PENGARUH PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PROGRAM KELAS ALFAMIDI DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII BIDANG KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK PGRI 13 SURABAYA

  • Widantining Tyas Wilujeng Ardana Neswari Universitas Negeri Surabaya
  • Renny Dwijayanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh praktek kerja industri program kelas alfamidi dan self efficacy terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII BDPM SMK PGRI 1 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan teknik nonprobability dengan sampling jenuh dengan jumlah sampel ada 30 responden. Seluruh responden adalah siswa kelas XII yang mengikuti program kelas alfamidi. Penelitian ini dilakukan menggunakan penyebaran kuisioner manual pada siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PRAKERIN tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja, dan self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja secara parsial. Secara simultan PRAKERIN dan Self Efficacy berpengaruh secara signifikan dengan kesiapan kerja. Prakerin dan self efficacy mempunyai kontribusi sebesar  46,4% terhadap kesiapan kerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesiapan kerja terhadap kelas 12 maka dibutuhkan self efficacy atau keyakinan akan kemampuan yang di miliki siswa. Salah satunya yaitu meyakini bahwa siswa dapat melakukan tindakan yang diperlukan untuk mencapai target sehingga hal ini dapat memotivasi siswa untuk siap menghadapi dunia kerja.

Kata kunci: kesiapan kerja ; praktek kerja industri ;

self efficacy

References

Afandi, M., & Syofyan, E. (2020). The Influence of Student Creativity, Learning Independence, Student Personality, Work Experience (Prakerin) and Work World Information on Readiness to Enter theWorkforce on Students. 152, 430–435. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.201126.048

Ambarwati, N., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2020). Motivasi Kerja dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 831–843. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42409

Ambarwati, N., & Rusdarti. (2020). Pengaruh
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Volume 10 No 1 Tahun 2022P-ISSN 2337-6078E-ISSN 2723-39011709Praktik Kerja Industri (Prakerin), Motivasi Kerja dan Self-Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 831–843. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42409

Dr.Muh. Dahlan Thalib, M. . (2019). Membangun Motivasi Belajar Dengan Pendekatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual(D. Tanwir (ed.)). IAIN Parepare Nusantara Press.

Eliyani, C., Yanto, H., & Sunarto. (2016). Determinan Kesiapan Kerja Siswa SMK Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di Kota Semarang. Journal of Economic Education, 5(1), 22–30.

Fajriah, U. N., & Ketut Sudarma. (2017). Pengaruh praktik kerja industri, motivasi memasuki dunia kerja, dan bimbingan karir pada kesiapan kerja siswa. Economic Education Analysis Journal,6(2), 421–432.

Juliasti. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dan Prestasi Belajar Akuntansi Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Akuntansi SMK NEGERI 1 Makasar. Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Makassar, 3, 473–482. https://doi.org/10.7868/s0026898417020173

Moh Rijal Luthfi, M., & Pramusinto, H. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Efikasi Diri, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 789–802. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42111

Nur, Y. (2021). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 28 Bulukumba. 117.

Permatasari, I. (2015). Pengaruh Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) Terhadap Kesiapan Kerja (Studi Pada Siswa Kelas XII Program Akuntansi di SMK NASIONAL Pati Tahun Ajaran 2014/2015ן. Journal of Geotechnical and Geoenvironmental Engineering ASCE, 120(11), 259.

Purnama, N., & Suryani, N. (2019). Pengaruh prakerin (pratik kerja industri), bimbingan karir, dan informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 50229. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Stevani, & Yulhendri. (2014). Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin), Keterampilan Siswa dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Administrasi Perkantoran SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 1(1), 53–61.

Suhartana, R. A. (2016). Pelaksanaan Pratek Kerja Industri Dalam Pendidikan Sistem Ganda Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2. Universitas Negeri Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan, 1–30.
Published
2022-07-29
How to Cite
Neswari, W., & Dwijayanti, R. (2022). PENGARUH PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PROGRAM KELAS ALFAMIDI DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII BIDANG KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK PGRI 13 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(2), 1701-1709. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1701-1709
Section
Article
Abstract Views: 393
PDF Downloads: 333