PENGARUH PERSEPSI WAWASAN WIRAUSAHA DAN MOTIVASI WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA S1 JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Mohammad Afiful Haqiqi Universitas Negeri Surabaya
  • Septyan Budy Cahya
Kata Kunci: Kata Kunci : Persepsi Wawasan Kewirausahaan, Motivasi Wirausaha, Minat Berwirausaha

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi wawasan kewirausahaan dan motivasi wirausaha secara parsial  terhadap  minat berwirausaha mahasiswa dan juga ingin mengetahui pengaruh persepsi wawaan wirausaha dan motivasi wirausaha secara simultan atau berpengaruh secara bersama terhadap minat berwirausaha mahasiswa.Penelitihan ini menggunakan kuantitaif deskriptif. Populasi dalam penellitian ini sebanyak 751 mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dengan menggunakan metode teknik pengambilan sampel menggunakan “Purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin penentuan sampel  dalam penelitian ini sebesar 88 mahasiswa dari Universitas Negeri Surabaya yang terdiri dari Program Studi Pendidikan Ekonomi,Pendidikan Adminstrasi Perkantoran,Pendidikan Akuntasi dan Pendidikan tata Niaga Analisis  yang diggunakan analisis regresi linier berganda. Perhitungan regresi linier berganda pada penelitian ini menggunakan program SPSS 25,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan persepsi wawasan kewirausahaan mempunyai pengaruh terhadap minat wirausasha   persepsi wawasan kewirausahaan dan motivasi wirausaha secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat wirausaha

 

Kata Kunci : Persepsi Wawasan Kewirausahaan, Motivasi Wirausaha, Minat Berwirausaha

Referensi

Ajzen. (2015). Consumer Attitudes and Behavior: “The Theory of Planned Behavior Applied to Food Consumption Decisions”. Rivista di Economia Agraria, Anno LXX, n. 2 ISSN (print): 0035-6190. ISSN (online), 2281-1559.

Albarq, A. d. (2013). “Measuring the Impacts of Online Word-of-Mouth on Tourists Attitude and Intentions to Visit Jordan: An Empirical Study”. International BusinessResearch Vol.7 No.1 , pp. 14-2.

Alghofari, F. (2010). Analisis Tingkat Pengangguran di Indonesia Tahun 1980- 2017. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ardianti, W. d. (2014). Entrepreneurial Motivation Pengusaha Sektor Formal Dan Sektor Informal Di Jawa Timur. AGORA Vol 2, No. 1, 33-71.

Arifin. ( 2017). Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal EduTech. Vol. 3 No. 2 September, 87-98.

Couto, A. &. (2016). Psikologi Persepsi dan Desain Informasi; Sebuah Kajian Psikologi Persepsi dan Prinsip Kognitif untuk Kependidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Franita, R. (2016). Analisa Pengangguran di Indonesia. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 88-93.

Handoko. (2013). Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil, Second Edition. Jakarta: Prehalindo.

Huda, M. E. (2012). Pengaruh temperature pembakaran dan penambahan abu terhadap kualitas batu bata. Jurnal Neutrino, vol.4, 142–152.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi. Offset.

Kaijun. (2015). A Comparative Study of the Indonesia and Chinese Educative Systems Concerning the Dominant Incentives to Entrepreneurial Spirit (desire for a New Venturing) of Business School Students. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 113-117.

Koranti. (2013). Analisis Pengaruh Faktor Eksternal Dan Internal Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal PESAT Vol. 5 No.1, 13-22.

Lindawati. (2014). Kewirausahaan dan pandangan Islam. Menara, Vol 12 No.1 Januari– Juni 2013, 71-102.

Lubis, P. K. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Keterampilan Berwirausaha Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Niagawan, 7(2), 95–101.

Mas’ud, F. (2002). 40 Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Mascarenhas MN, F. S. (2012). National, regional, and global trends in infertility prevalence since 1990: a systematic analysis of 277 health surveys. New York: PLoS Med.

Mulyasa. (2003). Kewirausahaan : Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat.

Sadirman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Shapero, A. &. (2017). Social dimensions of entrepreneurship. New York: Encyclopedia of Entrepreneurship.

Simbolon. (2008 ). Membina Kompetensi Ekonomi. Surabaya: Grafindo Media Pratama.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, Jurnal Manajemen Kewirausahaan.

Susanto. (2009). Reputation Driven Corporate Social Responsibility Pendekatan Startegic Management Dalam CSR. Jakarta: Erlangga.

Team, E. S. (2020). Guidebook Enterpreneurial Student Program, Student Affairs And Alumni. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Thomas W Zimmerer, N. M. (2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba empat.

Venesaar. (2013). Students’ Attitudes and Intentions toward Entrepreneurship at Tallinn University of Technology. New York: TUTWPE Working Papers.

Wijaya, L. d. (2012). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP, 112–119.
Diterbitkan
2023-08-31
Bagian
Article
Abstract Views: 176
PDF Downloads: 178