PENGARUH WORD OF MOUTH, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR LISTRIK DI KABUPATEN PONOROGO

Penulis

  • Ferry Brian Nicholas Firdaus Universitas Negeri Surabaya
  • Veni Rafida Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p404-413

Kata Kunci:

Keywords: harga; keputusan pembelian; kualitas produk; motor listrik; word of mouth.

Abstrak

Seiring berkembangnya zaman kemajuan di bidang otomotif motor mulai beralih menggunakan motor listrik. Ketika akan membeli motor listrik calon konsumen akan mempertimbangkan pengaruh word of mouth , harga, dan kualitas produk. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh word of mouth , harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian motor listrik di Kabupaten Ponorogo Data primer diperoleh melalui kuisoner google form yang diisi oleh 105 responden. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa word of mouth dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian sedangkan harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor listrik di Kabupaten Ponorogo. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian motor listrik di Kabupaten Ponorogo, serta memberikan rekomendasi bagi produsen atau pelaku industri terkait untuk meningkatkan strategi pemasaran mereka dalam menghadapi pasar motor listrik yang semakin berkembang.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggita, R., & Hapzi, A. (2020). The Influence of. Product Quality, Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk. Sch. Bull, 3(6), 261–272.

Annur, C. M. (2023). Riset Deloitte dan Foundry: Penggunaan Motor Listrik di Indonesia Naik 13 Kali Lipat dalam Dua Tahun.

Brata, B., Soetrisno, E., Sucahyo, T., & Setiawan, B. . (2020). Populasi dan manajemen pemeliharaan serta pola pemasaran ternak itik (studi kasus di desa Pematang Balam kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Sain Peternakan Indonesia, 15(1), 98–109.

Firmansyah, I. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian Kober Mie Setan di Kota malang. MBR (Management and Business Review), 3(2116–123). https://doi.org/https://doi.org/10.21067/mbr.v3i2.4723

Ghofur, M. A., & Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Honda CBR250RR. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(8).

Harahap, D. A., Amanah, D., & Agustini, F. (2018). Effect Of Product Completeness And Price On Consumer Purchasing Decision In SMEs Market Medan. Jurnal Manajemen, 22(1), 47–61.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen. Pearson Education,Inc, 164.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Maslow, A. H. (1942). Motivation And Personality. English Edition by Harper & Row. Publisher, inc.

Nainggolan, N. T., Munandar, M., Sudarso, A., Nainggolan, L. E., Fuadi, F., Hastuti, P., Ardiana, D. P. Y., Sudirman, A., Gandasari, D., Mistriani, N., Kusuma, A. H. P., Rumondang, A., & Gusman, D. (2020). Perilaku Konsumen Di Era Digital. https://bit.ly/3iuoBLa

Nugraha, R. A. (2022). Pengaruh Kualitas produk, Harga, Word of mouth, Terhadap Keputusan pembelian Yamaha Nmax 155 Connected di Yamaha Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Bachelor’s thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta.

Prayitno, B. B., & Widyawati, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha R15. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(2), 1–21.

S, R. F., & Jalaludin, E. (2023). Pengaruh Word of Mouth, Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Motor Honda di Jakarta. 8(1), 1089–1086.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Andi.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Andi Offset.

Wijaya, N. M. A., Kumara, I. N. S., & Divayana, Y. (2021). Perkembangan Baterai Dan Charger Untuk Mendukung Pemasyarakatan Sepeda Listrik Di Indonesia. Jurnal SPEKTRUM, 8(1), 15–26.

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Firdaus, F. B. N., & Rafida, V. (2024). PENGARUH WORD OF MOUTH, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR LISTRIK DI KABUPATEN PONOROGO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(3), 404–413. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p404-413

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 137 , PDF Downloads: 135