PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%25pAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran treffinger pada siswa kelas X BDP SMK Negeri 1 Bangkalan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yaitu pengamatan, tes, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran treffinger dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini dibuktikan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 2,9 dengan ketuntasan siswa sebanyak 11 siswa pada kategori baik (B) dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 3,5 pada kategori sangat baik (SB) dan ketuntasan siswa sebanyak 15 siswa.Sedangkan nilai rata-rata hasil tes siswa pada saat pratindakan sebesar 63,05 dengan ketuntasan siswa sebanyak 6 siswa (33,33%). Setelah dilakukan siklus I nilai rata- rata meningkat sebesar 73,89 dengan jumlah ketuntasan siswa sebanyak 12 siswa (72,22%) ketuntasan siswa sebanyak 16 siswa (88,89%)
Kata Kunci: Model pembelajaran treffinger, Kemampuan berpikir kritis, Hasil belajarUnduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

