PENGARUH SALES PROMOTION DAN ONLINE CUSTOMER EXPERIENCES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF FEB UNESA)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menjelaskan pengaruh sales promotion dan online customer experiences terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee khususnya bagi mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis dari Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan pengguna e-commerce Shopee sebagai populasi. Pada PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) Januari tahun 2022, bahwa mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang telah diperoleh sebanyak 2.279 mahasiswa yang menjadi populasi pada penelitian, rumus Slovin sebagai dasar pengambilan sampel menjadi 96 mahasiswa menggunakan teknik purposive sampling, dan pengambilan data dengan cara menyebar kuesioner dengan skala pengukuran likert. Teknik analisis regresi linear berganda digunakan sebagai teknik analisis data. SPSS 25.0 for windows digunakan sebagai media untuk mengolah data. Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa nilai signifikasi dari analisis variabel sales promotion (X1) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada e-commerce Shopee berpengaruh positif, serta nilai signifikasi hasil dari variabel online customer experiences (X2) berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada e-commerce Shopee. Berdasarkan dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa sales promotion dan online customer experiences berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci : sales promotion; online customer experiences; keputusan pembelian
References
Aliakbari, F., Parvin, N., Heidari, M., & Haghani, F. (2021). Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa. Journal of Education and Technology, 1(1), 24–29.
Astriawati, N. (2016). Penerapan Analisis Regresi Linier Berganda Untuk Menentukan Pengaruh Pelayanan Pendidikan Terhadap Efektifitas Belajar Taruna Di Akademi Maritim Yogyakarta. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, XIV(regresi liner), 22–37. http://jurnal.amy.ac.id/index.php/MIBJ/article/view/90/89
Azmi, M. W., & Patrikha, F. D. (2021). Pengaruh Online Customer Experiences Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening ( Studi Pada Pembelian Elektronik Di Marketplace Shopee ). 10(1).
Baruno, A. D., & Puji Susanto, A. H. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Kepercayaan Konsumen Atas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Smartphone Samsung. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 2(1), 270–286. https://doi.org/10.30741/adv.v2i1.291
Erlangga, H., Nurjaya, N., Sunarsi, D., Mas’adi, M., & Jasmani, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di PT Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 464. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13
Felita, P., & Oktivera, E. (2019). Pengaruh Sales Promotion Shopee Indonesia Terhadap Impulsive Buying Konsumen Studi Kasus: Impulsive Buying pada Mahasiswa STIKS Tarakanita. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 4(2), 159–185.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.
Gugum Gumilang Wirakanda, A. S. P. (2020). Pengaruh Sales Promotion TerhadapKeputusan Pembelian (Studi Kasus Di Blibli.Com) Program Studi D3 Manajemen Pemasaran Politeknik Pos Indonesia. Bisnis Dan Pemasaran, 10, 1–11.
Julianti, & Aini, Y. (2019). PegaruhOnline Costumer Review Dan Online Costumer Rating Terhadap Keputusaan Pembelian Online Marketplace (Studi Mahasiswa Universitas Pengaraian). Cano Ekonomos, 8(1), 99–106.Kotler. P dan Amstrong. G. (2012). Dasar -Dasar Pemasaran. Indeks.
Kotler. P dan Keller. K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I. Indeks.
Kristen, U., Pelanggan, M., Dan, S., Id, J. D., Kristiawan, A., Kurniawati, K., Gunawan, I., Yo, A. F., Kristen, U., & Bandung, M. (2021). Keywords : online shopping experience, customer purchase decision. 8(2), 479–492.
Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101
Lia Nirawati, Adistya Dwi Pratiwi, A. M. dan E. A. A. (2020). Kepercayaan Konsumen ; Customer experience ; Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Syntax Transformation, 1(9), 624–631.
Mtsweni, E. S., Hörne, T., Poll, J. A. van der, Rosli, M., Tempero, E., Luxton-reilly, A.,
1700
Sukhoo, A., Barnard, A., M. Eloff, M., A. Van Der Poll, J., Motah, M., Boyatzis, R. E., Kusumasari, T. F., Trilaksono, B. R., Nur Aisha, A., Fitria, -, Moustroufas, E., Stamelos, I., Angelis, L., ... Khan, A. I. (2020). Engineering, Construction and Architectural Management, 25(1), 1–9. http://dx.doi.org/10.1016/j.jss.2014.12.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.03.034%0Ahttps://www.iiste.org/Journals/index.php/JPID/article/viewFile/19288/19711%0Ahttp://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.678.6911&rep=rep1&type=pdf
Sari, P. E. (2021). Pengaruh Sales Promotion Dan Online Review Terhadap Repurchase Intention Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Pengguna Aplikasi Belanja Online Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7591
Schmitt, B., & Zarantonello, L. (2013). Consumer Experience and Experiential Marketing: A Critical Review. In N. K. Malhotra (Ed.), Review of Marketing Research(Vol. 10, pp. 25–61). Emerald Group Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/S1548-6435(2013)0000010006
Sihotang, Y. E., & Hidayat, A. M. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh Sale Promotion dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Shopee Abstrak. 5(2), 63–70. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.456
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Copyright (c) 2022 Handayani Rahayu Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

