PENGARUH IKLAN ONLINE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP MINAT PEMBELIAN TAS DI DÉLIWAFA STORE DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA APLIKASI TIKTOK (GENERASI Z DI KOTA SURABAYA)
Abstrak
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh iklan online dan Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap minat pembelian tas di Déliwafa Store dengan harga sebagai variabel moderasi pada aplikasi Tiktok generasi Z di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian yaitu generasi z di Kota Surabaya yang mengetahui Déliwafa Store. Sampel dalam penelitian ini jumlahnya tidak diketahui secara pasti (infinite), sehingga menggunakan rumus Lemeshow. Sampel yang digunakan adalah 97 sampel dengan kriteria wanita berusia 18-28 tahun di Kota Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dimana purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel berdasarkan pada sumber data dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan program SPSS versi IBM 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel iklan online (X1) berpengaruh terhadap minat pembelian (Y), variabel EWOM (X2) berpengaruh terhadap minat pembelian (Y), variabel iklan online (X1) dengan harga (Z) tidak dapat dikatakan sebagai variabel moderasi terhadap minat pembelian (Y), variabel EWOM (X2) dengan harga (Z) tidak dapat dikatakan sebagai variabel moderasi terhadap minat pembelian (Y).
Referensi
Ambarwati. 2020. “Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Produk Nature Republic” Fakultas Ekonomi Univesitas Muhammadiyah Purworejo.
Andrayeni. 2021. "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Minat Pembelian Ulang di PT. Shabar Tour".
BPS. 2021. “Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020.” 1. Retrieved (https://www.bps.go.id/publication/2021/10/11/e03aca1e6ae93396ee660328/statistik-telekomunikasi-indonesia-2020.html).
Durianto. 2013. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Goyette et al. 2010. E-wom scale: word-of-mouth measurement scale for e- services context. Canadian journal of admministrative sciences/ Revue Canadienne des Sciences de I’Administration,27(1), 5-23
Indahsari, et al. 2023. “The Effect of Online Advertising and Electronic Word of Mouth on Purchase Intention through Brand Image as a Mediating Variable.” South Asian Research Journal of Business and Management 5(1):1–9. doi: 10.36346/sarjbm.2023.v05i01.001.Kotler dan G. Armstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 17. Pearson Education: England
Kotler, P. dan Keller, K. 2009. Manajemen Pemasaran. 13th edn. Erlangga.
Library. 2022. “Tom Liwafa Pebisnis Muda Dengan Segudang Aktivitas Sosial.” 36–37. Retrieved (https://www.uc.ac.id/library/tom-liwafa-pebisnis-muda-dengan-segudang-aktivitas-sosial-harian-disway-3-januari-2022-hal-36-37/).
Pineda, K. 2020. “Generation Create? Gen Z Might Be the Most Creative Generation yet, Poll Says.” Usatoday. Retrieved (https://www.usatoday.com/story/news/nation/2020/08/18/generation-z-may-most-creative-yet-study-says/5589601002/).
Prastyo, et al. 2018. “Pengaruh E-Wom (Electronic Word of Mouth) Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Online Shop.” Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember 1–7.
Rachmadi, T. 2020. The Power Of digital Marketing. hal 55
Wjaya & Yulita, 2022. “Pengaruh Konten Marketing, E-WoM, Dan Citra Merek Di Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Beli Kosmetik Mother of Pearl.” Journal of Business & Applied Management 15(2):133. doi: 10.30813/jbam.v15i2.3772.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 368