PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID DENGAN APLIKASI KODULAR PADA MOBILE LEARNING MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI BDP SMK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui dampak, kefektifan, dan kelayakan penggunaan produk modul elektronik yang sedang dikembangkan. Metode penelitian atau riset yang digunakan adalah jenis penenelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian ini menggunakan model studi 4-D dari Thiagarajan, Sammel, dan Semmel in (Sivasailam, 1974). Model tersebut terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define, Design, Develop dan Desseminate (Lestari, 2018). Namun, hanya sampai tahap pengembangan, tidak sampai Desseminate. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Skor presentasi diperoleh dengan menghitung skor berdasarkan skala Likert dan tes N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi materi mendapat skor 100% dengan kriteria “sangat layak”, validasi bahasa mendapat skor 82% dengan kriteria “sangat layak”, validasi media mendapat skor 87% dengan kriteria “sangat layak” secara keseluruhan validasi ahli mendapat skor 89,90%. Uji N-Gain Score mendapat nilai rata-rata “0,79” dengan kriteria “tinggi”. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-Module Penataan Produk dapat dikatakan “sangat layak” sebagai media belajar siswa dalam mata pelajaran Penataan Prouk KD 3.2
Kata Kunci: e-module; metode pengembangan 4D; penataan produk
References
Asfar, A. M. I. T., & Asfar, A. M. I. A. (2020). Landasan Pendidikan: Hakikat Dan Tujuan Pendidikan (Implications Of Philosophical Views Of People In Education ). Method, 1(January), 1–16. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.22158.10566
Cholild, Nur; Ambarwati, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Kodular Materi Zakat Mata Pelajaran Fikih untuk Meningkatkan Motivasi Di Madrasah Ibtidaiyah. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 8, 2013–2015. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/9530
1678
Daryono, R. W. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PENGGUNAAN TOTAL STATION UNTUK PENGUKURAN STAKE OUT LENGKUNGAN JALAN PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM GEOMATIKA II DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNY. Eprints Uny, 1974, 5–24. https://eprints.uny.ac.id/63859/
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Developing Interactive Chemistry E-Modul For The Second Grade Students of SeniorHigh School. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1), 16. https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Lestari, N. (2018). Prosedural Mengadopsi Model 4D dari Thiagarajan suatu Studi Pengembangan LKM Bioteknologi Menggunakan Model PBL bai Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Teknologi FST Undana, 12(2), 18–23.
Naciri, A., Baba, M.A., Achbani, A., & Kharbach, A. (2020). Mobile Learning in Higher Education: Unavoidable Alternative during COVID-19. Aquademia, 4(1), ep20016. https://doi.org/10.29333/aquademia/8227
Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Rusniati, & Fariany, G. R. (2017). Analisis Pengaruh Display Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Pembelian Pakaian Jadi Secara Impulsif Di Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional ASBIS, 446–458.
Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1012
Sivasailam, T. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Susilowati, I. (2018). IMPLEMENTASI MEDIA PUZZLE DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENCAK SILAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR BUDI MULIA DUA SEDAYU. Eprints Uny, 75383.
Suwandi, E., Imansyah, F. H., & Dasril, H. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. Jurnal Teknik Elektro, 11.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wiro’i, M., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan mobile learning berbasis android pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2092–2104.
Yusuf, M. H. (2019). POKOKNYA ADMINISTRASI PENDIDIKAN. In Journal of Chemical Information and Modeling(Vol. 53, Issue9).
Copyright (c) 2022 Abdul Aziz Prianbogo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

