Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Minat Berwirausaha Sebagai Variabel Moderasi Pada Mahasiswa FEB UNESA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p45-58Kata Kunci:
Intensi berwirausaha, Minat berwirausaha, Pendidikan kewirausahaanAbstrak
Dalam upaya pencapaian Visi Indonesia Emas 2045, berbagai kebijakan telah diterbitkan, salah satunya adalah pengembangan pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi dimana FEB UNESA menjadi salah satu institusi yang mengimplementasikannya. Namun, data dari tracer study menunjukkan bahwa intensi berwirausaha alumni FEB UNESA masih rendah. Adanya penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha melalui minat usaha sebagai variabel moderasi pada mahasiswa FEB UNESA. Data dalam penelitian ini didapat dari proses penyebaran kuesioner ke 380 mahasiswa yang kemudian dianalisis menggunakan software SmartPLS 4. Hasil penelitian ini adalah pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap intensi berwirausaha, minat berwirausaha berpengaruh terhadap intensi berwirausaha, dan minat berwirausaha dapat memoderasi pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha.
Unduhan
Referensi
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. doi:10.1016/0749-5978(91)90020-t
Ajzen, I. (2019). Theory of Planned Behavior Diagram.
https://people.umass.edu/aizen/tpb.diag.html#null-link
Alammari, K., Newbery, R., Haddoud, M. Y., & Beaumont, E. (2019). Post-materialistic values and entrepreneurial intention – the case of Saudi Arabia. Journal of Small Business and Enterprise Development, 26(1), 158–179. https://doi.org/10.1108/JSBED-12-2017-0386
Alma, Buchari. (2024) Kewirausahaan. Bandung: ALFABETA.
Arshad M, Farooq M, Atif M, et al. (2021) A motivational theory perspective on entrepreneurial intentions: a gender comparative study. Gender in Management 36(2): 221–240 https://doi.org/GM-12-2019-0253
Bakhrudin, B., Hermawan, A. & Makaryanawati, M. (2024) The Effect of Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Self-Efficacy on Entrepreneurial Intention of Students of Pondok Pesantren Mambaul Ulum Banyuwangi with Islamic Values as An Intervening Variable, Journal of Applied Business, Taxation and Economics Research, 3(4), https://doi.org/10.54408/jabter.v3i4.277
Bandura, A. (1997). Self-efficacy - The Exercise of Control, New York: W.H. Freeman and Company.
Cui, J. & Bell, R. (2022). Behavioural entrepreneurial mindset: how entrepreneurial education activity impacts entrepreneurial intention and behavior. The International Journal of Management Education, Vol. 20 No. 2, pp. 1-16. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100639
Devi, R. (2021). Pengaruh Modal Usaha dan Sikap Kewirausahaan terhadap Pendapatan Usaha Kecil (Mikro) di Kawasan M. Said Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 36–45. http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v9i1.4768
Doanh, D. C., & Bernat, T. (2019). Entrepreneurial self-efficacy and intention among Vietnamese students: A meta-analytic path analysis based on the theory of planned behavior. Procedia Computer Science, 159, 2447–2460. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.420
Elnadi, M. & Gheith, M. H., (2021). Entrepreneurial ecosystem, entrepreneurial self-efficacy, and entrepreneurial intention in higher education: Evidence from Saudi Arabia. The International Journal of Management Education. 19. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100458
Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik, dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer , 11(1), 99–111.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). SAGE Publications.
Hernawati, E., & Yuliniar, Y. (2019). Pemetaan potensi dan minat mahasiswa UPN Veteran Jakarta untuk berwirausaha. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 145-159. https://doi.org/10.35590/jeb.v5i2.748
Gregorio, M. S., Badenes-Ribera, L. and Oliver, A. (2021). Effect of entrepreneurship education on entrepreneurship intention and related outcomes in educational contexts: a meta-analysis. The International Journal of Management Education, Vol. 19 No. 3, pp. 1-15. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100545
Gusti, A. K., & Anasrulloh, M. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa-Siswi Kelas XI SMAN 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 6(2), 317–328. https://doi.org/10.29408/jpek.v6i2.6602
Joensuu-Salo, S., Viljamaa, A. and Varamäki, E. (2020). Do intentions ever die? The temporal stability of entrepreneurial intention and link to behavior. Education + Training, Vol. 62 No. 3, pp. 325-338. https://doi.org/10.1108/ET-03-2019-0053
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2022). Pemerintah Perkuat Ekosistem Kewirausahaan yang Berorientasi pada Nilai Tambah dan Pemanfaatan Teknologi. https://ekon.go.id/publikasi/detail/3677/pemerintah-perkuat-ekosistem-kewirausahaan-yang-berorientasi-pada-nilai-tambah-dan-pemanfaatan-teknologi. Diakses tanggal 20 Februari 2025.
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (2024) https://ehub.kemenkopukm.go.id/storage/files/corner/Kebijakan%20Pengembangan%20Kewirausahaan_.pdf. Diakses tanggal 20 Februari 2025.
Kodrati, A. F., & Christina, C. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 5(5), 413–420. https://doi.org/10.37715/jp.v5i5.1818
Lihua, D. (2022). An Extended Model of the Theory of Planned Behavior: An Empirical Study of Entrepreneurial Intention and Entrepreneurial Behavior in College Students. Front. Psychol. 12:627818. https://10.3389/fpsyg.2022.627818
Maheshwari, G. & Kha, K.L. (2022). Investigating the relationship between educational support and entrepreneurial intention in Vietnam: the mediating role of entrepreneurial self-efficacy in the theory of planned behavior. The International Journal of Management Education, Vol. 20 No. 2, 1-14. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100553
Maheshwari, G., Kha, K.L. & Arokiasamy, A.R.A (2023). Factors affecting students’ entrepreneurial intentions: a systematic review (2005–2022) for future directions in theory and practice. Manag Rev Q 73, 1903–1970. https://doi.org/10.1007/s11301-022-00289-2
Martins, J. M., Shahzad, M. F., & Xu, S. (2023). Factors influencing entrepreneurial intention to initiate new ventures: Evidence from university students. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 12(1), 63. https://doi.org/10.1186/s13731-023-00333-9
Nabi, G., Liñán, F., Fayolle, A., Krueger, N., & Walmsley, A. (2017). The impact of entrepreneurship education in higher education: A systematic review and research agenda. Academy of Management Learning & Education, 16(2), 277–299. https://doi.org/10.5465/amle.2015.0026
Naiborhu, I. K., & Susanti, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Marketplace, Kecerdasan Adversitas Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNESA Melalui Efikasi Diri. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(2), 107–124. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p107-124
Prawesti, M. I., & Cahya, S. B. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, dan Pola Pikir Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNESA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(2), 233–242. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n2.p233-242
Pricilia, A. A., Yohana, C., Fidhyallah, N. F. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan vol.2 No.1 Tahun 2021
Putry, N. A. C., Wardani, D. K., Jati, D. P. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora Vol.6 no.1 Juni 2020. https://doi.org/10.29303/jseh.v6i1.71
Sari, S., Sumarno, S., & Suarman, S. (2022). Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Kepenuhan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 516-535. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.424
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wahyudiono, Andhika. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pengalaman Berwirausaha, dan Jenis Kelamin Terhadap Sikap Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol 4 No 1, Hal 76. https://doi.org/10.26740/jepk.v4n1.p76-91
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Vienna Eka Trista, Dwi Yuli Rakhmawati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

