PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL QUIZ DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGELOLAAN BISNIS RITEL KELAS XI BD DI SMK NEGERI 1 JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p13-25Kata Kunci:
Gaya Belajar, Hasil Belajar, Kuis Wordwall, Media PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media pembelajaran Wordwall Quiz dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI BD di SMK Negeri 1 Jombang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian sebanyak 72 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas XI BD 2 digunakan sebagai kelas kontrol pembelajarannya menggunakan media konvensional. Sedangkan kelas XI BD 3 digunakan sebagai kelas eksperimen pembelajarannya menggunakan media Wordwall Quiz. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan wordwall quiz berdasarkan gaya belajar auditori dan visual, terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol gaya belajar auditori, dan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol gaya belajar visual. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan gaya belajarnya.
Unduhan
Referensi
Agustina, R., & Sitompul, H. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3273
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & Dr. Nurhikmah H. (2019). 2baae-buku-belajar-dan-pembelajaran-2019-dikonversi-min. CV. CAHAYA BINTANG CEMERLANG.
Alkalah, C. (2016). Media Pembelajaran dan Gaya Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. 19(5), 1–23.
Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan Wordwall Game Quis berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324–332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716
Asrida, P. D., Cahayani, N. L. P., Saputra, I. G. A. A., & Sau, T. S. B. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dengan Gaya Belajar Sebagai Variabel Moderator (Studi Pada Ma Tawakkal Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021). Widyadari, Vol. 24 No(1), 86–95. https://doi.org/10.5281/zenodo.7813489
Chan, D. M., & Rahman, I. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar: Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP YDB Lubuk Alung. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 27-39. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.8279
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 4. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938
Faizah, N. O., Wawan, S. I. G., & Alexander, S. H. (n.d.). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar. n, 4 No. 1. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091
Hasanah, I. A., Kantun, S., & Djaja, S. (2018). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas xi jurusan akuntansi pada kompetensi dasar jurnal khusus di Smk Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(2), 277-282.
Kamba, A., Latief, M., Rohandi, M., & Kadim, A. A. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Di Smk Negeri 1 Limboto. Inverted: Journal of Information Technology Education, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.37905/inverted.v4i2.17417
Nabilah, N. P., & Warmi, A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall Games terhadap Motivasi Belajar Matematika di Kelas VIII SMPN 2 Jalancagak. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1454–1464. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1062
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005
Nurwidayanti, D., & Mukminan, M. (2018). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Negeri. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 105–114. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.17743
Octalia, R. P., Nur, R., & Herlina, S. A. S. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Game Challenges Untuk Meningkatkan Computational Thinking Dalam Pembelajaran Mandiri Sebagai Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar. https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/151
Priscillia, Z. E., & Mufidah, E. (2023). Penerapan Kuis Online Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah . Penerapan Kuis Online Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah , 04(01), 61–69. https://doi.org/10.37850/ibtida'.v4i01.458
Pujianto, A. A., Degeng, I. N. S., & Sugito, S. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi Plantnet dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.31365
Rukminingsih, M. P., Dr. Gunawan Adnan, MA., P. ., & Prof. Mohammad Adnan Latief, M.A., P. D. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (E. Munastiwi & H. Ardi (ed.)). Erhaka Utama.
Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5453–5460. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3332
Sitohang, T., Dita, E., Simanjuntak, Y., Samosir, S. E., Panggabean, M. F., & Simanjuntak, S. E. (2024). Penggunaan Website Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK Bima Utomo. Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p225-235
Sukendra, I. K., Surat, I. M., & Darmada, I. M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Vokasi Digital Berbasis STEM Di SMK Pada Materi Trigonometri. Jurnal Widyadari, 23(1), 59–72. https://doi.org/10.5281/zenodo.6390927
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Pustaka.
Wahdan Wilsa, A. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Multimedia Interaktif dengan Buku Teks dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Mangifera Edu, 4(1), 62–70. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i1.42
Yusnidah, Y., & Taruna, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Dan Audiovisual Serta Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 417–426. https://doi.org/10.17977/um038v4i42021p417
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Alfina Febianti Alfina Febianti, Finisica Dwijayati Patrikha

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 113
,
PDF Downloads: 103
