PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID DENGAN APLIKASI KODULAR PADA MOBILE LEARNING MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI BDP SMK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui dampak, kefektifan, dan kelayakan penggunaan produk modul elektronik yang sedang dikembangkan. Metode penelitian atau riset yang digunakan adalah jenis penenelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian ini menggunakan model studi 4-D dari Thiagarajan, Sammel, dan Semmel in (Sivasailam, 1974). Model tersebut terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define, Design, Develop dan Desseminate (Lestari, 2018). Namun, hanya sampai tahap pengembangan, tidak sampai Desseminate. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Skor presentasi diperoleh dengan menghitung skor berdasarkan skala Likert dan tes N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi materi mendapat skor 100% dengan kriteria “sangat layak”, validasi bahasa mendapat skor 82% dengan kriteria “sangat layak”, validasi media mendapat skor 87% dengan kriteria “sangat layak” secara keseluruhan validasi ahli mendapat skor 89,90%. Uji N-Gain Score mendapat nilai rata-rata “0,79” dengan kriteria “tinggi”. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-Module Penataan Produk dapat dikatakan “sangat layak” sebagai media belajar siswa dalam mata pelajaran Penataan Prouk KD 3.2


Copyright (c) 2022 Abdul Aziz Prianbogo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.