ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN JASA OJEK ONLINE HEEHJEK DI KOTA NGANJUK
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan penggunaan jasa ojek online “Heehjek” di kota Nganjuk. Teknik observasi dan angket online adalah teknik yang digunakan dalam pengumpulan data. Populasi pada penelitian ini merupakan semua konsumen yang telah menggunakan jasa Transportasi Ojek Online “Heehjek” di Kota Nganjuk lebih dari 1x. Teknik pengumpulan sampel menggunakan rumus slovin.
Skala pengukuran pada penelitian ini menggunakan skala likert dengan skor 4-1. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis faktor dengan KMO (Kaiser-Mayer-Olkin) dibantu dengan software IBM SPSS 25 for window. menghasilkan 24 variabel yang membentuk 5 komponen faktor. Faktor 1,kesesuaian harga dengan kualitas produk. Faktor 2, keputusan waktu. Faktor 3, ketetapan waktu. Faktor 4, kualitas kesesuaian. Faktor 5, keandalan. Faktor utama dan paling mempengaruhi keputusan penggunaan jasa transportasi ojek online “Heehjek” di Kota Nganjuk ini, yakni faktor 1,kesesuaian harga dengan kualitas produk.
Kata kunci : jasa transportasi online; analisis faktor; keputusan menggunakan jasa ojek online
References
Balqiah, Tengku Ezniand Setyowardhani, Hapsari(2014) “Perilaku Konsumen.”In: Pemahaman Konsep dan Studi Perilaku Konsumen dalam Pengembangan Strategi Pemasaran. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-49. ISBN 979011222X
Basu Swastha& Irawan. 2005“Manajemen Pemasaran Modern.”Liberty,. Yogyakarta.
Cahyani, W., & Raya Sulistyowati. (2021). Pengaruh Sales Promotion dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Melalui Aplikasi TIX ID ( Studi pada Pengguna Aplikasi TIX ID di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1055–1061
Djaslim, Saladin. 2001. “Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksaan dan Pengendalian.”Bandung: Lindakarya
Fandy Tjiptono, 2008.Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi
Kamaluddin, R. 2003. “Ekonomi Transportasi.”Jakarta:Ghalia Indonesia.
Kotler, Keller. (2009). “Manajemen Pemasaran.”Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler,Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan3 Cetakan. Jakarta: Rajawali.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid1,. Erlangga, Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. “Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi.”(Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
Nabila, L. D., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Dompet Digital Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Franchise Minuman (Studi Pada Konsumen Minuman Chatime Di Lippo Plaza Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1034–1040.
Pertiwi, B. A. S., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Lokal Kerjodalu. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1376–1383. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40332
Riskyady, Y. F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Media Sosial DanHarga terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pertandingan Sepak Bola Persebaya Pada Loket.Com. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1181–1187. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36108
Sari,D.K.2016.“Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi GO-Jek (Studi Kasus Masyarakat yang Tinggal di Kota Bogor). Bogor.”Institut Pertanian Bogor.Skripsi.(https://adoc.pub/queue/analisis-faktor-faktor-yang-memengaruhi-keputusan-penggunaan.html)
Schiffman, Leondan LeslieLazarKanuk. 2008. “Perilaku Konsumen.”Jakarta: PT. Indeks.
Sudarwanto, A. (2013). “Akuntansi Koperasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2013). “Metode Penelitian Kombinasi.”(Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Widyastuti, W., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh E-Service Quality dan Sales Promotion terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Go-Food (Studi pada Pengguna Gojek di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1272–1278.
Copyright (c) 2022 umi mukimatur rohmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

