Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Minat Menjadi Guru Melalui Efikasi Diri Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan FEB UNESA

Penulis

  • Alifia Annisa Faharani Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Yuli Rakhmawati

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p34-44

Kata Kunci:

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Efikasi Diri, Minat Menjadi Guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap minat mahasiswa untuk berprofesi sebagai guru, dengan efikasi diri sebagai variabel perantara. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (FEB UNESA), dengan jumlah sampel sebanyak 170 orang yang dipilih menggunakan teknik proportionate random sampling. Metode analisis yang digunakan mencakup regresi linier sederhana dan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa PLP tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap minat menjadi guru,  PLP memiliki pengaruh signifikan terhadap efikasi diri, efikasi diri juga berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru. Secara tidak langsung, PLP berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru melalui efikasi diri sebagai variabel intervening.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalianita, B., & Putri, Y. E. (2020). Perspektif Holland Theory serta Aplikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Karir. JRTI: Jurnal Riset Tindakan Indonesia. http://jurnal.iicet.org/index.php/jrti

Baeten, M., Dochy, F., Struyven, K., Parmentier, E., & Vanderbruggen, A. (2016). Student-centred learning environments: an investigation into student teachers’ instructional preferences and approaches to learning. Learning Environments Research, 19(1), 43–62. https://doi.org/10.1007/s10984-015-9190-5

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman and Company.

Citriadin, Y. (2019). Pengantar Pendidikan. CV Sanabil.

Devi, H. R. P., Kurniawan, R. Y., & Majid, M. Z. B. A. (2023). Self-Efficacy, Teaching Practice, and Teacher Readiness: Mediating Role Teacher Interest. International Journal of Emerging Research and Review, 1(3), 000039. https://doi.org/10.56707/ijoerar.v1i3.39

Direktorat, S. (2023). Panduan Pengembangan Bakat dan Minat Melalui Pemilihan Konsentrasi Keahlian dan Ekstrakurikuler. Direktorat SMK. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/Buku_Panduan_Pengembangan_Bakat_&_Minat.pdf

Ekstam, U., Korhonen, J., Linnamäki, K., & P, A. (2017). Teacher Efficacy Beliefs In Mathematics.

Hidayah, S., & Wulandari, R. N. A. (2022). Pengaruh Persepsi Profesi Guru Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(4), 992. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8815

Holland, J. L. (1985). Making Vocational Choices: A Theory Of Vocational Personalities and Work Envronments. Prentice-Hall.

Husein, L. (2017). Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Pustaka Baru Press.

Kumala, L. N., & Patrikha, F. D. (2024a). Pengaruh Lapangan Persekolahan (PLP) Melalui Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya Program Studi Pendidikan Tata Niaga. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Kumala, L. N., & Patrikha, F. D. (2024b). Pengaruh PLP Melalui Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa UNESA Prodi Pendidikan Tata Niaga. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Laurina, S., Nisa, H., & Dwijayanti, R. (2024). Pengaruh Persepsi Praktik PLP Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga 2019 Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 611–622. https://doi.org/10.5281/zenodo.11183148

Lent, R. W., & Brown, S. D. (2019). Social cognitive career theory at 25: Empirical status of the interest, choice, and performance models. Journal of Vocational Behavior, 115(April), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2019.06.004

Maryanti. (2017). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Masrotin, & Wahjudi, E. (2021). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK).

Mujayanti, A., & Latifah, L. (2022). Peran efikasi diri dalam memediasi lingkungan keluarga dan PLP terhadap kesiapan menjadi guru. Measurement In Educational Research (Meter), 2(2), 80. https://doi.org/10.33292/meter.v2i2.185

Nasrullah, M., Ilmawati, & Saleh, S. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran.

Ni’am, M., & Sulistyowati, R. (2024). Retail Learning Through Self Efficacy as An Intervening Variable to Improve Work Readiness of Students. Economic Education Analysis Journal.

Pangestu, M. S., Harini, & Totalia, S. (2024). Pengaruh PLP, Persepsi Profesi Guru, dan Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru Dimoderasi oleh Lingkungan Keluarga pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS. Journal on Education. http://jonedu.org/index.php/joe

Pedoman Akademik Pengenalan Lapangan Persekolahan UNESA. (2024). UNESA.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Pub. L. No. 16 (2007). https://peraturan.bpk.go.id/Details/216104/permendikbud-no-16-tahun-2007

Rahmadiyani, S., Hariani, L. S., & Yudiono, U. (2023). Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. JRPE: Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi.

Riahmatika, I. (2019). Kesiapan Berkarir Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2015 Ditinjau dari Pengaruh Persepsi Kesejahteraan Guru, Figur Guru Panutan, dan Pengalaman Mengajar Melalui Self-Efficacy sebagai Variabel Mediasi.

Rizkia, L., & Samlawi, F. (2024). Self Efficacy; Perceptions of Teacher Profession; Family Environment. Family Background Journal of Finance, Entrepreneurship, and Accounting Education Research, 3(1), 53–66. https://ejournal.upi.edu/index.php/fineteach

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantiatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta. https://anyflip.com/xobw/rfpq/basic

Tifani, S. S., & Wahjudi, E. (2022). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi UNESA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(3), 205–216. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n3.p205-216

Tondang, C., Zainal, A., Nurhayani, U., Thohiri, R., & Silalahi, A. (2024). MINAT MENJADI GURU : PERSEPSI PROFESI GURU DAN PENGALAMAN ( PLP ). Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi, Volume. 12, 93–104.

Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). Pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, Dan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Fe Uny. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17220

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Alifia Annisa Faharani, & Dwi Yuli Rakhmawati. (2025). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Minat Menjadi Guru Melalui Efikasi Diri Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan FEB UNESA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 13(1), 34–44. https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p34-44

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 19 , PDF Downloads: 10