Pengaruh Media Sosial dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Listrik di Kota Surabaya

Penulis

  • Achmad Afandy Universitas Negeri Surabaya
  • Septyan Budy Cahya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p26-33

Kata Kunci:

Media Sosial; Kesadaran Merek; Keputusan Pembelian; Sepeda Motor Listrik

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini telah mengalami kemajuan yang pesat di berbagai sektor kehidupan. Media sosial menjadi platform strategis untuk melakukan pengenalan suatu produk untuk menjangkau konsumen. Penerapan strategi ini dilakukan oleh beberapa perusahaan sepeda motor listrik untuk mendapatkan kesadaran merek produk sepeda motor listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor listrik di kota Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan populasi masyarakat Surabaya yang telah melakukan keputusan pembelian sepeda motor Listrik. Sebanyak 120 responden diambil sebagai sampel pada penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda yang diolah menggunakan aplikasi SPSS (Statisstical Package for the Soscial Sciences). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial dan kesadaran merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor listrik di Kota Surabaya. Secara parsial, media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,036 dan t-hitung 2,123 > t-tabel 1,65. Begitu juga dengan kesadaran merek yang berpengaruh signifikan secara parsial, dengan nilai signifikansi 0,023 dan t-hitung 2,298 > t-tabel 1,65. Dengan demikian, kedua variabel tersebut terbukti memengaruhi keputusan pembelian, baik secara bersama-sama maupun secara individu.

Keywords: Media Sosial; Kesadaran Merek; Keputusan Pembelian; Sepeda Motor Listrik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ajzen, Icek. 2005. Problem Based Curriculum : Outcome Evaluation . ed. Ajzen Icek. Medical Teacher.

Alladin, Dwi, and Irma Mardian. 2023. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Listrik Di Duta Elektronik Kota Bima.” Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research 1(3): 182–296.

Argy, Pramadhika. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervenning. Semarang.

Bate’, Maria Magdalena. 2019. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli.” Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah 2(2).

Fitria, Nada. 2020. Pengaruh Kesadaran Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Toko Busana Muslim Venka Gallery Banda Aceh).

Hanura Tajudin, Makhdaleva, and Sofyan Mulazid Ade. 2017. “Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri KCP. Sawangan Kota Depok.” Jurnal Ekonomi Islam 8(1): 19–46. www.republika.co.id,.

Kumar, Vikas, and Prasann Pradhan. 2015. “Trust Management Issues in Social-Media Marketing.” International Journal of Online Marketing 5(3): 47–64. doi:10.4018/ijom.2015070104.

Porajow, Kelvin Christian, J A F Kalangi, and Lucky F Tamengkel. 2020. “Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Di Manado.” Productivity 1(5).

Powers, Todd, Dorothy Advincula, Manila S. Austin, Stacy Graiko, and Jasper Snyder. 2012. “Digital and Social Media In the Purchase Decision Process.” Journal of Advertising Research 52(4): 479–89. doi:10.2501/jar-52-4-479-489.

Ratnamulyani, Ike, Atikah, and Beddy, Iriawan Maksudi. 2018. “Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor.” jurnal ilmu- ilmu sosial dan humaniora 20(2): 154–61. http://nasional.

Sofia Inayati, Laili, and Dewi Urip Wahyuni. 2017. “Pengaruh Kesadaran Merek Presepsi Kualitas Asosiasi Merek Dan Periklanan Terhdap Keputusan Pembelian.”

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. ed. Sugiyono. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2010. 7 Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Tsimonis, Georgios, and Sergios Dimitriadis. 2014. “Brand Strategies in Social Media.” Marketing Intelligence and Planning 32(3): 328–44. doi:10.1108/MIP-04-2013-0056.

Wibisono, Ekky Suti. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky Barokah Di Balongbendo. Surabaya.

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Afandy, A., & Cahya, S. B. (2025). Pengaruh Media Sosial dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Listrik di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 13(1), 26–33. https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p26-33

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 91 , PDF Downloads: 93