PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID DENGAN APLIKASI KODULAR PADA MOBILE LEARNING MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI BDP SMK

  • Abdul Aziz Prianbogo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui dampak, kefektifan, dan kelayakan penggunaan produk modul elektronik yang sedang dikembangkan. Metode penelitian atau riset yang digunakan adalah jenis penenelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian ini menggunakan model studi 4-D dari Thiagarajan, Sammel, dan Semmel in (Sivasailam, 1974). Model tersebut terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define, Design, Develop dan Desseminate (Lestari, 2018). Namun, hanya sampai tahap pengembangan, tidak sampai Desseminate. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Skor presentasi diperoleh dengan menghitung skor berdasarkan skala Likert dan tes N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi materi mendapat skor 100% dengan kriteria “sangat layak”, validasi bahasa mendapat skor 82% dengan kriteria “sangat layak”, validasi media mendapat skor 87% dengan kriteria “sangat layak” secara keseluruhan validasi ahli mendapat skor 89,90%. Uji N-Gain Score mendapat nilai rata-rata “0,79” dengan kriteria “tinggi”. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-Module Penataan Produk dapat dikatakan “sangat layak” sebagai media belajar siswa dalam mata pelajaran Penataan Prouk KD 3.2

Published
2022-06-05
How to Cite
Prianbogo, A. (2022). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID DENGAN APLIKASI KODULAR PADA MOBILE LEARNING MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI BDP SMK. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1669-1678. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/45831
Section
Article
Abstract View: 94
PDF Download: 103