PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

Penulis

  • ISTIANAH

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%25p

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran treffinger pada siswa kelas X BDP SMK Negeri 1 Bangkalan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yaitu pengamatan, tes, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran treffinger dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini dibuktikan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 2,9 dengan ketuntasan siswa sebanyak 11 siswa pada kategori baik (B) dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 3,5 pada kategori sangat baik (SB) dan ketuntasan siswa sebanyak 15 siswa.Sedangkan nilai rata-rata hasil tes siswa pada saat pratindakan sebesar 63,05 dengan ketuntasan siswa sebanyak 6 siswa (33,33%). Setelah dilakukan siklus I nilai rata- rata meningkat sebesar 73,89 dengan jumlah ketuntasan siswa sebanyak 12 siswa (72,22%) ketuntasan siswa sebanyak 16 siswa (88,89%)

Kata Kunci: Model pembelajaran treffinger, Kemampuan berpikir kritis, Hasil belajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-08-07

Cara Mengutip

ISTIANAH. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%p

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 24 , PDF Downloads: 44