PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN FITUR SHOPEE-FOOD (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF FEB UNESA)
Abstract
Tujuan penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana e-service quality dan sales promotion mempengaruhi keputusan konsumen terhadap penggunaan fitur Shopee-Food. Jenis survey yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 123 orang yang di peroleh melalui teknik non-probability sampling Penelitian ini menggunakan metode survey yang dibagikan kepada responden melalui google form. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 25. Hasil survey menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kedua variabel independen e-service quality dan sales promotion terhadap variabel dependen yaitu keputusan menggunakan fitur Shopee-Food. Selain itu, e-service quality dan sales promotion secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan menggunakan fitur Shopee-FoodTujuan penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana e-service quality dan sales promotion mempengaruhi keputusan konsumen terhadap penggunaan fitur Shopee-Food. Jenis survey yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 123 orang yang di peroleh melalui teknik non-probability sampling Penelitian ini menggunakan metode survey yang dibagikan kepada responden melalui google form. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 25. Hasil survey menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kedua variabel independen e-service quality dan sales promotion terhadap variabel dependen yaitu keputusan menggunakan fitur Shopee-Food. Selain itu, e-service quality dan sales promotion secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan menggunakan fitur Shopee-FoodTujuan penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana e-service quality dan sales promotion mempengaruhi keputusan konsumen terhadap penggunaan fitur Shopee-Food. Jenis survey yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 123 orang yang di peroleh melalui teknik non-probability sampling Penelitian ini menggunakan metode survey yang dibagikan kepada responden melalui google form. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 25. Hasil survey menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kedua variabel independen e-service quality dan sales promotion terhadap variabel dependen yaitu keputusan menggunakan fitur Shopee-Food. Selain itu, e-service quality dan sales promotion secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan menggunakan fitur Shopee-FoodTujuan penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana e-service quality dan sales promotion mempengaruhi keputusan konsumen terhadap penggunaan fitur Shopee-Food. Jenis survey yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 123 orang yang di peroleh melalui teknik non-probability sampling Penelitian ini menggunakan metode survey yang dibagikan kepada responden melalui google form. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 25. Hasil survey menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kedua variabel independen e-service quality dan sales promotion terhadap variabel dependen yaitu keputusan menggunakan fitur Shopee-Food. Selain itu, e-service quality dan sales promotion secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan menggunakan fitur Shopee-Food
Kata kunci: e-service quality, keputusan konsumen, sales promotion
References
Amstrong, K. d. (2018). Principles of Marketing. New Jersey: PEARSON.
Annissa Hamdallah, P. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Dan E-Customer Loyalty Pada Pengguna Aplikasi My Indihome. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 158.
Annissa Hamdallah, P. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Dan E-Customer Loyalty Pada Pengguna Aplikasi My Indihome. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 150-160.
F, L. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Edisi 1.jakarta: Prenamedia group.
F, L. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Edisi 1.depok: Khalifah.
Firmansyah, F. d. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: CV.Budi utama.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program. Semarang: Badan Penerbit.
Gosal, G. B. (2021). Pengaruh E-Security E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Dan Pengaruh E-Satisfaction, E-Security, Dan E-Service Quality Terhadap E-Repurchase Intention Secara Langsung Pada Penggunaan E-Commerce Tokopedia. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 100-102.
Hair, J. F. (2010). Multivariate Data Analysis. Prentice Hall Internasional.
Hansen, P. K. (2019). Marketing Management 4th European Edition. London: Pearson.
Ibrahim, A. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pengguna Aplikasi Mytelkomsel. Building Of Informatics, Technology And Science (Bits), 310.
Ihsan, M. I. (2019). Pengaruh Kualitas Website Pada Keputusan Pembelian Pada Situs Shopee Menggunakan Metode Webqual4.0. 10-20.
J, B. D. (2021). E-Commerce dengan pengunjung terbesar pada kuartal IV . Katadata.co.id, 10.
Keller, K. d. (2016). manajemen pemasaran.jakarta: erlanga.
Malhotra, N. K. (2006). Marketing Research An Applied Orientation.United State of America: Prestice Hall.
Saputra, R. A. (2019). Pengaruh Sales Promotion, Kualitas Produk, Nrand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Dbl Store. 70-73.
Simbolon, I. V. (2021). Pengaruh Shopee-Food terhadap minat beli pengguna Shopee. jurnal.unai.edu, 11.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta, CV.
Suwondo, S. d. (2017). FadliIrawanMarjan. Analisis Pengaruh E-Kepuasan Pelanggan Terhadap E-Loyalitas Pelanggan Kai Access Berdasarkan E-Servqual pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop IV Semarang, 357.
Tjiptono, F. P. (2017). Service, quality, dan satisfaction. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Ulum, F. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Website Start-Up Kaosyay. Jurnal TEKNO KOMPAK, Vol. 12, No. 2, 2018, 68-72. ISSN 1412-9663, 72.
Vania, I. (2021). Pengaruh Promo Shopeefood Terhadap Minat Beli . Remista Simbolon², 56.
Wahyuni, R. S. (2021). Pengaruh Sales Promotion, Hedomic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Jimmba, 150-153.
Wibowo, M. A. (2018). Pengaruh Presepsi Manfaat, Tarif Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Produk E-Money (Studi Kasus Pada Pengguna Layanan Go-Pay Di Kota Jakarta. 9.
Copyright (c) 2022 Farras Rana Febriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

