PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) TERHADAP MINAT MENJADI GURU MELALUI EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FEB UNESA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p34-44Keywords:
Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Efikasi Diri, Minat Menjadi GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap minat mahasiswa untuk berprofesi sebagai guru, dengan efikasi diri sebagai variabel perantara. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (FEB UNESA), dengan jumlah sampel sebanyak 170 orang yang dipilih menggunakan teknik proportionate random sampling. Metode analisis yang digunakan mencakup regresi linier sederhana dan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa PLP tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap minat menjadi guru, PLP memiliki pengaruh signifikan terhadap efikasi diri, efikasi diri juga berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru. Secara tidak langsung, PLP berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru melalui efikasi diri sebagai variabel intervening.
Keywords: PLP; Efikasi Diri; Minat Menjadi Guru.
Downloads
References
Amalianita, B., & Putri, Y. E. (2020). Perspektif Holland Theory serta Aplikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Karir. JRTI: Jurnal Riset Tindakan Indonesia. http://jurnal.iicet.org/index.php/jrti
Baeten, M., Dochy, F., Struyven, K., Parmentier, E., & Vanderbruggen, A. (2016). Student-centred learning environments: an investigation into student teachers’ instructional preferences and approaches to learning. Learning Environments Research, 19(1), 43–62. https://doi.org/10.1007/s10984-015-9190-5
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman and Company.
Citriadin, Y. (2019). Pengantar Pendidikan. CV Sanabil.
Devi, H. R. P., Kurniawan, R. Y., & Majid, M. Z. B. A. (2023). Self-Efficacy, Teaching Practice, and Teacher Readiness: Mediating Role Teacher Interest. International Journal of Emerging Research and Review, 1(3), 000039. https://doi.org/10.56707/ijoerar.v1i3.39
Direktorat, S. (2023). Panduan Pengembangan Bakat dan Minat Melalui Pemilihan Konsentrasi Keahlian dan Ekstrakurikuler. Direktorat SMK. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/Buku_Panduan_Pengembangan_Bakat_&_Minat.pdf
Ekstam, U., Korhonen, J., Linnamäki, K., & P, A. (2017). Teacher Efficacy Beliefs In Mathematics.
Hidayah, S., & Wulandari, R. N. A. (2022). Pengaruh Persepsi Profesi Guru Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(4), 992. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8815
Holland, J. L. (1985). Making Vocational Choices: A Theory Of Vocational Personalities and Work Envronments. Prentice-Hall.
Husein, L. (2017). Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Pustaka Baru Press.
Kumala, L. N., & Patrikha, F. D. (2024a). Pengaruh Lapangan Persekolahan (PLP) Melalui Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya Program Studi Pendidikan Tata Niaga. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Kumala, L. N., & Patrikha, F. D. (2024b). Pengaruh PLP Melalui Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa UNESA Prodi Pendidikan Tata Niaga. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Laurina, S., Nisa, H., & Dwijayanti, R. (2024). Pengaruh Persepsi Praktik PLP Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga 2019 Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 611–622. https://doi.org/10.5281/zenodo.11183148
Lent, R. W., & Brown, S. D. (2019). Social cognitive career theory at 25: Empirical status of the interest, choice, and performance models. Journal of Vocational Behavior, 115(April), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2019.06.004
Maryanti. (2017). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Masrotin, & Wahjudi, E. (2021). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK).
Mujayanti, A., & Latifah, L. (2022). Peran efikasi diri dalam memediasi lingkungan keluarga dan PLP terhadap kesiapan menjadi guru. Measurement In Educational Research (Meter), 2(2), 80. https://doi.org/10.33292/meter.v2i2.185
Nasrullah, M., Ilmawati, & Saleh, S. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran.
Ni’am, M., & Sulistyowati, R. (2024). Retail Learning Through Self Efficacy as An Intervening Variable to Improve Work Readiness of Students. Economic Education Analysis Journal.
Pangestu, M. S., Harini, & Totalia, S. (2024). Pengaruh PLP, Persepsi Profesi Guru, dan Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru Dimoderasi oleh Lingkungan Keluarga pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS. Journal on Education. http://jonedu.org/index.php/joe
Pedoman Akademik Pengenalan Lapangan Persekolahan UNESA. (2024). UNESA.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Pub. L. No. 16 (2007). https://peraturan.bpk.go.id/Details/216104/permendikbud-no-16-tahun-2007
Rahmadiyani, S., Hariani, L. S., & Yudiono, U. (2023). Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. JRPE: Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi.
Riahmatika, I. (2019). Kesiapan Berkarir Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2015 Ditinjau dari Pengaruh Persepsi Kesejahteraan Guru, Figur Guru Panutan, dan Pengalaman Mengajar Melalui Self-Efficacy sebagai Variabel Mediasi.
Rizkia, L., & Samlawi, F. (2024). Self Efficacy; Perceptions of Teacher Profession; Family Environment. Family Background Journal of Finance, Entrepreneurship, and Accounting Education Research, 3(1), 53–66. https://ejournal.upi.edu/index.php/fineteach
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantiatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta. https://anyflip.com/xobw/rfpq/basic
Tifani, S. S., & Wahjudi, E. (2022). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi UNESA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(3), 205–216. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n3.p205-216
Tondang, C., Zainal, A., Nurhayani, U., Thohiri, R., & Silalahi, A. (2024). MINAT MENJADI GURU : PERSEPSI PROFESI GURU DAN PENGALAMAN ( PLP ). Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi, Volume. 12, 93–104.
Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). Pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, Dan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Fe Uny. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17220
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alifia Annisa Faharani, Dwi Yuli Rakhmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

