PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI DI SMKN 4 SURABAYA

Penulis

  • Nur Aisyatul Jannah Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p301-308

Kata Kunci:

Bisnis dan Pemasaran Online; Modul; Penelitian & Pengembangan.

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar validasi berupa angket dengan skala likert 1-5 yang digunakan untuk menilai valid atau tidaknya instrumen yang dibuat. Lembar validasi ini terdiri dari empat macam, yaitu dalam pendekatan ini peneliti menyebarkan angket kepada ahli media, ahli materi, guru penataan produk, dan siswa kelas XI yang juga disediakan jawaban angket. Penelitian ini bertujuan untuk membuat modul penataan produk sebagai salah satu bentuk edukasi. Modul Penataan Produk ini mencakup manual instruksional, sumber daya, soal latihan, ringkasan, dan refleksi diri. modul penataan produk ini dimaksudkan untuk menarik perhatian siswa kelas XI bisnis daring dalam memahami konten yang berkaitan dengan pembuatan penataan display produk. Sebelum uji coba, media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, dengan hasil yang "sangat baik". 86,5% dari 10 siswa SMKN 4 Surabaya menilai materi pembelajaran berupa modul "sangat baik". Dalam uji lapangan, 93,3% dari 34 siswa kelas XI Bisnis Daring di SMKN 4 Surabaya menilai Modul sebagai "sangat baik". Dari hasil uji lapangan dapat disimpulkan bahwa Modul yang dirancang untuk siswa BD kelas XI di SMKN 4 Surabaya merupakan sarana yang sangat baik untuk proses belajar mengajar di kelas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-10-31

Cara Mengutip

Jannah, N. A., & Sudarwanto, T. (2024). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI DI SMKN 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(3), 301–308. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p301-308

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 80 , PDF Downloads: 72