PENGARUH PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PROGRAM KELAS ALFAMIDI DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII BIDANG KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK PGRI 13 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh praktek kerja industri program kelas alfamidi dan self efficacy terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII BDPM SMK PGRI 1 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan teknik nonprobability dengan sampling jenuh dengan jumlah sampel ada 30 responden. Seluruh responden adalah siswa kelas XII yang mengikuti program kelas alfamidi. Penelitian ini dilakukan menggunakan penyebaran kuisioner manual pada siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PRAKERIN tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja, dan self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja secara parsial. Secara simultan PRAKERIN dan Self Efficacy berpengaruh secara signifikan dengan kesiapan kerja. Prakerin dan self efficacy mempunyai kontribusi sebesar 46,4% terhadap kesiapan kerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesiapan kerja terhadap kelas 12 maka dibutuhkan self efficacy atau keyakinan akan kemampuan yang di miliki siswa. Salah satunya yaitu meyakini bahwa siswa dapat melakukan tindakan yang diperlukan untuk mencapai target sehingga hal ini dapat memotivasi siswa untuk siap menghadapi dunia kerja.
Kata kunci: kesiapan kerja ; praktek kerja industri ;
self efficacyReferences
Ambarwati, N., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2020). Motivasi Kerja dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 831–843. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42409
Ambarwati, N., & Rusdarti. (2020). Pengaruh
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Volume 10 No 1 Tahun 2022P-ISSN 2337-6078E-ISSN 2723-39011709Praktik Kerja Industri (Prakerin), Motivasi Kerja dan Self-Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 831–843. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42409
Dr.Muh. Dahlan Thalib, M. . (2019). Membangun Motivasi Belajar Dengan Pendekatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual(D. Tanwir (ed.)). IAIN Parepare Nusantara Press.
Eliyani, C., Yanto, H., & Sunarto. (2016). Determinan Kesiapan Kerja Siswa SMK Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di Kota Semarang. Journal of Economic Education, 5(1), 22–30.
Fajriah, U. N., & Ketut Sudarma. (2017). Pengaruh praktik kerja industri, motivasi memasuki dunia kerja, dan bimbingan karir pada kesiapan kerja siswa. Economic Education Analysis Journal,6(2), 421–432.
Juliasti. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dan Prestasi Belajar Akuntansi Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Akuntansi SMK NEGERI 1 Makasar. Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Makassar, 3, 473–482. https://doi.org/10.7868/s0026898417020173
Moh Rijal Luthfi, M., & Pramusinto, H. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Efikasi Diri, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 789–802. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42111
Nur, Y. (2021). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 28 Bulukumba. 117.
Permatasari, I. (2015). Pengaruh Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) Terhadap Kesiapan Kerja (Studi Pada Siswa Kelas XII Program Akuntansi di SMK NASIONAL Pati Tahun Ajaran 2014/2015ן. Journal of Geotechnical and Geoenvironmental Engineering ASCE, 120(11), 259.
Purnama, N., & Suryani, N. (2019). Pengaruh prakerin (pratik kerja industri), bimbingan karir, dan informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 50229. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Stevani, & Yulhendri. (2014). Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin), Keterampilan Siswa dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Administrasi Perkantoran SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 1(1), 53–61.
Suhartana, R. A. (2016). Pelaksanaan Pratek Kerja Industri Dalam Pendidikan Sistem Ganda Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2. Universitas Negeri Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan, 1–30.
Copyright (c) 2022 Widantining Tyas Wilujeng Ardana Neswari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

