hanya dilakukan sampai pada tahapan Implementation. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan validasi ahli media promosi diperoleh 95,8% sehingga dapat dikatakan sangat layak. Dan berdasarkan hasil uji coba kecil yang dilakukan pada 30 konsumen didapat nilai presentase 80,70% dengan kriteria layak, sedangkan pada uji coba kelas besar yang dilakukan pada 100 konsumen didapat nilai presentase 79,95% dengan kriteria layak.
Kata Kunci : Promosi; TikTok; Minat Beli

References

Aditya R. (2015). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Komunitas Fotografi Pekanbaru. Jom FISIP, 2(2). https://media.neliti.com/media/publications/32348-ID-pengaruh-media-sosial-instagram-terhadap-minat-fotografi-pada-komunitas-fotograf.pdf

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial TikTokSebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTokJavafoodie). Khasanah Ilmu -Jurnal Pariwisata Dan Budaya,12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi TikTokSebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185. https://doi.org/10.31294/jkom.v9i2.4319

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278

Kotler, P,. dan Keller, K. (2010). Manajemen Pemasaran.Jakarta:Erlangga.

Magfiroh dan Arifin. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 40(1), 132-140. https://media.neliti.com/media/publications/87520-ID-pengaruh-citra-merek-terhadap-minat-beli.pdf

Mahanani, P, A. (2015). Relasi Facebook Dengan Budaya Pop Dalam Perspektif Cultural Studies. Dialogia, 13(1), 79-88. https://doi.org/10.21154/dialogia.v13i1.286

Pamungkas, dan Zuhroh. 2016. Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi, 10(2), 145-160. https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i2.2518

Paragita, M. R. (2013). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Mengajukan The Influence of Word of Mouth to intention applying for a loan on PT . Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur , Tbk .Branch of Nganjuk. d, 1–10. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/418

Puspitarini, D. S.,& Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi ( Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House ), Jurnal Common, 3(1).https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950/1307

Ruth, D., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru TikTokterhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi, 4(2), 207. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8093

Sa’dun Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan(Research And Development).Bandung;ALFABETA.

Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41. https://doi.org/10.47201/jamin.v1i2.28

Syahbani, M. F., & Widodo, A. (2017). Food Blogger Instagram: Promotion Through Social Media. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis,1(1), 46–58. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/1426/pdf

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran(Edisi 3). Yogyakarta:Andi.

Yang, S., Zhao, Y., & Ma, Y. (2019). Analysis of the Reasons and Development of Short Video Application——Taking Tik Tok as an Example.9th International Conference on Information and Social Science, Iciss,340–343. https://doi.org/10.25236/iciss.2019.0621438
Published
2021-07-15
How to Cite
Kristia, S., & Harti, H. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI BERBASIS APLIKASI TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI PRODUK UKM DM-SEAFOOD. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1428-1438. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1428-1438
Section
Article
Abstract Views: 3344
PDF Downloads: 5798