PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING PELANGGAN H&M TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA

  • Firdha Windyaningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh price discount dan store atmosphere terhadap impulse buying pada pelanggan H&M Tunjungan Plaza Surabaya. Dengan melakukan price discount dan menciptakan store atmosphere akan mempengaruhi impulse buying. Metode yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 75 responden dengan usia diatas atau sama dengan 20 tahun yang pernah berbelanja di H&M Tunjungan Plaza Surabaya. teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (X1) price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap (Y) impulse buying sebesar 0,048. (X2) Store atmosphere berpengaruh signigikan terhadap (Y) impulse buying pelanggan H&M Tunjungan Plaza Surabaya sebesar 0,000. (X1) Price discount dan (X2) Store atmosphere memiliki pengaruh simultan terhadap impulse buying pelanggan H&M Tunjungan Plaza Surabaya sebesar 0,000.

Kata kunci: price discount, store atmosphere, impulse buying.

References

A.C. Nielsen. (2007). Survey of Consumer Behavior and Percepcion Toward Modern Retail and Traditional Trade Channelss.Jakarta: Departemen Perdagangan Indonesia.

Atmawati, R. & Wahyuddin, M. (2007). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departementstore Di Solo Grand Mall. Daya Saing: Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 5, No. 1, 54-61.

Cahyorini, A. & Rusfian. (2011). The Effect of Packaging Design on Impulsive. Buying. Journal of Administrative Science & Organization, Vol. 18, No. 1:11-21

Gariswasita, A. (2015). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian (studi pada Five Point Coffee and Chocolate Semarang). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis.Universitas Dian Nuswantoro.

Gumilang, W. A., & Nurcahya, I. K. (2016). Pengaruh Price Discount Dan Store AtmosphereTerhadap Emotional Shopping Dan Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen, 5(3)

Kanjaya, M., & Susilo, Y. (2010). Retail Rules Melihat Keunggulan dan Potensi Bisnis Ritel Makanan di Masa Depan. Jakarta: Erlangga

Kurniawan, D. & Kunto, Y. S. (2013). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying dengan Shopping Emotional Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Di Matahari Department Store Cabang Supermall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1 (2): 1-8

Kwan, O. G. (2016). Pengaruh Sales Promotion Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse BuyingDengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Planet Sports Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 27–34.

Maharani, I.G.A Prita D. & Darma, G. S. (2018). Consumer Purchasing Behavior Analysis on Impulse Buying. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 15, No. 3, Juli 2018:16-37

Maymand, M. M., & Ahmadinejad, M. (2011). Impulse buying: the role of store environmental stimulation and situational factors (An empirical investigation). African Journal of Business Management, 5(34), 13057–13065

Pradana, I. G. B. A. A., & Suparna, G. (2016). Pengaruh Store Environment Dan Impulse Buying Tendency Terhadap Urge To Buy Impulsively Dan Impulse Buying Behaviour. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(7), 4101–4131.

Putri, Y. T. A. dan Edwar, M. (2015). Pengaruh Bonus Pack Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Giant Hypermarket Diponegoro Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol. 3, No. 2:1-7.

Setiyono, A. D. (2015). Analisis Pengaruh Promosi Penjualan dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion dan Dampaknya Terhadap Impulse Buying. Skripsi, tidak diterbitkan. Ekonomi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Sudjana, A. (2012). Manajemen Ritel Modern. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tolisindo, J. (2017). Pengaruh Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Lampung, Bandarlampung.

Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel :Strategi dan Implementasi Operational Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Winantri, N. N. (2016). Pengaruh Kondisi Emosi Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Di Indomaret Cabang Desa Tampaksiring Tahun 2016. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi(JPPE), 7(2).

Winawati, N. F., & Saino. (2015). Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Hypermart Ponorogo City Center). Jurnal EMBA, 1–15.

Malhotra, Naresh K, 2005, Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan, Terjemahan oleh : Ir Soleh Rusyadi Maryam,MM, Edisi Keempat, Jilid 1 dan 2, PT. INDEKS, Jakarta.

Hilda B(2019, November 6).Di Tengah Pandemi, H&M Buka Gerai ke-46 di Indonesia. Kompas.com.www.kompas.com.

Best global brand and top 100 brands in the world (2019). www.rankingthebrands.com
Published
2022-08-14
How to Cite
Windyaningrum, F., & Sudarwanto, T. (2022). PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING PELANGGAN H&M TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(2), 1650-1657. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1650-1657
Section
Article
Abstract Views: 566
PDF Downloads: 702