PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN AIR MINUM ISI ULANG “ BIRU ” (Studi Kasus Pada Masyarakat Ketintang Surabaya)
Abstract
Dalam lingkungan persaingan global yang semakin ketat dengan masuknya beberapa produk yang inovatif ke pemasaran di satu sisi dan kondisi pasar yang semakin jenuh untuk beberapa produk tertentu di sisi lain, menyebabkan tugas untuk mengelola loyalitas pelanggan menjadi tantangan manajerial yang tidak ringan, kepergian pelanggan merupakan salah satu kadar ukuran yang paling nyata didalam bisnis. Penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Maka populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat ketintang yang membeli air minum isi ulang “BIRU” di ketintang surabaya. Penarikan sampel nonprobabilitas dalam penelitian ini dilakukan dengan cara Sampling Aksidental. Kemudian melalui uji t diketahui bahwa (X1) Kualitas pelayanan merupakan variabel yang tidak mempengaruhi loyalitas pelanggan. Sedangkan Kualitas produk merupakan variabel yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan Hal ini menunjukkan variabel kualitas produk (X2) mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan sangat nyata.
Kata kunci : kualitas pelayanan,kualitas produk,loyalitas pelanggan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1083