PENGARUH CONTENT MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI MAFIA GEDANG DI KOTA SURABAYA

  • Resha Adelia Universitas Negeri Surabaya
  • Septyan Budy Cahya Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: Keywords : Content Marketing, Brand Image, dan Minat Beli

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak dari Content Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Mafia Gedang di Kota Surabaya. Metode analisis yang menggunakan perangkat lunak SPSS versi IBM 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara individual terdapat pengaruh positif antara Content Marketing kepada minat beli dengan nilai 3,646 >1,984, serta terdapat pengaruh positif antara Brand Image dan minat beli dengan nilai 3,620>1,984. Selain itu, hasil penelitian juga mengidentfikasikan bahwa secara keseluruhan terdapat pengaruh positif antara Content Marketing, Brand Image, dan minat beli dengan nilai 79,800 > 3,09. Data penelitian dikumpulkan melalui google form dan diukur menggunakan skala likert dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi IBM 25 dan dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif antara Content Marketing dan minat beli, serta terdapat pengaruh positif antara Brand Image dan minat beli. Selain itu, hasil penelitian juga menjelaskan bahwa secara keseluruhan terdapat pengaruh positif antara Content Marketing, Brand Image, dan minat beli.

Keywords : Content Marketing, Brand Image, dan Minat Beli

Referensi

Abdjul, F., D Massie, J. D., Mandagie, Y., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). Pengaruh Content Marketing, Search Engine Optimization Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa FEB UNSRAT Di E-commerce Sociolla The Effect Of Content Marketing, Search Engine Optimization, And Social Media Marketing On Purchase Decisions For FEB UNSRAT Students At E-commerce Sociolla. 10(3), 225–236. www.sociolla.com.

Agustin, R. D., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 22(2), 37–36.

Ambarwati, M., Sunarti, & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 25(1), 86141.http://www.topbrand- award.com/top-brand-award

Akbar, A. F., & Maharani, N. (2018). Prosiding Manajemen Pengaruh Content Marketing terhadap Minat Beli Konsumen pada Jasa Kreatif Yours Bandung Effect of Content Marketing on Buying Interest Consumers at Yours Bandung Creative Services.

Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. 3.

Azaria, P. A., & Utami, N. H. (2022). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Zorlien Led Yang Dimoderasikan Teknologi Internet (Studi Pada Mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta). Jesya, 5(2), 2633–2646. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.863

Basyir, A. (2019). Pengaruh Fashion Lifestyle Dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Beli (Studi Terhadap Konsumen Batik Tulis Madura Al-fath KKG Bangkalan). Jurnal Pendidikan Tata Niaga.

Bisnis Terapan, J., Indika, D. R., & Jovita, C. (n.d.). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen.

Fauzia, A. Z. N., & Sosianika, A. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Perceived Quality, dan Country of Origin Terhadap Minat Beli Produk Skincare Luar Negeri. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 12, 1068–1072.

Fauziah, N., & Mubarok, D. A. A. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli : Studi Pada Produk Kecantikan. Image : Jurnal Riset Manajemen, 8(1), 37–44. https://doi.org/10.17509/image.v8i1.22686

Febriani, Nufan S, & Dewi, W. W. A. (2018). Teori dan Praktis Riset Pemasaran Komunikasi Terpadu. UB Press.

Fure, H. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca . Jurnal EMBA.

Halim, N. R., & Iskandar, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Persaingan Terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415–424. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i3.291

Hendriawan, G., Sarifiyono, A. P., & Foster, B. (2022). Penerapan Green Marketing dan Inovasi Produk untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Sepatu Eco-Friendly Pijakbumi. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 7(2), 32. https://doi.org/10.32503/jmk.v7i2.2446

Hesti Puji Lestari. (2023). Biaya Franchise Mafia Gedang Terbaru Januari 2023, Lengkap dengan Caranya! Bisnis.Com. https://entrepreneur.bisnis.com/read/20230106/263/1615731/biaya-franchise-mafia-gedang-terbaru-januari-2023-lengkap-dengan-caranya

Indarto, A. F., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Brand Image dan Persepsi Kualitas terhadap Minat Beli Iphone di Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(4), 1258–1266. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i4.919

Julianti, N. L., Nuridja, M., & Meitriana, M. A. (2014). Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toserba Nusa Permai di Kecamatan Nusa Penida Tahun 2014. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.

Kusumawati, A., & Tiarawati, M. (2022). Pengaruh Green Perceived Risk dan Green Packaging Terhadap Green Purchase Intention pada Produk Skincare Avoskin (Studi pada Konsumen Terhadap Niat Beli Produk Avoskin). Sibatik Journal, 1(10), 2071–2084. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i10.305

Lestari, A. D., & Syarif, R. (2021). Pengaruh Green Marketing, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Kentucky Fried Chicken: Studi Kasus KFC Buaran Plaza. Jurnal Ikraith Ekonometrika, Vol. 4(No. 3), 290–299.

