PENGARUH FITUR LAYANAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN PADA PENGGUNA OVO

Authors

  • Galuh Yunas Shabrina Universitas Negeri Surabaya
  • Renny Dwijayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1258-1264

Keywords:

fitur layanan, promosi penjualan, keputusan pembelian, e-wallet

Abstract

E-money menjadi pilihan konsumen untuk melakukan transaksi pembayaran non-tunai yang lebih efisien, khususnya pada pembelian makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fitur layanan dan promosi penjualan berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman pada pengguna OVO. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang sudah melakukan transaksi pembayaran menggunakan OVO di Food Court yang ada di Surabaya. Pengukuran sampel menggunakan teknik non probability sampling, dengan metode purposive sampling sebanyak 210 responden, dengan kisaran usia 18-45 tahun. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda, dengan bantuan SPSS 25. Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa fitur layanan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan koefisien sebesar 0,066 dan promosi penjualan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan koefisien sebesar 0,050. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa fitur layanan dan promosi penjualan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan koefisien sebesar 0,861.
Kata Kunci : Fitur Layanan, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian, E-wallet

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alistriwahyuni, A. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, Dan Fitur Layanan i-Saku terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna i-Saku di Indomaret (StudiPada Pengguna i-Saku IndomaretKecamatan Watulimo Trenggalek). Jurnal Pendidikan Tata Niaga. 7 (2), 473-478. ISSN 2337-6078. Online. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/30172

Atriani., Permadi, L.A. & Rinuastuti, B.H. (2020). Pengaruh Presepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora.6 (1), 54-61. ISSN 2461-0666. Online.https://jseh.unram.ac.id/index.php/jseh/article/view/78

Devita, V.D. (2019).Siapa Aplikasi E-Wallet dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia.Diakses pada 8 Desember2019. https://www.google.com/amp/s/iprice.co.id/trend/insights/e-wallet-terbaik-di-indonesia/

Fahmilmaleki, M., Aghigi, A. & Hamidi, K. (2015). Analyzing the Influence of Sales Promotion on Customer Purchasing Behavior. International Journal of Economics & Management Science.4 (4). 1-6. ISSN 2162-6359. Online.https://www.researchgate.net/publication/277967846_Analyzing_the_Influence_of_Sales_Promotion_on_Customer_Purchasing_Behavior

Hamidah, S. & Anita, D. (2013). Analisis Presepsi Citra Merek, Desain, Fitur, Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Berbasis Android (Studi Kasus STIE Pelita Indonesia). Jurnal Ekonomi, 21(4), 1-20.Online. https://www.neliti.com/publications/8706/analisis-persepsi-citra-merek-desain-fitur-dan-pengaruhnya-terhadap-keputusan-pe

Kotler, P. & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani, Eds.). Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran . Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Laheba, Y.A. & Tumbuan, W.J.F.A. & Soepeno, D. (2015). Pengaruh Citra Merek, Fitur dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian HandphoneSamsung (Studi Pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado). Jurnal EMBA. 3 (3), 99-108. ISSN 2303-11. Online. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/9320

Malhotra, N.K. (2017). Riset Pemasaran Pendektan Terapan. Edisi 4. Jakarta: Indeks.

Marknesis. T. (2009). Pemasaran Strategi, Taktik & Kasus. Yogyakarta: Jelajah Nusa.

Prasetiyo, B. &Rismawati, Y. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi. 2 (2), 57-65. ISSN 2621-5306. Online. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/17

Putra, P.A.W. & Seminari, N.K. (2014). Pengaruh Fitur, Layanan Pelengkap Dan Garansi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone(Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana Denpasar. 3 (8), 2349-2363. Online.https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/8665

Sholihat, A. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Krema Koffie. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 5(1), 1-15. Online.https://www.neliti.com/publications/204752/pengaruh-promosi-penjualan-dan-kualitas-pelayanan-terhadap-keputusan-pembelian-d

Usman, R. (2017). Karakteristik Uang Elektronik dalam Sistem Pembayaran. Yuridika E-jounal Universitas Airlangga. 32 (1), 134-166. ISSN 0215-840X. Online.https://e-journal.unair.ac.id/YDK/article/view/4431

Wibowo, S.F., Sasmita, I. & Murti, A.K. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. 4(2), 184-200. Online.http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/785/694

Downloads

Published

2021-08-22

How to Cite

Shabrina, G. Y., & Dwijayanti, R. (2021). PENGARUH FITUR LAYANAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN PADA PENGGUNA OVO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1258–1264. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1258-1264

Issue

Section

Article
Abstract views: 731 , PDF Downloads: 991