PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI SURABAYA (STUDI PADA WISATAWAN YANG PERNAH MENGUNJUNGI WISATA SEJARAH SURABAYA)
Abstract
Perkembangan tekonologi informasi saat ini berkembang sangat pesat sehingga mempermudah untuk mengakses internet. Dengan adanya perkembangan teknologi, pemasaran saat inipun berkembang menjadi pemasaran digital, yaitu dengan menggunakan media sosial untuk melakukan promosi, baik promosi produk maupun jasa pariwisata. Salah satu cara adalah dengan menciptakan pertukaran informasi electronic word of mouth antara para pengunjung wisata dengan menggunakan media sosial. Pertukaran informasi electronic word of mouth dipercaya bisa menimbulkan keinginan dan minat untuk mengunjungi sebuah destinasi wisata. Tujuan penelitian yakni mengetahui dampak electronic word of mouth pada media sosial terhadap minat untuk pergi dan keputusan untuk pergi ke wisata sejarah Surabaya. Penelitian ini dilakukan di beberapa tempat wisata sejarah di Surabaya. Wisatawan domestik Surabaya menjadi populasi penelitian dan jumlahsampel yang dipakai sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik Non probability sampling sebagai Teknik pengambilan sampel. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan angket. Software SPSS 25 dengan Teknik analisis path digunakan untuk menganalisis data. Penelitian menghasilkan bahwa Electronic word of mouthmempunyai pengaruh signifikan pada minat dan keputusan berkunjung, minat mempunyai pengaruh signifikan pada keputusan berkunjung akan tetapi tidak dapat memediasi Electronic word of mouthpada keputusan berkunjung. Artinya Electronic word of mouthadalah variable yang penting.
Kata kunci: electronic word of mouth; keputusan berkunjung; media sosial; minat berkunjung; pemasaran
References
1688
Aprilia, F. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Tempat Wisata “Jawa Timur Park 2” Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 24(1).
BPS Kota Surabaya. (2019). Jumlah Kunjungan Wisatawan Nusantara Ke Surabaya Tahun 2015-2019. Diambil 1 Juli 2020, dari https://bpskotasurabaya
Cahyani, W., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Sales Promotion Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Melalui Aplikasi Tix Id (Studi pada Pengguna Aplikasi TIX ID di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1055–1061.
Fitroh, S. K. A., Hamid, D., & Hakim, L. (2017). Pengaruh Atraksi Wisata dan Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Wisata Alam Kawah Ijen). Jurnal Administrasi Bisnis, 42(2), 18–25.
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/dir.10073
Humaira, A., & Wibowo, L. A. (2016). Analisis Faktor Elektronik Word Of Mouth (EWOM) Dalam Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan. THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 6(2), 1049–1060.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.
Mustikasari, A., & Widaningsih, S. (2016). Pengaruh Electronic Word F Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Tempat Wisata Di Kota Bandung. Jurnal manajemen indonesia, 16(2), 95–103.
Riskyady, Y., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pertandingan Sepak Bola Persebaya Pada Loket.Com. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1181–1187. Diambil dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36108
Sari, F., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung (Studi pada wisata coban Rais BKPH Pujon). Jurnal Administrasi Bisnis, 54(1).
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Ewom Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram Indtaverl Yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata Di Indonesia).Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 1–10.
Widyanto, A., Sunarti, S., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh E-WOM di Instagram terhadap Minat Berkunjung dan Dampaknya pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Hawai Waterpark Malang). Jurnal AdministrasiBisnis, 45(1), 94–101
Copyright (c) 2022 JPTN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

