PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN FITUR SHOPEE-FOOD (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF FEB UNESA)

  • Farras Rana Febriani Universitas Negeri Surabaya
  • Septyan Budy Cahya Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana e-service quality dan sales promotion mempengaruhi keputusan konsumen terhadap penggunaan fitur Shopee-Food. Jenis survey yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 123 orang yang di peroleh melalui teknik non-probability sampling Penelitian ini menggunakan metode survey yang dibagikan kepada responden melalui google form. Metode analisis data dalam penelitian ini  menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 25. Hasil survey menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kedua variabel independen  e-service quality dan sales promotion terhadap variabel dependen yaitu keputusan menggunakan fitur Shopee-Food. Selain itu, e-service quality dan sales promotion secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan menggunakan fitur Shopee-FoodTujuan penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana e-service quality dan sales promotion mempengaruhi keputusan konsumen terhadap penggunaan fitur Shopee-Food. Jenis survey yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 123 orang yang di peroleh melalui teknik non-probability sampling Penelitian ini menggunakan metode survey yang dibagikan kepada responden melalui google form. Metode analisis data dalam penelitian ini  menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 25. Hasil survey menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kedua variabel independen  e-service quality dan sales promotion terhadap variabel dependen yaitu keputusan menggunakan fitur Shopee-Food. Selain itu, e-service quality dan sales promotion secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan menggunakan fitur Shopee-FoodTujuan penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana e-service quality dan sales promotion mempengaruhi keputusan konsumen terhadap penggunaan fitur Shopee-Food. Jenis survey yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 123 orang yang di peroleh melalui teknik non-probability sampling Penelitian ini menggunakan metode survey yang dibagikan kepada responden melalui google form. Metode analisis data dalam penelitian ini  menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 25. Hasil survey menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kedua variabel independen  e-service quality dan sales promotion terhadap variabel dependen yaitu keputusan menggunakan fitur Shopee-Food. Selain itu, e-service quality dan sales promotion secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan menggunakan fitur Shopee-FoodTujuan penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana e-service quality dan sales promotion mempengaruhi keputusan konsumen terhadap penggunaan fitur Shopee-Food. Jenis survey yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 123 orang yang di peroleh melalui teknik non-probability sampling Penelitian ini menggunakan metode survey yang dibagikan kepada responden melalui google form. Metode analisis data dalam penelitian ini  menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 25. Hasil survey menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kedua variabel independen  e-service quality dan sales promotion terhadap variabel dependen yaitu keputusan menggunakan fitur Shopee-Food. Selain itu, e-service quality dan sales promotion secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan menggunakan fitur Shopee-Food

Kata kunci: e-service quality, keputusan konsumen, sales promotion

References

Alvian, M. S. (2020). Pengaruh Sales Promotion Dan Keragaman Produk Pada Shopee . 7-10.

Amstrong, K. d. (2018). Principles of Marketing. New Jersey: PEARSON.

Annissa Hamdallah, P. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Dan E-Customer Loyalty Pada Pengguna Aplikasi My Indihome. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 158.

Annissa Hamdallah, P. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Dan E-Customer Loyalty Pada Pengguna Aplikasi My Indihome. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 150-160.

F, L. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Edisi 1.jakarta: Prenamedia group.

F, L. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Edisi 1.depok: Khalifah.

Firmansyah, F. d. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: CV.Budi utama.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program. Semarang: Badan Penerbit.

Gosal, G. B. (2021). Pengaruh E-Security E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Dan Pengaruh E-Satisfaction, E-Security, Dan E-Service Quality Terhadap E-Repurchase Intention Secara Langsung Pada Penggunaan E-Commerce Tokopedia. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 100-102.

Hair, J. F. (2010). Multivariate Data Analysis. Prentice Hall Internasional.

Hansen, P. K. (2019). Marketing Management 4th European Edition. London: Pearson.

Ibrahim, A. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pengguna Aplikasi Mytelkomsel. Building Of Informatics, Technology And Science (Bits), 310.

Ihsan, M. I. (2019). Pengaruh Kualitas Website Pada Keputusan Pembelian Pada Situs Shopee Menggunakan Metode Webqual4.0. 10-20.

J, B. D. (2021). E-Commerce dengan pengunjung terbesar pada kuartal IV . Katadata.co.id, 10.

Keller, K. d. (2016). manajemen pemasaran.jakarta: erlanga.

Malhotra, N. K. (2006). Marketing Research An Applied Orientation.United State of America: Prestice Hall.

Saputra, R. A. (2019). Pengaruh Sales Promotion, Kualitas Produk, Nrand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Dbl Store. 70-73.

Simbolon, I. V. (2021). Pengaruh Shopee-Food terhadap minat beli pengguna Shopee. jurnal.unai.edu, 11.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta, CV.

Suwondo, S. d. (2017). FadliIrawanMarjan. Analisis Pengaruh E-Kepuasan Pelanggan Terhadap E-Loyalitas Pelanggan Kai Access Berdasarkan E-Servqual pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop IV Semarang, 357.

Tjiptono, F. P. (2017). Service, quality, dan satisfaction. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Ulum, F. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Website Start-Up Kaosyay. Jurnal TEKNO KOMPAK, Vol. 12, No. 2, 2018, 68-72. ISSN 1412-9663, 72.

Vania, I. (2021). Pengaruh Promo Shopeefood Terhadap Minat Beli . Remista Simbolon², 56.

Wahyuni, R. S. (2021). Pengaruh Sales Promotion, Hedomic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Jimmba, 150-153.

Wibowo, M. A. (2018). Pengaruh Presepsi Manfaat, Tarif Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Produk E-Money (Studi Kasus Pada Pengguna Layanan Go-Pay Di Kota Jakarta. 9.
Published
2022-08-28
How to Cite
Febriani, F., & Cahya, S. (2022). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN FITUR SHOPEE-FOOD (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF FEB UNESA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(2), 1658-1668. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1658-1668
Section
Article
Abstract Views: 1059
PDF Downloads: 1690