PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XI DI SMKN 4 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p301-308Kata Kunci:
Bisnis dan Pemasaran Online; Modul; Penelitian & Pengembangan.Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar validasi berupa angket dengan skala likert 1-5 yang digunakan untuk menilai valid atau tidaknya instrumen yang dibuat. Lembar validasi ini terdiri dari empat macam, yaitu dalam pendekatan ini peneliti menyebarkan angket kepada ahli media, ahli materi, guru penataan produk, dan siswa kelas XI yang juga disediakan jawaban angket. Penelitian ini bertujuan untuk membuat modul penataan produk sebagai salah satu bentuk edukasi. Modul Penataan Produk ini mencakup manual instruksional, sumber daya, soal latihan, ringkasan, dan refleksi diri. modul penataan produk ini dimaksudkan untuk menarik perhatian siswa kelas XI bisnis daring dalam memahami konten yang berkaitan dengan pembuatan penataan display produk. Sebelum uji coba, media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, dengan hasil yang "sangat baik". 86,5% dari 10 siswa SMKN 4 Surabaya menilai materi pembelajaran berupa modul "sangat baik". Dalam uji lapangan, 93,3% dari 34 siswa kelas XI Bisnis Daring di SMKN 4 Surabaya menilai Modul sebagai "sangat baik". Dari hasil uji lapangan dapat disimpulkan bahwa Modul yang dirancang untuk siswa BD kelas XI di SMKN 4 Surabaya merupakan sarana yang sangat baik untuk proses belajar mengajar di kelas.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nur Aisyatul Jannah, Tri Sudarwanto

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

