PENGARUH CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI TESTIMONI PADA KLINIK KECANTIKAN MSGLOW DI SURABAYA

  • Maslahatul Ammah Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan guna menjelaskan dan memberi analisis pengaruh citra merk pada keputusan pembelian melalui testimoni di klinik kecantikan MS Glow di Surabaya. Kuantitatif adalah jenis penelitian yang dipakai dengan rumus Taro Yamane sebagai cara untuk menentukan sampel mendapatkan 99 responden. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis). Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa variabel citra merek berpengaruh parsial terhadap testimoni selain itu variabel citra merek juga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Testimoni tidak mampu memediasi variabel citra merk dengan keputusan pembelian, tetapi testimoni mempunyai pengaruh parsial kepada keputusan pembelian, artinya testimoni mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pengunjung klinik kecantikan MS Glow, pembaca, dan peneliti selanjutnya sebagai bahan refrensi.

Kata Kunci: citra merk; keputusan pembelian; testimoni

References

Andrew Griffiths. 2011. 101 Rahasia Anti Gagal Membangun Bisnis Jaringan. Jakarta: Tangga Pustaka

Bernadian, H and Russel. Jaya EA, Human Resources Management and Experiental Approach, Megraw Hill International, Singapore.

Audina, R. L. B. N., & Azzahra, N. PengaruhTestimoniDanKreasiNilaiBudayaTerhadapKeputusanPembelianTiketBioskopFilmGundala(SensusPadaFollowersGundala Official).https://doi.org/10.33884/jimupb.v8i2.1656

Dharma, N. P. S. A., & Sukaatmadja, I. P. G. (2015).Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Membeli Produk Apple(Doctoral dissertation, Udayana University).https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/14527

Emor, R. Y., & Soegoto, A. S. (2015). Pengaruh potongan harga, citra merek, dan servicescape terhadap keputusan pembelian konsumen indomaret tanjung batu.Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi,3(2).https://doi.org/10.35794/emba.3.2.2015.8715

Fiani, M., & Edwin, J. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep ’ S Di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran.https://www.neliti.com/id/publications/134151/analisa-pengaruh-food-quality-dan-brand-image-terhadap-keputusan-pembelian-roti#cite

Fristiana, D. A., Prihatini, A. E., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis,1(2), 118-127. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/839

Ikawati, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware di Toko Sakinah Jambangan Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 5(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/18039

Keller, K. L. (2013). Building strong brands in a modern marketing communications environment. InThe Evolution of Integrated Marketing Communications (pp. 73-90). Routledge.https://doi.org/10.1080/13527260902757530

Kotler, Philip dan Keller, Kevine. Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13. Erlangga: Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 2, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga. ISBN 978-013-210-292-6

Muzdalifah, L., dan Ilmiah, H. (2020). PENGARUH TESTIMONI DAN DAYA TARIK INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Lsinta Muslim Wedding).GREENOMIKA,2(2), 105-113. https://journal.unusida.ac.id/index.php/gnk/article/view/333

Nitisusastro, M. (2012). Perilaku konsumen dalam perspektif kewirausahaan.

Setiawati, S., Winangsih, R., & Praceka, P. A. (2015). PENGARUH TESTIMONIAL PRODUK PAKAIAN TERHADAP TINDAKAN MEMBELI SECARA ONLINE. Survei Mengenai Pelanggan Online Shopping dilingkungan Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Angkatan 2011-2013 (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/496

Sriyanto, A., dan Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh brand ambassador, minat beli, dan testimoni terhadap keputusan pembelian (studi pada situs jual beli online shop shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur periode Februari–April 2018). Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 8(1), 21-34. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/ema/article/view/858

Sumarwan, Ujang. (2015). Perilaku Konsumen Teori Penerapannya Dalam Pemasaran Edisi Kedua. Cetakan Ketiga. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Supranto dan Limakrisna. (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. (2011). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset. Yogyakarta. ISBN 978-979-29-4417-4

Utama, R. D. H., dan Rosalina, F. (2016). Pengaruh Testimoni dalam Periklanan. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi,15(1), 97-117. https://doi.org/10.17509/manajerial.v15i1.9475

Yanu, Achmad dan Alif F. (2014). The Influence of Brand Image On Purchase Behavior Through Brand Trust. 5(2):58-76
Published
2021-11-04
How to Cite
Ammah, M., & Sudarwanto, T. (2021). PENGARUH CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI TESTIMONI PADA KLINIK KECANTIKAN MSGLOW DI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1600-1609. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1600-1609
Section
Article
Abstract Views: 593
PDF Downloads: 1533