PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI SURABAYA (STUDI PADA WISATAWAN YANG PERNAH MENGUNJUNGI WISATA SEJARAH SURABAYA)

  • Ima Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Raya Sulistyowati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perkembangan tekonologi informasi saat ini berkembang sangat pesat sehingga mempermudah untuk mengakses internet. Dengan adanya perkembangan teknologi, pemasaran saat inipun berkembang menjadi pemasaran digital, yaitu dengan menggunakan media sosial untuk melakukan promosi, baik promosi produk maupun jasa pariwisata. Salah satu cara adalah dengan menciptakan pertukaran informasi electronic word of mouth antara para pengunjung wisata dengan menggunakan media sosial. Pertukaran informasi electronic word of mouth dipercaya bisa menimbulkan keinginan dan minat untuk mengunjungi sebuah destinasi wisata. Tujuan penelitian yakni mengetahui dampak electronic word of mouth pada media sosial terhadap minat untuk pergi dan keputusan untuk pergi ke wisata sejarah Surabaya. Penelitian ini dilakukan di beberapa tempat wisata sejarah di Surabaya. Wisatawan domestik Surabaya menjadi populasi penelitian dan jumlahsampel yang dipakai sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik Non probability sampling sebagai Teknik pengambilan sampel. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan angket. Software SPSS 25 dengan Teknik analisis path digunakan untuk menganalisis data. Penelitian menghasilkan bahwa Electronic word of mouthmempunyai pengaruh signifikan pada minat dan keputusan berkunjung, minat mempunyai pengaruh signifikan pada keputusan berkunjung akan tetapi tidak dapat memediasi Electronic word of mouthpada keputusan berkunjung. Artinya Electronic word of mouth adalah variable yang penting.

References

APJII. (2019). Penggunaan Internet di Indonesia. Diambil 1 November 2020, dari https://apjji.2019
1688

Aprilia, F. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Tempat Wisata “Jawa Timur Park 2” Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 24(1).

BPS Kota Surabaya. (2019). Jumlah Kunjungan Wisatawan Nusantara Ke Surabaya Tahun 2015-2019. Diambil 1 Juli 2020, dari https://bpskotasurabaya

Cahyani, W., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Sales Promotion Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Melalui Aplikasi Tix Id (Studi pada Pengguna Aplikasi TIX ID di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1055–1061.

Fitroh, S. K. A., Hamid, D., & Hakim, L. (2017). Pengaruh Atraksi Wisata dan Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Wisata Alam Kawah Ijen). Jurnal Administrasi Bisnis, 42(2), 18–25.

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/dir.10073

Humaira, A., & Wibowo, L. A. (2016). Analisis Faktor Elektronik Word Of Mouth (EWOM) Dalam Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan. THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 6(2), 1049–1060.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Mustikasari, A., & Widaningsih, S. (2016). Pengaruh Electronic Word F Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Tempat Wisata Di Kota Bandung. Jurnal manajemen indonesia, 16(2), 95–103.

Riskyady, Y., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pertandingan Sepak Bola Persebaya Pada Loket.Com. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1181–1187. Diambil dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36108

Sari, F., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung (Studi pada wisata coban Rais BKPH Pujon). Jurnal Administrasi Bisnis, 54(1).

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Ewom Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram Indtaverl Yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata Di Indonesia).Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 1–10.

Widyanto, A., Sunarti, S., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh E-WOM di Instagram terhadap Minat Berkunjung dan Dampaknya pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Hawai Waterpark Malang). Jurnal AdministrasiBisnis, 45(1), 94–101
Published
2022-08-17
How to Cite
Khotimah, I., & Sulistyowati, R. (2022). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI SURABAYA (STUDI PADA WISATAWAN YANG PERNAH MENGUNJUNGI WISATA SEJARAH SURABAYA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(2), 1679-1688. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1679-1688
Section
Article
Abstract Views: 1101
PDF Downloads: 848