ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN JASA OJEK ONLINE HEEHJEK DI KOTA NGANJUK

  • Umi Mukimatur Rohmah Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan penggunaan jasa ojek online “Heehjek” di kota Nganjuk. Teknik observasi dan angket online adalah teknik yang digunakan dalam pengumpulan data. Populasi pada penelitian ini merupakan semua konsumen yang telah menggunakan jasa Transportasi Ojek Online “Heehjek” di Kota Nganjuk lebih dari 1x. Teknik pengumpulan sampel menggunakan rumus slovin.

Skala pengukuran pada penelitian ini menggunakan skala likert dengan skor 4-1. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis faktor dengan KMO (Kaiser-Mayer-Olkin) dibantu dengan software IBM SPSS 25 for window. menghasilkan 24 variabel yang membentuk 5 komponen faktor. Faktor 1,kesesuaian harga dengan kualitas produk. Faktor 2, keputusan waktu. Faktor 3, ketetapan waktu. Faktor 4, kualitas kesesuaian. Faktor 5, keandalan. Faktor utama dan paling mempengaruhi keputusan penggunaan jasa transportasi ojek online “Heehjek” di Kota Nganjuk ini, yakni faktor 1,kesesuaian harga dengan kualitas produk.

Kata kunci : jasa transportasi online; analisis faktor; keputusan menggunakan jasa ojek online

References

Alma. 2008. “Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa.”Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Balqiah, Tengku Ezniand Setyowardhani, Hapsari(2014) “Perilaku Konsumen.”In: Pemahaman Konsep dan Studi Perilaku Konsumen dalam Pengembangan Strategi Pemasaran. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-49. ISBN 979011222X

Basu Swastha& Irawan. 2005“Manajemen Pemasaran Modern.”Liberty,. Yogyakarta.

Cahyani, W., & Raya Sulistyowati. (2021). Pengaruh Sales Promotion dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Melalui Aplikasi TIX ID ( Studi pada Pengguna Aplikasi TIX ID di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1055–1061

Djaslim, Saladin. 2001. “Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksaan dan Pengendalian.”Bandung: Lindakarya

Fandy Tjiptono, 2008.Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi

Kamaluddin, R. 2003. “Ekonomi Transportasi.”Jakarta:Ghalia Indonesia.

Kotler, Keller. (2009). “Manajemen Pemasaran.”Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kotler,Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan3 Cetakan. Jakarta: Rajawali.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid1,. Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. “Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi.”(Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Nabila, L. D., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Dompet Digital Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Franchise Minuman (Studi Pada Konsumen Minuman Chatime Di Lippo Plaza Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1034–1040.

Pertiwi, B. A. S., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Lokal Kerjodalu. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1376–1383. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40332

Riskyady, Y. F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Media Sosial DanHarga terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pertandingan Sepak Bola Persebaya Pada Loket.Com. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1181–1187. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36108

Sari,D.K.2016.“Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi GO-Jek (Studi Kasus Masyarakat yang Tinggal di Kota Bogor). Bogor.”Institut Pertanian Bogor.Skripsi.(https://adoc.pub/queue/analisis-faktor-faktor-yang-memengaruhi-keputusan-penggunaan.html)

Schiffman, Leondan LeslieLazarKanuk. 2008. “Perilaku Konsumen.”Jakarta: PT. Indeks.

Sudarwanto, A. (2013). “Akuntansi Koperasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2013). “Metode Penelitian Kombinasi.”(Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Widyastuti, W., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh E-Service Quality dan Sales Promotion terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Go-Food (Studi pada Pengguna Gojek di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1272–1278.
Published
2022-11-24
How to Cite
Rohmah, U., & Patrikha, F. (2022). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN JASA OJEK ONLINE HEEHJEK DI KOTA NGANJUK. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(2), 1710-1717. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1710-1717
Section
Article
Abstract Views: 210
PDF Downloads: 157