Pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL), Self-Efficacy dan Internal Locus of Control Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMKN Mojoagung Jombang
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p142-152Kata Kunci:
praktik kerja lapangan, self-efficacy, internal locus of control, kesiapan kerjaAbstrak
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan institusi pendidikan yang secara khusus bertujuan mempersiapkan peserta didik agar siap bekerja. Lulusan SMK diharapkan dapat langsung bekerja setelah lulus karena dianggap telah memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni, Oleh karena itu kesiapan kerja sangat penting dimiliki oleh siswa SMK, karena siswa SMK merupakan salah satu harapan masyarakat untuk menjadi lulusan yang mempunyai kompetensi sesuai dengan bidang keahliannya. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesiapan kerja, salah satu faktor dari luar yaitu praktik kerja lapangan dan faktor dari dalam yaitu self-efficacy dan internal locus of control. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik kerja lapangan, self-efficacy dan internal locus of control terhadap kesiapan kerja siswa SMKN Mojoagung Jombang .Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian melalui penyebaran kuesioner dengan populasi seluruh siswa kelas XI BDP dengan teknik sampling jenuh berjumlah 102 responden. Dengan menggunakan analisis regresi berganda , hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik kerja lapangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, internal locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiaan kerja dan praktik kerja lapangan, self-efficacy dan internal locus of control berpengaruh positif dan signifikan .
Keywords: praktik kerja lapangan , self-efficacy, internal locus of control, kesiapan kerja
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 1577
,
PDF Downloads: 1562
