Pengaruh Media Sosial dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Listrik di Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p26-33Kata Kunci:
Media Sosial; Kesadaran Merek; Keputusan Pembelian; Sepeda Motor ListrikAbstrak
Perkembangan teknologi saat ini telah mengalami kemajuan yang pesat di berbagai sektor kehidupan. Media sosial menjadi platform strategis untuk melakukan pengenalan suatu produk untuk menjangkau konsumen. Penerapan strategi ini dilakukan oleh beberapa perusahaan sepeda motor listrik untuk mendapatkan kesadaran merek produk sepeda motor listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor listrik di kota Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan populasi masyarakat Surabaya yang telah melakukan keputusan pembelian sepeda motor Listrik. Sebanyak 120 responden diambil sebagai sampel pada penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda yang diolah menggunakan aplikasi SPSS (Statisstical Package for the Soscial Sciences). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial dan kesadaran merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor listrik di Kota Surabaya. Secara parsial, media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,036 dan t-hitung 2,123 > t-tabel 1,65. Begitu juga dengan kesadaran merek yang berpengaruh signifikan secara parsial, dengan nilai signifikansi 0,023 dan t-hitung 2,298 > t-tabel 1,65. Dengan demikian, kedua variabel tersebut terbukti memengaruhi keputusan pembelian, baik secara bersama-sama maupun secara individu.
Keywords: Media Sosial; Kesadaran Merek; Keputusan Pembelian; Sepeda Motor Listrik
Unduhan
Referensi
Ajzen, Icek. 2005. Problem Based Curriculum : Outcome Evaluation . ed. Ajzen Icek. Medical Teacher.
Alladin, Dwi, and Irma Mardian. 2023. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Listrik Di Duta Elektronik Kota Bima.” Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research 1(3): 182–296.
Argy, Pramadhika. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervenning. Semarang.
Bate’, Maria Magdalena. 2019. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli.” Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah 2(2).
Fitria, Nada. 2020. Pengaruh Kesadaran Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Toko Busana Muslim Venka Gallery Banda Aceh).
Hanura Tajudin, Makhdaleva, and Sofyan Mulazid Ade. 2017. “Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri KCP. Sawangan Kota Depok.” Jurnal Ekonomi Islam 8(1): 19–46. www.republika.co.id,.
Kumar, Vikas, and Prasann Pradhan. 2015. “Trust Management Issues in Social-Media Marketing.” International Journal of Online Marketing 5(3): 47–64. doi:10.4018/ijom.2015070104.
Porajow, Kelvin Christian, J A F Kalangi, and Lucky F Tamengkel. 2020. “Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Di Manado.” Productivity 1(5).
Powers, Todd, Dorothy Advincula, Manila S. Austin, Stacy Graiko, and Jasper Snyder. 2012. “Digital and Social Media In the Purchase Decision Process.” Journal of Advertising Research 52(4): 479–89. doi:10.2501/jar-52-4-479-489.
Ratnamulyani, Ike, Atikah, and Beddy, Iriawan Maksudi. 2018. “Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor.” jurnal ilmu- ilmu sosial dan humaniora 20(2): 154–61. http://nasional.
Sofia Inayati, Laili, and Dewi Urip Wahyuni. 2017. “Pengaruh Kesadaran Merek Presepsi Kualitas Asosiasi Merek Dan Periklanan Terhdap Keputusan Pembelian.”
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. ed. Sugiyono. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2010. 7 Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Tsimonis, Georgios, and Sergios Dimitriadis. 2014. “Brand Strategies in Social Media.” Marketing Intelligence and Planning 32(3): 328–44. doi:10.1108/MIP-04-2013-0056.
Wibisono, Ekky Suti. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky Barokah Di Balongbendo. Surabaya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Achmad Afandy, Septyan Budy Cahya

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 91
,
PDF Downloads: 93
