PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI SURABAYA (STUDI PADA WISATAWAN YANG PERNAH MENGUNJUNGI WISATA SEJARAH SURABAYA)

Authors

  • Ima Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Raya Sulistyowati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1679-1688

Keywords:

Electronic word of mouth;Keputusan berkunjung; Media sosial; Minat berkunjung; Pemasaran; Teknologi informasi

Abstract

Perkembangan tekonologi informasi saat ini berkembang sangat pesat sehingga mempermudah untuk mengakses internet. Dengan adanya perkembangan teknologi, pemasaran saat inipun berkembang menjadi pemasaran digital, yaitu dengan menggunakan media sosial untuk melakukan promosi, baik promosi produk maupun jasa pariwisata. Salah satu cara adalah dengan menciptakan pertukaran informasi electronic word of mouth antara para pengunjung wisata dengan menggunakan media sosial. Pertukaran informasi electronic word of mouth dipercaya bisa menimbulkan keinginan dan minat untuk mengunjungi sebuah destinasi wisata. Tujuan penelitian yakni mengetahui dampak electronic word of mouth pada media sosial terhadap minat untuk pergi dan keputusan untuk pergi ke wisata sejarah Surabaya. Penelitian ini dilakukan di beberapa tempat wisata sejarah di Surabaya. Wisatawan domestik Surabaya menjadi populasi penelitian dan jumlahsampel yang dipakai sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik Non probability sampling sebagai Teknik pengambilan sampel. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan angket. Software SPSS 25 dengan Teknik analisis path digunakan untuk menganalisis data. Penelitian menghasilkan bahwa Electronic word of mouthmempunyai pengaruh signifikan pada minat dan keputusan berkunjung, minat mempunyai pengaruh signifikan pada keputusan berkunjung akan tetapi tidak dapat memediasi Electronic word of mouthpada keputusan berkunjung. Artinya Electronic word of mouth adalah variable yang penting.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-17

How to Cite

Khotimah, I., & Sulistyowati, R. (2022). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI SURABAYA (STUDI PADA WISATAWAN YANG PERNAH MENGUNJUNGI WISATA SEJARAH SURABAYA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(2), 1679–1688. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1679-1688

Issue

Section

Article
Abstract views: 1305 , PDF Downloads: 1022