Lieb, R. (2012). Content Marketing: Think Like a Publisher - How to Use Content to Market Online and in Social Media. USA: Que Publishing

Loisa, J., & Teady S Mulyana, dan D. (n.d.). Dampak Flash Sale Countdown Timer Di Marketplace Online Pada Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Intervening [The Impact Of Flash Sale Countdown Timer in Marketplace Online On Purchase decisions with Buying Intention As Intervening]. Jurnal Digismantech, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.30813/digismantech.v1i1.2616.g2076

Muhammad, A. K. S., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876

Murti, T. K. (2019). Pengaruh Brand Image, Promosi dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 102. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1969

Muzakkii, N., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Instagram Terhadap Minat Beli Di Masa Pandemik Covid-19 (Studi Kasus Pada SARAWA.CO) The Effect Of Instagram Content Marketing On Buying Interest In The Covid-19 Pandemic Period (Case Study On SARAWA.CO).

Oktaviani, D., & Rodhiah. (2021). Pengaruh Green Maketing Mix Terhadap Minat Beli Produk Love Beauty and Planet di Jakarta. 3(February), 6.

Peronika, N., Junaidi, J., & Maryadi, Y. (2020). Pengaruh brand image terhadap minat beli produk kosmetika Wardah di kota Pagar Alam (Studi pada masyarakat pengguna kosmetika Wardah di Kecamatan Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam). Jurnal Ekonomia, 10(1), 83–93. https://www.ejournal.lembahdempo.ac.id/index.php/STI E-JE/article/view/93

Potgieter, L. M., & Naidoo, R. (2017). Factors explaining user loyalty in a social media-based brand community. SA Journal of Information Management, 19(1). https://doi.org/10.4102/sajim.v19i1.744

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526

Puspitasari, P., Tresnati, R., Oktini, D. R., Manajemen, P., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2017). Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei pada Konsumen Thirteenth Shoes Bandung). Prosiding Manajemen, 3(1). http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/5486/pdf

Rachmi Oktora Citra Rahayu, & Hendrati Dwi Mulyaningsih. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Dukungan Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Fashion. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 136–145. https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i2.544

Rahman, T. (2019). Pengaruh Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Caffe Go-Kopi Di Kota Malang). http://etheses.uin-malang.ac.id/15549/1/15510241.pdf

Saraswati, D. A., Chatia, D., Program, H., Komunikasi, S., Sosial, I., Negeri, U., Alamat, Y., Colombo, J., No, Y., & Malang, K. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co dalam Mempertahankan Brand Engagement Digital Content Marketing on the Social Media Instagram Account of Mojok.co in Maintaining Brand Engagement. In Jurnal Biokultur (Vol. 9, Issue 2).

Satria, D. A., & Sidharta, H. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Porkball. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(3), 398–408. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/562

Savitri, C., & Anggela, F. P. (2019). Pengaruh E-promotion Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produ, Di PT. XYZ Program Studi Manajemen FBIS Universitas Buana Perjuangan Karawang.

Septifani, R., Achmadi, F., & Santoso, I. (2014). Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli. Jurnal Manajemen Teknologi, 13(2), 201–218.

Setyobudi, A., & Farida, S. N. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Surabaya. XII(2), 29–36.

Suparni, & Daryanto, T. (2021). Pengaruh Green Marketing, brand awareness, and price terhadap purchase intention Tupperware. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 1–10.

Wilyan, W. A., Said, S., & Najmudin. (2022). Pengaruh Harga dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Safi Skincare Pada Mahasiswa FEB Untirta. Mdp Student Conference (Msc), 239– 244. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/view/174 6/587

Yahya, Y. (2022). Peran Green Marketing, Green Brand Image Terhadap Purchase Intention Dengan Green Trust Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 1(1), 17–38. https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i1.5131

Yanthi, K. P., & Jatra, I. M. (2015). Pengaruh Country Of Origin , Brand Image , Dan Percheived Quality Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Beat Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(11), 3852–3881

Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38

Yunita, P., & Indriyatni, L. (2022). Pengaruh Brand Image , Daya Tarik Iklan , Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow ( Studi Kasus Pada Pelanggan MS Glow Kota Semarang ). Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 279– 287.

Zahra, S. R., & Hardiyanto, N. (2022). Memprediksi Niat Beli Konsumen pada Produk Hijau:dengan Menggunakan TPB dan Kesadaran Lingkungan(Studi Kasus pada Produk Kecantikan Hijau Avoskin). Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 13–14.
Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Article
Abstract Views: 531
PDF Downloads: 694