PENGARUH SALES PROMOTION DAN ONLINE CUSTOMER EXPERIENCES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF FEB UNESA)

  • Handayani Rahayu Ningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Septyan Budy Cahya Universitas Negeri Surabaya
Keywords: sales promotion; online customer experiences; keputusan pembelian

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menjelaskan pengaruh sales promotion dan online customer experiences terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee khususnya bagi mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis dari Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan pengguna e-commerce Shopee sebagai populasi. Pada PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) Januari tahun 2022, bahwa mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang telah diperoleh sebanyak 2.279 mahasiswa yang menjadi populasi pada penelitian, rumus Slovin sebagai dasar pengambilan sampel menjadi 96 mahasiswa menggunakan teknik purposive sampling, dan pengambilan data dengan cara menyebar kuesioner dengan skala pengukuran likert. Teknik analisis regresi linear berganda digunakan sebagai teknik analisis data. SPSS 25.0 for windows digunakan sebagai media untuk mengolah data. Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa nilai signifikasi dari analisis variabel sales promotion (X1) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada e-commerce Shopee berpengaruh positif, serta nilai signifikasi hasil dari variabel online customer experiences (X2) berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada e-commerce Shopee. Berdasarkan dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa sales promotion dan online customer experiences berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci : sales promotion; online customer experiences; keputusan pembelian

References

Ailudin, M., & Sari, D. (2019). Pengaruh Customer Experience Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pelanggan One Eighty Coffee Bandung)The Influence Of Customer Experience On Re-Purchase Intention (Study On Customer One Eighty Coffee Bandung). E-Proceeding of Managament, 6(1), 1050–1057.

Aliakbari, F., Parvin, N., Heidari, M., & Haghani, F. (2021). Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa. Journal of Education and Technology, 1(1), 24–29.

Astriawati, N. (2016). Penerapan Analisis Regresi Linier Berganda Untuk Menentukan Pengaruh Pelayanan Pendidikan Terhadap Efektifitas Belajar Taruna Di Akademi Maritim Yogyakarta. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, XIV(regresi liner), 22–37. http://jurnal.amy.ac.id/index.php/MIBJ/article/view/90/89

Azmi, M. W., & Patrikha, F. D. (2021). Pengaruh Online Customer Experiences Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening ( Studi Pada Pembelian Elektronik Di Marketplace Shopee ). 10(1).

Baruno, A. D., & Puji Susanto, A. H. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Kepercayaan Konsumen Atas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Smartphone Samsung. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 2(1), 270–286. https://doi.org/10.30741/adv.v2i1.291

Erlangga, H., Nurjaya, N., Sunarsi, D., Mas’adi, M., & Jasmani, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di PT Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 464. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13

Felita, P., & Oktivera, E. (2019). Pengaruh Sales Promotion Shopee Indonesia Terhadap Impulsive Buying Konsumen Studi Kasus: Impulsive Buying pada Mahasiswa STIKS Tarakanita. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 4(2), 159–185.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Gugum Gumilang Wirakanda, A. S. P. (2020). Pengaruh Sales Promotion TerhadapKeputusan Pembelian (Studi Kasus Di Blibli.Com) Program Studi D3 Manajemen Pemasaran Politeknik Pos Indonesia. Bisnis Dan Pemasaran, 10, 1–11.

Julianti, & Aini, Y. (2019). PegaruhOnline Costumer Review Dan Online Costumer Rating Terhadap Keputusaan Pembelian Online Marketplace (Studi Mahasiswa Universitas Pengaraian). Cano Ekonomos, 8(1), 99–106.Kotler. P dan Amstrong. G. (2012). Dasar -Dasar Pemasaran. Indeks.

Kotler. P dan Keller. K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I. Indeks.

Kristen, U., Pelanggan, M., Dan, S., Id, J. D., Kristiawan, A., Kurniawati, K., Gunawan, I., Yo, A. F., Kristen, U., & Bandung, M. (2021). Keywords : online shopping experience, customer purchase decision. 8(2), 479–492.

Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101

Lia Nirawati, Adistya Dwi Pratiwi, A. M. dan E. A. A. (2020). Kepercayaan Konsumen ; Customer experience ; Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Syntax Transformation, 1(9), 624–631.

Mtsweni, E. S., Hörne, T., Poll, J. A. van der, Rosli, M., Tempero, E., Luxton-reilly, A.,
1700
Sukhoo, A., Barnard, A., M. Eloff, M., A. Van Der Poll, J., Motah, M., Boyatzis, R. E., Kusumasari, T. F., Trilaksono, B. R., Nur Aisha, A., Fitria, -, Moustroufas, E., Stamelos, I., Angelis, L., ... Khan, A. I. (2020). Engineering, Construction and Architectural Management, 25(1), 1–9. http://dx.doi.org/10.1016/j.jss.2014.12.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.03.034%0Ahttps://www.iiste.org/Journals/index.php/JPID/article/viewFile/19288/19711%0Ahttp://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.678.6911&rep=rep1&type=pdf

Sari, P. E. (2021). Pengaruh Sales Promotion Dan Online Review Terhadap Repurchase Intention Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Pengguna Aplikasi Belanja Online Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7591

Schmitt, B., & Zarantonello, L. (2013). Consumer Experience and Experiential Marketing: A Critical Review. In N. K. Malhotra (Ed.), Review of Marketing Research(Vol. 10, pp. 25–61). Emerald Group Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/S1548-6435(2013)0000010006

Sihotang, Y. E., & Hidayat, A. M. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh Sale Promotion dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Shopee Abstrak. 5(2), 63–70. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.456

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Published
2022-08-24
How to Cite
Ningsih, H., & Cahya, S. (2022). PENGARUH SALES PROMOTION DAN ONLINE CUSTOMER EXPERIENCES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF FEB UNESA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(2), 1689-1700. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1689-1700
Section
Article
Abstract Views: 708
PDF Downloads: 864