PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATERI AKTIVASI PENJUALAN MELALUI MARKETPLACE UNTUK SISWA KELAS XI BISNIS DIGITAL DI SMK PGRI 13

Penulis

  • Asyiqa Salsabilla Setyawan Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p431-440

Kata Kunci:

Pengembangan, Video Pembelajaran, Canva

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media video pembelajaran berbasis Canva pada materi Aktivasi Penjualan melalui Marketplace untuk siswa kelas XI Bisnis Digital di SMK PGRI 13 Surabaya; (2) mengetahui tingkat kelayakan media video pembelajaran berbasis Canva berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa; serta (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media video pembelajaran berbasis Canva dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze, Design, Developtment, Implementation, dan Evaluate. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh persentase 96%, ahli materi 97,78%, dan ahli bahasa 94%, dengan rata-rata keseluruhan 95,93% yang dikategorikan sangat layak. Uji coba pada 67 siswa menunjukkan respon yang sangat baik dengan rata-rata persentase 89,97%. Berdasarkan hasil penelitian, media video pembelajaran berbasis Canva ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia, 1 ed, 1–140. https://idr.uin-antasari.ac.id/16140/1/Ani Cahyadi Pengembangan Media %28book%29.pdf

Deriyan, L. F., & Nurmairina. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Aplikasi Capcut di Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA), 7(1), 1–10.

Farida, G., Engol, S., Tindangen, M., & Yulliono, Y. (2024). Respon Peserta Didik terhadap Penggunaan E-LKPD Liveworksheets pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3320

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387

Gandini, G., Russanti, I., Arifiana, D., & Nashikhah, M. (2023). Pengembangan Media Video Pembuatan Pola Rok dengan Aplikasi Richpeace-Dgs untuk Siswa Tata Busana Kelas XI SMK Negeri 1 Sooko. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1523–1531. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5453

Ispratiwi, D., & Mellisa, M. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut pada Mata Kuliah Kultur Jaringan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(1), 39–45. https://doi.org/10.26740/jipb.v4n1.p39-45

Kemendikbud. (2024). CP & ATP Bisnis Digital. Kemendikbud. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/smk/bisnis-digital/fase-f/

Kurnia, I. R., & Sunaryati, T. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1357–1363. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579

Makdori, yopi. (2021). Kemendikbud Sebut 60 Persen Guru Masih Terbatas Menguasai Teknologi Informasi. Liputan 6. https://www.liputan6.com/news/read/4533328/kemendikbud-sebut-60-persen-guru-masih-terbatas-menguasai-teknologi-informasi

Mirianti, R. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Osf.Io.

Naibaho, R. A., & Nurjannah. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Canva Dengan Model Artikulasi Pada Tema Perkembangan Teknologi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 160–171.

Noviatami, P., Misriani, & Effendi, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi di Kelas X SMA Negeri 1 Palembang. Journal on Education, 6(2), 11146–11153.

Parera, L. A. M., Toni, S., Naat, J., Sudirman, S., Dewi, N. W. O., Kerihi, E. C. G., & Nenohai, J. A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Kimia Berbantuan Kinemaster pada Materi Sistem Koloid untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Beta Kimia, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.35508/jbk.v2i1.7247

Rahayu, R. N., Sobari, S., & Idhani, D. (2020). Analisis Sitiran Pada Artikel Media Pustakawan Periode 2017 - 2019. Jurnal Pari, 6(2), 99–113. https://doi.org/10.15578/jp.v6i2.9733

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel . Bandung: Alfabeta.

Slamet, F. A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D).

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (vol. 5). CV. Alfabeta.

Wijaya, C., Hidayat, R., & Rafida, T. (2019). Manajemen Sumberdaya Pendidik dan Tenaga Kependidikan. In Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Asyiqa Salsabilla Setyawan, & Tri Sudarwanto. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATERI AKTIVASI PENJUALAN MELALUI MARKETPLACE UNTUK SISWA KELAS XI BISNIS DIGITAL DI SMK PGRI 13. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(3), 431–440. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p431-440

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 38 , PDF Downloads: 30