UPAYA PENINGKATAN KOMITMEN PROFESI DOSEN (STUDI EMPIRIS MENGGUNAKAN SQUENTIAL EXPLANATORY DI FKIP UNIVERSITAS PAMULANG)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v11n1.p1-8Kata Kunci:
quality of work life, budaya organisasi, efikasi diri, komitmen profesi, dosenAbstrak
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah masih bervariasinya komitmen dosen terhadap profesi yang terlihat dari fakta bahwa sebagian besar dosen masih memiliki jabatan fungsional asisten ahli. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat variabel apa saja yang memiliki pengaruh terhadap komitmen terhadap profesi dosen. Metode penelitian yang digunakan adalah sequential eksplantory dan melakukan optimalisasi temuan deskriptif kuantitatif menggunakan konsep SITOREM. berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil penelitian 1) terdapat pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap komitmen profesi dosen; 2) terdapat pengaruh efikasi diri terhadap komitmen profesi dosen, 3) Berdasarkan hasil SITOREM, ditemukan bahwa dari lima indikator kualitas kehidupan kerja terdapat tiga indikator yang termasuk dalam kategori perlu diperbaiki yaitu (job design, work balance, health, stress & safety) dan indikator efikasi diri yang harus diperbaiki adalah (performance exposure ,self instructed performance, attribution dan relaxation biofeedback) untuk dapat meningkatkan komitmen profesi dosen
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 184
,
PDF Downloads: 167
