PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATERI AKTIVASI PENJUALAN MELALUI MARKETPLACE UNTUK SISWA KELAS XI BISNIS DIGITAL DI SMK PGRI 13
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p431-440Kata Kunci:
Pengembangan, Video Pembelajaran, CanvaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media video pembelajaran berbasis Canva pada materi Aktivasi Penjualan melalui Marketplace untuk siswa kelas XI Bisnis Digital di SMK PGRI 13 Surabaya; (2) mengetahui tingkat kelayakan media video pembelajaran berbasis Canva berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa; serta (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media video pembelajaran berbasis Canva dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze, Design, Developtment, Implementation, dan Evaluate. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh persentase 96%, ahli materi 97,78%, dan ahli bahasa 94%, dengan rata-rata keseluruhan 95,93% yang dikategorikan sangat layak. Uji coba pada 67 siswa menunjukkan respon yang sangat baik dengan rata-rata persentase 89,97%. Berdasarkan hasil penelitian, media video pembelajaran berbasis Canva ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia, 1 ed, 1–140. https://idr.uin-antasari.ac.id/16140/1/Ani Cahyadi Pengembangan Media %28book%29.pdf
Deriyan, L. F., & Nurmairina. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Aplikasi Capcut di Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA), 7(1), 1–10.
Farida, G., Engol, S., Tindangen, M., & Yulliono, Y. (2024). Respon Peserta Didik terhadap Penggunaan E-LKPD Liveworksheets pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3320
Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387
Gandini, G., Russanti, I., Arifiana, D., & Nashikhah, M. (2023). Pengembangan Media Video Pembuatan Pola Rok dengan Aplikasi Richpeace-Dgs untuk Siswa Tata Busana Kelas XI SMK Negeri 1 Sooko. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1523–1531. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5453
Ispratiwi, D., & Mellisa, M. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut pada Mata Kuliah Kultur Jaringan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(1), 39–45. https://doi.org/10.26740/jipb.v4n1.p39-45
Kemendikbud. (2024). CP & ATP Bisnis Digital. Kemendikbud. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/smk/bisnis-digital/fase-f/
Kurnia, I. R., & Sunaryati, T. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1357–1363. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579
Makdori, yopi. (2021). Kemendikbud Sebut 60 Persen Guru Masih Terbatas Menguasai Teknologi Informasi. Liputan 6. https://www.liputan6.com/news/read/4533328/kemendikbud-sebut-60-persen-guru-masih-terbatas-menguasai-teknologi-informasi
Mirianti, R. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Osf.Io.
Naibaho, R. A., & Nurjannah. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Canva Dengan Model Artikulasi Pada Tema Perkembangan Teknologi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 160–171.
Noviatami, P., Misriani, & Effendi, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi di Kelas X SMA Negeri 1 Palembang. Journal on Education, 6(2), 11146–11153.
Parera, L. A. M., Toni, S., Naat, J., Sudirman, S., Dewi, N. W. O., Kerihi, E. C. G., & Nenohai, J. A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Kimia Berbantuan Kinemaster pada Materi Sistem Koloid untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Beta Kimia, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.35508/jbk.v2i1.7247
Rahayu, R. N., Sobari, S., & Idhani, D. (2020). Analisis Sitiran Pada Artikel Media Pustakawan Periode 2017 - 2019. Jurnal Pari, 6(2), 99–113. https://doi.org/10.15578/jp.v6i2.9733
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel . Bandung: Alfabeta.
Slamet, F. A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D).
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (vol. 5). CV. Alfabeta.
Wijaya, C., Hidayat, R., & Rafida, T. (2019). Manajemen Sumberdaya Pendidik dan Tenaga Kependidikan. In Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Asyiqa Salsabilla Setyawan, Tri Sudarwanto

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

