PENGARUH IKLAN ONLINE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP MINAT PEMBELIAN TAS DI DÉLIWAFA STORE DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA APLIKASI TIKTOK (GENERASI Z DI KOTA SURABAYA)

  • Eky Aminda Yunaz Nur Layly Universitas Negeri Surabaya
  • Veni Rafida Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: EWOM; Harga; Iklan Online; Minat Pembelian

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh iklan online dan Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap minat pembelian tas di Déliwafa Store dengan harga sebagai variabel moderasi pada aplikasi Tiktok generasi Z di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian yaitu generasi z di Kota Surabaya yang mengetahui Déliwafa Store. Sampel dalam penelitian ini jumlahnya tidak diketahui secara pasti (infinite), sehingga menggunakan rumus Lemeshow. Sampel yang digunakan adalah 97 sampel dengan kriteria wanita berusia 18-28 tahun di Kota Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dimana purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel berdasarkan pada sumber data dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan program SPSS versi IBM 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel iklan online (X1) berpengaruh terhadap minat pembelian (Y), variabel EWOM (X2) berpengaruh terhadap minat pembelian (Y), variabel iklan online (X1) dengan harga (Z) tidak dapat dikatakan sebagai variabel moderasi terhadap minat pembelian (Y), variabel EWOM (X2) dengan harga (Z) tidak dapat dikatakan sebagai variabel moderasi terhadap minat pembelian (Y).

 

Referensi

Ambar, L. 2013. “Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran” Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.” Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan 13(2):116–29.

Ambarwati. 2020. “Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Produk Nature Republic” Fakultas Ekonomi Univesitas Muhammadiyah Purworejo.

Andrayeni. 2021. "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Minat Pembelian Ulang di PT. Shabar Tour".
BPS. 2021. “Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020.” 1. Retrieved (https://www.bps.go.id/publication/2021/10/11/e03aca1e6ae93396ee660328/statistik-telekomunikasi-indonesia-2020.html).

Durianto. 2013. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Goyette et al. 2010. E-wom scale: word-of-mouth measurement scale for e- services context. Canadian journal of admministrative sciences/ Revue Canadienne des Sciences de I’Administration,27(1), 5-23

Indahsari, et al. 2023. “The Effect of Online Advertising and Electronic Word of Mouth on Purchase Intention through Brand Image as a Mediating Variable.” South Asian Research Journal of Business and Management 5(1):1–9. doi: 10.36346/sarjbm.2023.v05i01.001.Kotler dan G. Armstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 17. Pearson Education: England

Kotler, P. dan Keller, K. 2009. Manajemen Pemasaran. 13th edn. Erlangga.
Library. 2022. “Tom Liwafa Pebisnis Muda Dengan Segudang Aktivitas Sosial.” 36–37. Retrieved (https://www.uc.ac.id/library/tom-liwafa-pebisnis-muda-dengan-segudang-aktivitas-sosial-harian-disway-3-januari-2022-hal-36-37/).

Pineda, K. 2020. “Generation Create? Gen Z Might Be the Most Creative Generation yet, Poll Says.” Usatoday. Retrieved (https://www.usatoday.com/story/news/nation/2020/08/18/generation-z-may-most-creative-yet-study-says/5589601002/).

Prastyo, et al. 2018. “Pengaruh E-Wom (Electronic Word of Mouth) Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Online Shop.” Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember 1–7.

Rachmadi, T. 2020. The Power Of digital Marketing. hal 55

Wjaya & Yulita, 2022. “Pengaruh Konten Marketing, E-WoM, Dan Citra Merek Di Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Beli Kosmetik Mother of Pearl.” Journal of Business & Applied Management 15(2):133. doi: 10.30813/jbam.v15i2.3772.
Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Article
Abstract Views: 305
PDF Downloads: 368