PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL QUIZ DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGELOLAAN BISNIS RITEL KELAS XI BD DI SMK NEGERI 1 JOMBANG

Penulis

  • Alfina Febianti Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p13-25

Kata Kunci:

Gaya Belajar, Hasil Belajar, Kuis Wordwall, Media Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media pembelajaran Wordwall Quiz dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI BD di SMK Negeri 1 Jombang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian sebanyak 72 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas XI BD 2 digunakan sebagai kelas kontrol pembelajarannya menggunakan media konvensional. Sedangkan kelas XI BD 3 digunakan sebagai kelas eksperimen pembelajarannya menggunakan media Wordwall Quiz. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan wordwall quiz berdasarkan gaya belajar auditori dan visual, terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol gaya belajar auditori, dan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol gaya belajar visual. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan gaya belajarnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustina, R., & Sitompul, H. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3273

Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & Dr. Nurhikmah H. (2019). 2baae-buku-belajar-dan-pembelajaran-2019-dikonversi-min. CV. CAHAYA BINTANG CEMERLANG.

Alkalah, C. (2016). Media Pembelajaran dan Gaya Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. 19(5), 1–23.

Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan Wordwall Game Quis berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324–332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716

Asrida, P. D., Cahayani, N. L. P., Saputra, I. G. A. A., & Sau, T. S. B. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dengan Gaya Belajar Sebagai Variabel Moderator (Studi Pada Ma Tawakkal Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021). Widyadari, Vol. 24 No(1), 86–95. https://doi.org/10.5281/zenodo.7813489

Chan, D. M., & Rahman, I. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar: Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP YDB Lubuk Alung. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 27-39. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.8279

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 4. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938

Faizah, N. O., Wawan, S. I. G., & Alexander, S. H. (n.d.). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar. n, 4 No. 1. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091

Hasanah, I. A., Kantun, S., & Djaja, S. (2018). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas xi jurusan akuntansi pada kompetensi dasar jurnal khusus di Smk Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(2), 277-282.

Kamba, A., Latief, M., Rohandi, M., & Kadim, A. A. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Di Smk Negeri 1 Limboto. Inverted: Journal of Information Technology Education, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.37905/inverted.v4i2.17417

Nabilah, N. P., & Warmi, A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall Games terhadap Motivasi Belajar Matematika di Kelas VIII SMPN 2 Jalancagak. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1454–1464. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1062

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Nurwidayanti, D., & Mukminan, M. (2018). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Negeri. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 105–114. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.17743

Octalia, R. P., Nur, R., & Herlina, S. A. S. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Game Challenges Untuk Meningkatkan Computational Thinking Dalam Pembelajaran Mandiri Sebagai Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar. https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/151

Priscillia, Z. E., & Mufidah, E. (2023). Penerapan Kuis Online Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah . Penerapan Kuis Online Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah , 04(01), 61–69. https://doi.org/10.37850/ibtida'.v4i01.458

Pujianto, A. A., Degeng, I. N. S., & Sugito, S. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi Plantnet dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.31365

Rukminingsih, M. P., Dr. Gunawan Adnan, MA., P. ., & Prof. Mohammad Adnan Latief, M.A., P. D. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (E. Munastiwi & H. Ardi (ed.)). Erhaka Utama.

Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5453–5460. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3332

Sitohang, T., Dita, E., Simanjuntak, Y., Samosir, S. E., Panggabean, M. F., & Simanjuntak, S. E. (2024). Penggunaan Website Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK Bima Utomo. Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p225-235

Sukendra, I. K., Surat, I. M., & Darmada, I. M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Vokasi Digital Berbasis STEM Di SMK Pada Materi Trigonometri. Jurnal Widyadari, 23(1), 59–72. https://doi.org/10.5281/zenodo.6390927

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Pustaka.

Wahdan Wilsa, A. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Multimedia Interaktif dengan Buku Teks dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Mangifera Edu, 4(1), 62–70. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i1.42

Yusnidah, Y., & Taruna, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Dan Audiovisual Serta Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 417–426. https://doi.org/10.17977/um038v4i42021p417

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Alfina Febianti, & Finisica Dwijayati Patrikha. (2025). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL QUIZ DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGELOLAAN BISNIS RITEL KELAS XI BD DI SMK NEGERI 1 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 13(1), 13–25. https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p13-25

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 113 , PDF Downloads: 103