PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING PELANGGAN H&M TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh price discount dan store atmosphere terhadap impulse buying pada pelanggan H&M Tunjungan Plaza Surabaya. Dengan melakukan price discount dan menciptakan store atmosphere akan mempengaruhi impulse buying. Metode yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 75 responden dengan usia diatas atau sama dengan 20 tahun yang pernah berbelanja di H&M Tunjungan Plaza Surabaya. teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (X1) price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap (Y) impulse buying sebesar 0,048. (X2) Store atmosphere berpengaruh signigikan terhadap (Y) impulse buying pelanggan H&M Tunjungan Plaza Surabaya sebesar 0,000. (X1) Price discount dan (X2) Store atmosphere memiliki pengaruh simultan terhadap impulse buying pelanggan H&M Tunjungan Plaza Surabaya sebesar 0,000.
Kata kunci: price discount, store atmosphere, impulse buying.
References
Atmawati, R. & Wahyuddin, M. (2007). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departementstore Di Solo Grand Mall. Daya Saing: Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 5, No. 1, 54-61.
Cahyorini, A. & Rusfian. (2011). The Effect of Packaging Design on Impulsive. Buying. Journal of Administrative Science & Organization, Vol. 18, No. 1:11-21
Gariswasita, A. (2015). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian (studi pada Five Point Coffee and Chocolate Semarang). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis.Universitas Dian Nuswantoro.
Gumilang, W. A., & Nurcahya, I. K. (2016). Pengaruh Price Discount Dan Store AtmosphereTerhadap Emotional Shopping Dan Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen, 5(3)
Kanjaya, M., & Susilo, Y. (2010). Retail Rules Melihat Keunggulan dan Potensi Bisnis Ritel Makanan di Masa Depan. Jakarta: Erlangga
Kurniawan, D. & Kunto, Y. S. (2013). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying dengan Shopping Emotional Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Di Matahari Department Store Cabang Supermall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1 (2): 1-8
Kwan, O. G. (2016). Pengaruh Sales Promotion Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse BuyingDengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Planet Sports Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 27–34.
Maharani, I.G.A Prita D. & Darma, G. S. (2018). Consumer Purchasing Behavior Analysis on Impulse Buying. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 15, No. 3, Juli 2018:16-37
Maymand, M. M., & Ahmadinejad, M. (2011). Impulse buying: the role of store environmental stimulation and situational factors (An empirical investigation). African Journal of Business Management, 5(34), 13057–13065
Pradana, I. G. B. A. A., & Suparna, G. (2016). Pengaruh Store Environment Dan Impulse Buying Tendency Terhadap Urge To Buy Impulsively Dan Impulse Buying Behaviour. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(7), 4101–4131.
Putri, Y. T. A. dan Edwar, M. (2015). Pengaruh Bonus Pack Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Giant Hypermarket Diponegoro Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol. 3, No. 2:1-7.
Setiyono, A. D. (2015). Analisis Pengaruh Promosi Penjualan dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion dan Dampaknya Terhadap Impulse Buying. Skripsi, tidak diterbitkan. Ekonomi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
Sudjana, A. (2012). Manajemen Ritel Modern. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tolisindo, J. (2017). Pengaruh Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Lampung, Bandarlampung.
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel :Strategi dan Implementasi Operational Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Winantri, N. N. (2016). Pengaruh Kondisi Emosi Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Di Indomaret Cabang Desa Tampaksiring Tahun 2016. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi(JPPE), 7(2).
Winawati, N. F., & Saino. (2015). Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Hypermart Ponorogo City Center). Jurnal EMBA, 1–15.
Malhotra, Naresh K, 2005, Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan, Terjemahan oleh : Ir Soleh Rusyadi Maryam,MM, Edisi Keempat, Jilid 1 dan 2, PT. INDEKS, Jakarta.
Hilda B(2019, November 6).Di Tengah Pandemi, H&M Buka Gerai ke-46 di Indonesia. Kompas.com.www.kompas.com.
Best global brand and top 100 brands in the world (2019). www.rankingthebrands.com
Copyright (c) 2022 Firdha Windyaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

