PENGARUH SALES PROMOTION DAN ONLINE CUSTOMER EXPERIENCES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF FEB UNESA)

Authors

  • Handayani Rahayu Ningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Septyan Budy Cahya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1689-1700

Keywords:

sales promotion; online customer experiences; keputusan pembelian

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menjelaskan pengaruh sales promotion dan online customer experiences terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee khususnya bagi mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis dari Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan pengguna e-commerce Shopee sebagai populasi. Pada PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) Januari tahun 2022, bahwa mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang telah diperoleh sebanyak 2.279 mahasiswa yang menjadi populasi pada penelitian, rumus Slovin sebagai dasar pengambilan sampel menjadi 96 mahasiswa menggunakan teknik purposive sampling, dan pengambilan data dengan cara menyebar kuesioner dengan skala pengukuran likert. Teknik analisis regresi linear berganda digunakan sebagai teknik analisis data. SPSS 25.0 for windows digunakan sebagai media untuk mengolah data. Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa nilai signifikasi dari analisis variabel sales promotion (X1) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada e-commerce Shopee berpengaruh positif, serta nilai signifikasi hasil dari variabel online customer experiences (X2) berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada e-commerce Shopee. Berdasarkan dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa sales promotion dan online customer experiences berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci : sales promotion; online customer experiences; keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-24

How to Cite

Ningsih, H. R., & Cahya, S. B. (2022). PENGARUH SALES PROMOTION DAN ONLINE CUSTOMER EXPERIENCES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF FEB UNESA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(2), 1689–1700. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1689-1700

Issue

Section

Article
Abstract views: 801 , PDF Downloads: 971